Mengunjungi Pura Pakualaman, Istana Raja di Yogyakarta

Travel 15 September 2021

Foto: instagram/@museumpuro_pa

Bila pergi ke Yogyakarta dan ingin melihat istana raja, mungkin kebanyakan wisatawan hanya mengetahui Keraton Yogyakarta. Sebenarnya tidak jauh dari situ terdapat istana raja lain yaitu Pura Pakualaman.

Pura Pakualaman adalah istana kecil Kadipaten Pakualam. Apabila dibandingkan dengan keraton, posisinya satu tingkat di bawahnya. Sebagaimana dikatakan sebagai kadipaten pada zaman dahulu, Paku Alam adalah salah satu negara berdaulat sendiri di luar Keraton Yogyakarta, tapi kedudukannya masih di bawah Keraton Yogyakarta. Setelah Indonesia merdeka dan Yogyakarta menjadi bagian dari Indonesia, keraton yang dipimpin oleh Sultan menjabat sebagai gubernur Yogyakarta, sedangkan Paku Alam menjabat sebagai wakil gubernur Yogyakarta.

Foto: instagram/@paniradyakaistimewan

Lokasi Pura Pakualam berada di Jalan Sultan Agung, Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta. Lebih tepatnya diapit oleh beberapa jalan umum, di sisi utara (Jl. Purwanggan), timur (Jl. Harjono), dan selatan (Jl. Sewandanan). Pintu gerbang utama berada di sisi selatan yang disebut dengan Regal Danawara. Menengok sedikit ke bagian atas, terlihat tulisan sengkalan (tanda) yang berbunyi Wiwara Kusuma Winayang Reka (1669 J). Ditambah dengan tulisan PA di sisi barat dan IX di sisi timur. Regal Danawara dibangun pada tahun 1884. Sebenarnya ada pula pintu gerbang dari sisi utara, tapi kini sudah ditutup. Konon, dahulu istana ini juga dikelilingi Benteng Baluwerti dengan tembok tebal sepanjang dua puluh meter di bagian utara Jalan Sultan Agung, dan sebelah timur pertigaan dengan Jalan Jagalan. 

Ada Apa Saja di Pura Pakualam?
Di dalam kompleks Puro Pakualaman terdapat bangunan-bangunan inti yang saat ini berfungsi untuk acara seremoni serta fasilitas penunjang kehidupan sehari-hari Sri Paku Alam dan keluarga seperti, Bangsal SewatamaDalem Ageng PrabasuyasaBangsal SewarenggaBangsal Parangkarsa, dan Gedhong Purwaretna. Dahulu, Bangsal Sewarengga, berfungsi sebagai ruang tunggu dan menjadi tempat Paku Alam memberikan tugas pada pegawainya. Sebelum adanya penginapan mewah di sekitar, Apabila ada tamu negara yang menginap maka akan ditempatkan di Bangsal Parangkarsa. Selain itutempat ini juga menjadi tempat persiapan pernikahan putra-putri Paku Alam. 

Dalem Ageng Prabasuyasa merupakan bangunan inti dari istana ini. Biasanya saat acara kenaikan tahta, tempat ini digunakan untuk persiapan penobatan, calon raja akan mengenakan kelengkapan karset (kalung) dan cincin kagungan. Di tempat ini juga terdapat kamar pusaka.

Foto: instagram/@kotajogja.com

Selain yang ada di dalam cepuri, ada pula tempat-tempat tidak kalah keren di sekitarnya, seperti Masjid Besar Pakualaman, Museum Puro Pakualaman, serta pemukiman bagi para abdi dalem Pakualaman. Tidak kalah dengan bagian dalam Puro Pakualaman, masjid dan museum memiliki nilai sejarah tersendiri. Di sana tersimpan rapih naskah-naskah kuno yang memuat berbagai peristiwa dan ajaran nilai-nilai kehidupan. 

Museum Puro Pakualaman menempati 3 ruang pameran tetap masing-masing berukuran 8x14m2. Terletak didepan pendopo sayap timur, kompleks Puro Pakualaman. Untuk memasuki komplek pengunjung harus melewati gerbang yang disebut Regol Wiworo Kusuma Winayang Reko yang berarti keselamatan keadilan dan kebebasan.

