Wisata Religi ke Makam Kyai Raden Santri

Travel 14 Januari 2022

Foto: Brisik.id/Dini Luthfiani

Ziarah adalah salah satu kegiatan yang dilakukan oleh umat Islam dengan cara mengunjungi tempat yang dianggap mulia. Di tempat tersebut peziarah umumnya berzikir memohonkan ampun atas arwah yang dimakamkan di sana dan tabaruk atau mengambil berkah dari kemuliaan atasnya. 

Di Indonesia ada banyak tempat yang bisa dikunjungi jika ingin berziarah, salah satunya Magelang. Kota ini berdekatan dengan Yogyakarta sehingga kalian yang berasal dari kota pelajar ini dapat mengunjunginya dengan mudah. Dari Yogyakarta, durasi perjalanannya kira-kira membutuhkan waktu sekitar 1 jam lebih sedikit untuk mencapainya. 

Makam Raden Santri berada di daerah Muntilan dengan alamat Jl. Kyai Raden Santri Karaharjan, Gunungpring, Muntilan, Magelang, Jawa Tengah. Lokasinya cukup mudah ditemukan. Hal ini dikarenakan Teman Brisik bisa menemukan di Google Maps.

Bila ingin ke sana dari arah Yogyakarta, kalian bisa mengikuti arah ke Jalan Magelang yang menuju daerah Muntilan. Selanjutnya, jika menemukan pertigaan kecil setelah Taman Seribu Cinta, belok kiri menuju Jalan Wonosari. Teruslah ikuti jalan tersebut hingga menemukan makam. Papan penunjuk jalannya sudah tersedia dan bisa ditemukan dengan mudah.

Foto: Brisik.id/Dini Luthfiani

Teman Brisik disarankan untuk memakai kendaraan pribadi karena agak aksesnya terbatas jika menggunakan kendaraan umum. Bisa dikatakan, kondisi jalannya sudah baik karena hampir semua jalannya sudah beraspal. Bahkan, tempat parkirnya pun luas. Tidak hanya kendaraan mobil dan motor, bis dari luar kota pun kerap datang bersama rombongan untuk berziarah di sini.

Para peziarah yang datang tidak hanya dari Yogyakarta dan Magelang, tetapi banyak pula orang yang datang dari kota lain demi berziarah ke Makam Kyai Raden Santri. Makam ini sangat terkenal diantara para peziarah.

Sedikit Sejarah Tentang Raden Santri

Kyai Raden Santri memiliki nama asli Pangeran Singasari. Sebenarnya beliau adalah salah satu penerus dari Kerajaan Mataram Islam. Ayahnya bernama Ki Ageng Pemanahan. Akan tetapi, beliau tidak bersedia meneruskan tahta ayahnya dan lebih memilih untuk fokus mencari ilmu agama. 

Pangeran Singasari menghabiskan waktu cukup lama mengembara dari satu wilayah ke wilayah lainnya. Akhirnya, setelah sekian lama beliau ia mengembara ke berbagai tempat, Raden Santri pun memutuskan menetap di area perbukitan yang banyak ditumbuhi pohon bambu. Kini, daerah tersebut terkenal dengan daerah Gunung Pring. 

Di daerah ini, beliau tidak hanya mencari ilmu dan bersemedi. Namun, ia mengamalkan ilmu agama kepada penduduk sekitar. Alasan mengapa orang-orang kala itu memanggilnya Raden Santri adalah karena Pangeran Singosari gemar berguru kepada para ulama yang tersohor. Beliau meninggal pada tahun 1611 dan jenazahnya dikebumikan di Gunung Pring yang kini dijadikan kompleks makam Raden Santri.

Foto: Brisik.id/Dini Luthfiani

Fasilitas di Makam Kyai Raden Santri

Fasilitas yang ada di Makam Raden Santri sangat lengkap. Area parkirannya sangat luas. Bahkan, pihak pengelola mengatakan bahwa puluhan bisa ditampung di area tersebut. Selain itu, tersedia toilet dan mushola yang terjaga kebersihannya. 

Teman Brisik ingin membeli buah tangan untuk keluarga di rumah? Di jalan Masuk menuju makam ini kalian bisa bebas memilih barang mulai dari pakaian muslimah hingga cobek batu. Harganya cukup terjangkau, tergantung barang yang dibeli. 

Jika kalian tertarik untuk berziarah ke tempat ini, maka siapkan tenaga ekstra karena letak makamnya berada di atas ketinggian. Teman Brisik harus melewati tangga yang semakin lama semakin menanjak. Perjalanan menuju puncak ini kurang lebih ditempuh selama 15 hingga 20 menit. Meskipun demikian, kalian tidak akan bosan karena di sepanjang perjalanan terdapat banyak penjual oleh-oleh yang menjajakan dagangannya. 

