Penanda Kedewasaan : Metatah, Tradisi Potong Gigi di Bali Masih Lestari

Budaya & Gaya Hidup 24 November 2021

Foto: www.tamanprakertibhuana.com

Halo Teman Brisik, jika kalian datang dari luar pulau Dewata Bali mungkin sedikit asing ya saat membaca judul artikel saya hari ini. Metatah/Mesanggih/Mepandih adalah ritual keagamaan umat Hindu Bali yang melakukan pemerataan pada gigi taring anak-anak yang baru saja akil balig atau dianggap sudah masuk ke usia dewasa, dengan cara di kikir menggunakan alat bantu khusus tradisi ini juga dikenal sebagai potong gigi dan sering kali menjadi acara keluarga yang cukup besar karena dianggap sebagai penebusan hutang orang tua kepada anaknya dengan mengadakan acara yang membantu menghilangkan sifat-sifat buruk anak melalui ritual ini.


Foto: Merdeka.com/I Wayan Arfian

Secara garis besar, prosesi ini dimulai dengan sang anak yang telah didandani sedemikian rupa sehingga terlihat bak ratu dan raja diminta mengambil posisi tiduran di kasur yang sudah di hias oleh banyak bunga dan wewangian untuk selanjutnya di lakukan proses metatah oleh kepala adat atau orang yang di tuakan pada proses tersebut. Walaupun namanya potong gigi, namun yang terjadi sebenarnya enam gigi yang memiliki taring akan di kikir kira-kira 2mm agar terbentuk rata. Jadi bukan giginya di potong habis ya, hehehe.

Adapun filosofi dari tradisi ini yang saya pahami adalah, manusia di wajibkan untuk memotong gigi guna menghilangkan Sad Ripu atau enam jenis musuh manusia yaitu Kama atau nafsu berlebih terhadap dunia, Moha rasa angkuh yang sering kali merusak hubungan antar manusia, alam dan Tuhan. Lobha atau keserakahan yang bisa membahayakan manusia itu sendiri, Mada atau keadaan mabuk, Matsariyah iri hati dan Krhoda atau emosi marah yang meledak-ledak. Harapannya dengan melakukan potong gigi, enam jenis musuh manusia tadi ikut terkikir atau hilang sepenuhnya dari tubuh manusia.

Oh ya, pada malam sebelum ritual anak-anak yang akan mengikuti prosesi ini akan diisolasi terlebih dahulu, tujuannya untuk mengenal dan merenungi diri sendiri semacam perenungan yang wajib di lakukan. Yang menarik, saat mereka akan pergi tidur, anak-anak ini akan diminta menyematkan sebuah tulisan suci/huruf-huruf berupa doa ke dalam mulut dan gigi mereka agar memiliki kekuatan esok hari saat proses potong gigi dan tidak kesakitan.

Setelah proses potong gigi selesai, anak-anak yang sudah dianggap dewasa ini di minta mencicipi enam rasa dasar seperti rasa pahit dan asam yang ditujukan untuk mengenalkan anak bahwa untuk menjalani kehidupan perlu memiliki jiwa yang tabah dan kuat, rasa pedas untuk mengingatkan betapa tidak nyamannya menyimpan rasa amarah, dan mendidik anak agar bisa menahan rasa tersebut dengan sabar. Rasa sepat disimbolkan untuk tetap mematuhi norma budaya maupun agama di mana pun berada, rasa asin untuk mengajarkan perasaan bijaksana dan rasa manis sebagai penanda kehidupan yang bahagia. Sebagai seseorang yang sudah dewasa, semua rasa simbolik di atas harus mampu dijalani dan disyukuri dengan baik dalam hidup.