Di dalam museum ini, kamu bisa menemukan foto dokumentasi serta peralatan dapur masa lalu. Selain itu dapat melihat Singgasana Sri Paku Alam I, payung kebesaran Songsong Bhara dan Songsong Tunggul Naga, tombak dan perisai yang digunakan dalam tarian Bondoyudho, serta busana kebesaran Raja-Raja Pakualaman. Terdapat koleksi kereta kerajaan, diantaranya kereta bernama Kyai Roro Kumenyar dan Kyai Manek Koemolo yang digunakan untuk upacara penobatan Paku Alam yang baru.

pura pakualamFoto: instagram/@chromaticvoyage

Tertarik berkunjung?
Teman Brisik bisa datang antara pukul 10.00 sampai pukul 15.00 WIB. Apabila ingin menggunakan transportasi umum, jarak pura tidak jauh dari halte Transjogja Pakualaman. Hanya perlu ditempuh dengan berjalan kaki beberapa meter saja.

Kadang kala di Pura Pakualaman juga terdapat berbagai kegiatan yang dapat diikuti oleh masyarakat umum seperti lomba-lomba dan diskusi-diskusi sejarah. Supaya tidak ketinggalan informasi, silakan kunjungi akun instagram resmi @purapakualam.

Jika ingin menginap di dekat sini, hotel paling dekat adalah Hotel Jambuluwuk Malioboro. Hotel bintang 5 ini memiliki fasilitas lengkap, nyaman, dan aman. Dari Pura Pakualaman jarak ke  hotel tidak sampai 1 KM.

Tags : travel istana raja pura pakualaman yogyakarta brisik brisik.id

Artikel ini ditulis oleh :

Pudak Wangi
  

Ranking Level

BadgeNameKeterangan
Bronze 11-14 artikel
Bronze 215-30 artikel
Bronze 331-45 artikel
Bronze 445-60 artikel
Bronze 561-75 artikel
Silver 176-125 artikel
Silver 2126-175 artikel
Silver 3176-225 artikel
Silver 4226-275 artikel
Silver 5276-325 artikel
Gold 1326-400 artikel
Gold 2401-475 artikel
Gold 3476-550 artikel
Gold 4551-625 artikel
Gold 5626-700 artikel
Platinum 1701-800 artikel
Platinum 2801-900 artikel
Platinum 3901-1000 artikel
Platinum 41001-1100 artikel
Platinum 51101-1200 artikel
Diamond 11201-1350 artikel
Diamond 21351-1500 artikel
Diamond 31501-1650 artikel
Diamond 41651-1800 artikel
Diamond 5> 1800

Sleman {[{followers}]} Followers



Berita Terkait

Travel

Mengunjungi Pura Pakualaman, Istana Raja di Yogyakarta

Pura Pakualaman adalah istana kecil Kadipaten Pakualam.

15 Sep 2021

Kamu Mungkin Tertarik

Kuliner

Keunikan Cita Rasa Kopi Gesha di Cafe A Tale of Two Coffee Beans

Bukanlah sebuah judul cerita dongeng melainkan sebuah cafe dengan konsep comfy dan homey.

04 Mei 2021

Kuliner

And Coffee Space, Coffee Shop Unik Nuansa Bali di Malang

Tempat ngopi dengan konsep outdoor anti hujan dan nyaman.

11 Maret 2021

Travel

Mengenal Sejarah dengan Berwisata Religi di Makam Sunan Giri Gresik

Makam Sunan Giri berada di atas bukit dan memiliki luas sebesar 900m2 serta dikelilingi oleh sekitar 30 makam keluarga dan para muridnya.

15 Mei 2021

Kuliner

Mungilnya Kafe Java Sikopel, Bertempat di Atas Bukit

Kedai kopi dengan suguhan pemandangan indah di atas perbukitan.

07 Juni 2021

Kuliner

Mencicip Es Permen Karet, si Manis Segar yang Laris 24 Galon Perhari

Saking tenarnya antrean dapat mencapai panjang 100 meter. Tidak heran bila omzet keseluruhannya juga mencapai bilangan Rp. 25 juta perhari.

05 Maret 2021

Terbaru

more

Travel

Berkunjung Ke Klenteng Tertua di Bekasi, Hok Lay Kiong

klenteng ini berdiri sejak tahun 1700.

29 September 2021

Kuliner

Leren Sejenak dari Hiruk Pikuk Yogyakarta di Leeren by Curio Espresso

Tempat istirahat sejenak dari kesibukan kota Jogja tanpa harus menempuh jarak jauh.

28 September 2021

Travel

Keindahan Alami Air Terjun Pancor di Pedalaman Desa Pakuniran

Dikelilingi oleh hutan dan airnya sangat jernih karena berasal dari mata air gunung.

28 September 2021

Travel

Pesona Menawan di Pantai Indah Widarapayung

Selain bermain air di pantai disini juga dapat mengendarai kuda yang ada di pinggir pantai.

28 September 2021

Kuliner

Nasi Goreng Porsi Jumbo dan Harga Bersahabat ala Pak Dji

Sejumlah pejabat dari Jakarta pernah makan nasi goreng ini.

28 September 2021

Berita Video

more