Foto: Brisik.id/Dini Luthfiani

Tidak ada tiket masuk yang dibebankan untuk pengunjung yang berada di sekitar makam. Hanya saja, jika Teman Brisik ingin masuk ke bagian makam yang ada di bagian puncaknya, akan diminta mengisi kotak amal dengan uang seikhlasnya.

Akomodasi Penginapan

Bagi yang berasal dari luar kota, kalian bisa menginap di hotel yang letaknya tidak jauh dari area makam. Salah satu hotel berkualitas yang nyaman ditempati ialah Hotel Front One Inn Muntilan. Penginapan ini bisa didapatkan dengan harga Rp270.000. Jaraknya hanya 1,8 km saja dari makam. 

Apabila lapar usai berziarah ke Makam Kyai Raden Santri, kalian bisa langsung menyantap makanan di berbagai warung yang berada di area parkiran. Tidak hanya makanan berat saja, di area ini juga terdapat para penjual jajanan seperti siomay. 

Lengkapnya fasilitas yang ada di tempat ini membuat banyak peziarah merasa betah saat wisata religi ke sini. Teman Brisik yang berencana datang ke sini, disarankan untuk membawa uang receh untuk memberikan santunan kepada orang-orang yang meminta di sepanjang jalan menuju area makam. 

Tags : kyai raden santri makam raden santri brisik.id magelang travel wisatawan religi magelang

Artikel ini ditulis oleh :

Dini Luthfiani
  

Ranking Level

BadgeNameKeterangan
Bronze 11-14 artikel
Bronze 215-30 artikel
Bronze 331-45 artikel
Bronze 445-60 artikel
Bronze 561-75 artikel
Silver 176-125 artikel
Silver 2126-175 artikel
Silver 3176-225 artikel
Silver 4226-275 artikel
Silver 5276-325 artikel
Gold 1326-400 artikel
Gold 2401-475 artikel
Gold 3476-550 artikel
Gold 4551-625 artikel
Gold 5626-700 artikel
Platinum 1701-800 artikel
Platinum 2801-900 artikel
Platinum 3901-1000 artikel
Platinum 41001-1100 artikel
Platinum 51101-1200 artikel
Diamond 11201-1350 artikel
Diamond 21351-1500 artikel
Diamond 31501-1650 artikel
Diamond 41651-1800 artikel
Diamond 5> 1800

Yogyakarta {[{followers}]} Followers



Berita Terkait

Travel

Wisata Religi ke Makam Kyai Raden Santri

Tapak sejarah di Makam Pangeran Singasari.

14 Jan 2022

Kuliner

Nayachi Cake, Japanese Cheese Cake Pertama di Magelang Dengan Rasa Durian dan Nangka!

Menikmati 2 varian unik yakni Durian dan Nangka Cheese cake!

29 Des 2021

Kamu Mungkin Tertarik

Travel

Umbul Nilo, Kolam Pemandian Dikelilingi Hamparan Sawah

Air di pemandian Umbul Nilo berasal dari sumber air dari bawah tanah.

19 Juni 2021

Kuliner

Boda Barn, Kafe Paling Romantis di Bandung

Sering dijadikan venue untuk acara pernikahan, lamaran, sweet seventeen party, photoshoot, dan lain – lain.

01 Juli 2021

Travel

Pasar Wiguna: Market untuk Wirausaha Muda

Mengunjungi pasar modern dengan tambahan workshop dalam gerakan melindungi bumi.

09 Juni 2021

Travel

Hotel Marbella Anyer, Simbol Kemewahan Dengan Panorama Selat Sunda

Tempat menikmati panorama Selat Sunda sambil menyaksikan matahari terbenam.

25 Juni 2021

Travel

Menembus Langit Menuju Bukit Bintang

Mengunjungi tujuan wisata dengan pemandangan alam yang indah.

30 Mei 2021

Terbaru

more

Kuliner

Kopi Kompleks Ngagel, Ngopi Asyik Dengan Nuansa Cozy dan Cutie

Nongkrong di kafe dengan konsep retro vintage yang unik.

28 Januari 2022

Kuliner

Nongkrong di Malam Minggu Makin Seru di Kafe Jejakmu

Nongkrong asyik di kafe dengan minuman dan menu yang unik .

28 Januari 2022

Travel

Curug Gomblang, Airnya Adem Banget!

Airnya dingin banget tidak disarankan untuk mandi.

27 Januari 2022

Travel

Warna-warni Dam Sewu

Seiring berjalannya waktu, keberadaan dam sekaligus dijadikan sebuah tempat wisata gratis.

27 Januari 2022

Kuliner

Sarapan Di Warung Kongde Dengan Nama Lauk Yang Unik

Mencoba bersantap di warung makan dengan nama dan menu yang unik.

27 Januari 2022

Berita Video

more