Foto: Merdeka.com/I Wayan Arfian

Sebagai informasi tambahan, ternyata acara sakral ini terlarang untuk dihadiri ibu hamil loh Teman Brisik, karena Ibu hamil yang membawa janin dianggap sedang membawa kesucian sedangkan keseluruhan ritual metatah adalah membuang keburukan. Menurut beberapa sumber yang saya baca, karena menelan biaya yang besar beberapa keluarga menunda melakukan ritual metatah hingga cukup biaya atau bergabung jika diadakan upacara massal, karena sejatinya ritual ini bisa ditunda sampai seorang Hindu Bali hendak menikah.

Seru ya Teman Brisik, saat kita mengetahui lebih banyak detail budaya Indonesia yang sangat beragam, coba deh mulai sekarang jika kalian memiliki teman Hindu Bali perhatikan giginya apakah sudah rata atau belum? Hehehe.

Jika saat ini beberapa dari Teman Brisik sedang mencari penyelenggara acara ritual potong gigi saya ada rekomendasi organizer, silakan kunjungi website-nya ya untuk harga Teman Brisik harus menghubungi lebih dahulu dan berkonsultasi, berikut web yang saya temukan tamanprakertibhuana.com.

Tags : brisik.id tradisi budaya bali metatah potong gigi bali

Artikel ini ditulis oleh :

vg
  

Ranking Level

BadgeNameKeterangan
Bronze 11-14 artikel
Bronze 215-30 artikel
Bronze 331-45 artikel
Bronze 445-60 artikel
Bronze 561-75 artikel
Silver 176-125 artikel
Silver 2126-175 artikel
Silver 3176-225 artikel
Silver 4226-275 artikel
Silver 5276-325 artikel
Gold 1326-400 artikel
Gold 2401-475 artikel
Gold 3476-550 artikel
Gold 4551-625 artikel
Gold 5626-700 artikel
Platinum 1701-800 artikel
Platinum 2801-900 artikel
Platinum 3901-1000 artikel
Platinum 41001-1100 artikel
Platinum 51101-1200 artikel
Diamond 11201-1350 artikel
Diamond 21351-1500 artikel
Diamond 31501-1650 artikel
Diamond 41651-1800 artikel
Diamond 5> 1800

Depok {[{followers}]} Followers



Berita Terkait

Kuliner

Kecil dan Minimalis, Ohana Coffee Canggu Kedai Kecil yang Cantik

Keindahan view pesawahan dari balik kedai mungil.

28 Nov 2021

Kuliner

Sentuhan Kolonial dan Vintage yang Melekat di Gangga Coffee Ubud

Tak sekedar coffee shop, museum dan showroom juga tersedia di tempat ini.

28 Nov 2021

Kamu Mungkin Tertarik

Kuliner

Gantala Jarang, Kuliner Berbahan Dasar Daging Kuda Khas Jeneponto

Kuliner ini menjadi bukti bahwa masyarakat Jeneponto sangat menyukai makanan berbahan dasar daging kuda.

30 September 2020

Techno

Aplikasi Byte Resmi Diluncurkan

Reinkarnasi aplikasi Vine yang mati beberapa tahun lalu.

28 Januari 2020

Travel

Menikmati Pemandangan Dari Atas Mercusuar Tanjung Kalian Muntok

Pesona pesisir pantai dengan serjarah didalamnya

13 Januari 2021

Kuliner

Korean Hot Dog a'la Kedai Ngemil

Seperti yang ada di drakor berjudul berjudul Start Up.

11 Januari 2021

Kuliner

Ngopi Estetik di Kopi KKN

Harganya yang hemat menjadi primadona para mahasiswa.

12 Maret 2021

Terbaru

more

Travel

Bermain di Pantai Akkarena, Pantai dengan rumput

Bermain di pinggir pantai berumput.

28 November 2021

Kuliner

Nongki Cantik di Suwasana Kopi

Nongkrong cantik di cafe instagramable.

28 November 2021

Travel

Pendakian Gunung Guntur yang Eksotis

Tempatnya tampak gersang namun pemandangannya eksotis.

28 November 2021

Kuliner

Cantik Menawan, Ela! Greek Doughnuts

Sajian donut lezat dikemas dalam wadah cup cantik.

28 November 2021

Berita Video

more