Apa Sih BTS Meal Itu?Kolaborasi McDonald's dan BTS merupakan sebuah kerja sama yang cukup berhasil tidak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Di negara lain BTS Meal ini sudah diluncurkan hingga tanggal 26 Mei 2021 lalu. Di Indonesia baru dimulai pada 9 Juni 2021, di seluruh gerai yang terdapat di Indonesia secara serentak. Dengan memperhatikan protokol kesehatan dan juga keselamatan maka McDonald's Indonesia memutuskan untuk menjual BTS Meal dengan mekanisme pesan langsung dan pesan antar, baik melalui aplikasi, call center, maupun layanan pesan makanan dari ojek online.
Ada pun untuk pesan langsung hanya melalui
drive thru. Pihak restoran tidak akan melayani pemesanan langsung pelanggan untuk makan di tempat maupun dibawa pulang. Dengan harga Rp45.455 (sebelum pajak) bisa mendapatkan BTS Meal yang memiliki isi sebagai berikut :
9 potong Chicken McNuggetsMedium FriesMedium Coca-ColaSaus Sweet Chili dan Saus CajunSudah, itu saja? Tidak ada hal yang istimewa di dalamnya? Jika kita coba telaah maka hal inilah yang menjadikan kolaborasi ini sebuah fenomena, bagaimana caranya tanpa ada merchandise atau toys yang biasa mendampingi paket makanan di Mcdonald's bisa terjual dengan jumlah yang banyak, dalam waktu yang singkat, serta menimbulkan antrean yang panjang?
Makna Warna Ungu dan Tagline Borahae
Foto : www.elshinta.comKolaborasi McDonald's dan BTS memiliki tampilan berupa paket makanan spesial dengan kemasan berdesain khusus yaitu dominan warna ungu disertai logo BTS dan juga tambahan tulisan hangul yang dibaca 보라해 (BORAHAE), yang memiliki arti "I purple you", kalimat ini pertama kali dicetuskan oleh V, salah satu member BTS dalam sebuah konser pada tahun 2016. Sementara pemilihan warna ungu menurut V, warna ungu adalah warna terakhir dalam spektrum warna pelangi, yang berarti rasa cinta yang dirasakan antara member BTS dan para fans-nya adalah yang terakhir dan akan bertahan paling lama. Meski hal tersebut dia sampaikan dengan setengah bercanda, fans BTS kemudian mengukuhkan hal ini sebagai sebuah hal yang melekat erat pada hubungan mereka dengan para idolanya.
Kata Borahae merupakan paduan dari dua kata, yaitu "Bora" yang memiliki arti ungu dan "Saranghae" yang memiliki arti "I love you".
Warna ungu dan kata Borahae ini adalah inti kekuatan yang menjadi sebuah identitas dari BTS itu sendiri. Di kalangan fans dengan mudah mengenali bahwa warna ungu dan kata Borahae tersebut merupakan jiwa yang berkaitan erat dengan BTS. Hal ini membuat kolaborasi antara McD dan BTS ini sendiri terasa agak aneh bagi orang awam, karena pada kemasan makanan yang ditawarkan tidak terdapat foto atau tampilan wajah anggota BTS sama sekali. Bahkan tidak adanya merchandise yang melekat pada paket makanan tersebut secara langsung tidak menghalangi para fans untuk membelinya.
Jika kita teliti lebih jauh, hal tersebut bisa terwujud akibat adanya cinta yang terjalin antara BTS dan fans-nya. Semua anggota BTS dalam sebuah wawancara mengatakan bahwa McDonald's adalah salah satu gerai favorit mereka dan memiliki makna dan kenangan tersendiri bagi masing-masing member-nya. Sementara dari kalangan fans BTS atau yang biasa disebut ARMY, mendukung segala terobosan dan laju idola mereka adalah sebuah bentuk kesetiaan yang tidak dapat diungkapkan dengan kata-kata. Hal inilah yang menyebabkan McDonald's BTS Meal menjadi sebuah fenomena yang tidak dapat dijelaskan dengan menggunakan logika semata.
ARMY, Barisan Fans yang Menjadi Kekuatan BTS
Foto : www.twitter.com/ojolismeMeledaknya pemesanan BTS Meal di Indonesia pada Rabu, 9 Juni 2021 tak ayal lagi menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Antrean layanan ojek online yang mengular di seluruh gerai McDonald's menjadi perhatian banyak publik. Sementara itu para ARMY tak lupa bersama-sama menggalang kepedulian pada driver ojek online. Mulai dari memberikan bingkisan berupa makanan kecil, ransum dalam jumlah banyak bagi para driver yang menunggu pesanan, paket sembako, hingga pengumpulan dana yang telah mencapai jumlah yang lumayan besar.
Dari sini kita bisa lihat beberapa hubungan simbiosis mutualisme yang terjadi baik dari McDonald's dengan BTS, BTS dengan ARMY, dan ARMY dengan driver ojek online terjadi secara kontinu. Sebuah grup musik yang berangkat dari 0 dan mendapat dukungan dari penggemar setianya dan menjadi fenomena budaya yang menghasilkan banyak terobosan, baik dari segi pencapaian, popularitas, hingga ke sisi profit yang ditimbulkan.
Melansir dari laman resmi McDonald's, para ARMY bisa mendapatkan berbagai merchandise edisi terbatas kolaborasi McDonald's dan BTS. Namun, merchandise edisi terbatas itu tidak dijual langsung di restoran. Penggemar bisa membeli di Weverse, yaitu aplikasi yang menjadi wadah komunitas penggemar yang dibuat oleh label rekaman BTS.
Associate Director of Marketing McD Indonesia Caroline Kurniadjaja mengatakan penggemar BTS, Army di Indonesia bisa membeli merchandise edisi terbatas itu. Indonesia merupakan satu dari 50 negara yang memasarkan The BTS Meals.
“Kami tak jual di resto, konsumen diminta mengunduh aplikasi Weverse. Indonesia dilayani pengirimannya, jadi harus beli di Weverse, rajin saja cek, karena akan ada penyetokan ulang,” kata Caroline dalam acara konferensi virtual McD Intimate Media Gathering - The BTS Meals, Selasa (8/6).
Merchandise tersebut berupa hoodies, kaos, jubah mandi, kaus kaki, dan sandal. Penggemar bisa melihat lebih banyak item di Weverse. Sementara itu, Caroline mengatakan aplikasi McD turut menyediakan sejumlah konten eksklusif BTS, seperti proses pembuatan iklan yang sudah tayang pada 9 Juni, buku flip virtual yang akan tersedia pada 16 Juni, dan foto seri BTS pada 30 Juni.
Selain itu, penggemar juga bisa mengikuti kompetisi foto keseruan menikmati The BTS Meals. Hadiah utama untuk lima orang pemenang berupa bingkai memorabilia kemasan The BTS Meals.