Oomph Logo
 

  BERITA TERKINI

Kejahatan Menghafal Nomor Kartu Kredit Konsumen
6 Days, 6 Hours ago

Kejahatan Menghafal Nomor Kartu Kredit Konsumen

Kasus penipuan yang tidak biasa terungkap di Tokyo ketika Yusuke Taniguchi (34) ditangkap karena mencuri informasi kartu kredit milik lebih dari 1.300 orang dan menggunakannya untuk melakukan pembelian online.



Menurut polisi, Taniguchi bekerja paruh waktu sebagai seorang kasir di sebuah mal di Kota Koto. Setiap kali seorang pelanggan akan membayar dengan kartu kredit, tersangka diduga menghafal nomor 16-digit, nama, tanggal kedaluwarsa, dan kode keamanannya.

cc



Ia menggunakan sebuah kemampuan yang dalam dunia sains dikenal sebagai memori eidetik atau memori fotografis. Ia dapat menyimpan semua informasi itu dalam otaknya tanpa mencatatnya.

Setelah penangkapan Taniguchi, polisi menemukan sebuah buku catatan yang berisi ratusan nama dan nomor kartu kredit.



Namun, ada satu pertanyaan yang tersisa, jika dia seorang jenius, lalu bagaimana dia bisa tertangkap? Menurut polisi, setelah penangkapan, Taniguchi memberi tahu bahwa ia akan mengambil barang-barang yang dibeli secara online dan menjualnya melalui toko gadai untuk digunakan sebagai biaya hidup.

Dalam insiden yang menyebabkan penangkapannya, tersangka telah membeli dua tas senilai total 270.000 yen (Rp35,2 juta). Pada bulan Maret tahun ini, tas-tas itu dikirim ke apartemen Taniguchi, yang akhirnya menggiring polisi ke sana. Rupanya, dia terlalu sibuk menggunakan otaknya untuk menghafal nomor kartu untuk menyadari bahwa memberikan alamat rumahnya dalam kejahatannya adalah ide yang buruk.