Lupis Mbah Satinem, Jajanan Tradisional Legendaris yang Masuk Netflix

Food & Travel 01 Mei 2021

Foto: instagram.com/gembulfoodie

Siapa yang tak kenal lupis? Lupis merupakan makanan tradisional yang terbuat dari beras ketan. Lupis ini kaya akan karbohidrat sehingga dapat mengenyangkan. Lupis biasanya disajikan dengan parutan kelapa yang menyelimuti bagian atasnya dan dibalut gula merah cair. Lupis biasanya dibungkus menggunakan daun pisang. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu banyak penjual yang membungkus lupis dengan mika plastik.

Salah satu lupis legendaris yang cukup populer adalah Lupis Mbah Satinem. Lupis Mbah Satinem merupakan lupis yang sangat terkenal di Yogyakarta. Lupis Mbah Satinem ini juga bisa dikatakan sebagai salah satu street food di Yogyakarta. Jajanan tradisional milik Mbah Satinem ini semakin terkenal dan digemari khalayak ramai setelah tayang dalam film dokumenter street food serial yang ditayangkan oleh Netflix. Alhasil, Lupis Mbah Satinem ini semakin laris manis dan digemari tak hanya oleh warga lokal saja, tetapi juga turis-turis yang berkunjung ke Yogyakarta.

Mbah Satinem telah merintis usaha lupisnya ini sejak tahun 1963. Mbah Satinem menggunakan resep lupis turun temurun dari ibunya. Tak heran, lupis milik Mbah Satinem memiliki cita rasa khas yang membuat pembeli ketagihan. Lupis Mbah Satinem biasanya disajikan bersama ketan hitam, cenil, tiwul, gatot, dan lain sebagainya. Perpaduan antara lupis yang manis dan legit dengan cenil yang kenyal akan menggoyang lidah pembeli.

Foto: instagram.com/kulinerjogja

Untuk satu porsi lupis, Mbah Satinem menjualnya dengan harga Rp5.000 hingga 10.000. Cukup terjangkau untuk kantong Teman Brisik bukan? Kalian dapat request campuran yang akan mendampingi lezatnya lupis, seperti ketan hitam dengan lupis atau cenil dengan lupis. Dengan lima hingga sepuluh ribu rupiah saja Teman Brisik sudah mendapatkan nikmatnya lupis dan rasa kenyang yang tahan lama. Selain itu, Mbah Satinem juga menerima pesanan besar yang disajikan dengan tampah dengan harga Rp150.000.

Foto: instagram.com/jogjafoodexplore

Saat weekend, Lupis Mbah Satinem ramai diserbu para pembeli. Pembeli Lupis Mbah Satinem datang dari berbagai daerah. Ada turis dari luar kota atau bahkan mancanegara. Selain itu, banyak orang-orang yang setelah berolahraga mengantre untuk membeli lupis ini. Lupis ini cocok untuk dijadikan sarapan atau pengganjal setelah melakukan olahraga.

Mbah Satinem awalnya berjualan lupis dipasar dengan cara menggendong dagangannya. Kemudian Mbah Satinem memutuskan untuk menetap di suatu tempat untuk menjajakan lupisnya. Tempat tersebut terletak di Jalan Bumijo 50, Bumijo, Kecamatan Jetis, Yogyakarta. Lokasi ini terletak di dekat Pasar Kranggan dan Tugu Jogja. Apabila Teman Brisik akan mengunjungi Lupis Mbah Satinem dari Jalan Jenderal Sudirman, maka kalian tinggal lurus ke arah barat menuju Jalan Diponegoro. Setelah itu kalian akan menemukan pertigaan di kiri yang berbatasan dengan Jalan Diponegoro. Di sudut pertigaan itulah Lupis Mbah Satinem berada. 

Foto: google maps/Halim Iswan

Bagi Teman Brisik yang ingin mengunjungi Lupis Mbah Satinem diharapkan untuk datang di pagi hari yaitu pada pukul 06.00 WIB. Terkadang, walaupun Lupis Mbah Satinem belum buka, pembeli sudah menunggu. Pastikan kalian tidak datang terlalu siang ya, karena biasanya pembeli sudah tidak kebagian lupis pada jam 08.00 WIB atau lebih dari itu.

Selain harus datang pagi-pagi, para pembeli harus mengantre untuk dapat menikmati Lupis Mbah Satinem dengan nomor antrean yang telah disediakan. Pastikan untuk sabar menunggu dan selalu menyimak antrean yang berlangsung ya karena jika antrean Teman Brisik terlewat, maka harus mengambil nomor antrean baru dan mengantre kembali dari awal. 

Tags : brisik.id brisik indonesia travel yogyakarta legendaris kuliner jajanan tradisional lupis mbah satinem lupis

Artikel ini ditulis oleh : Andira


Berita Terkait

Food & Travel

Ijam Ais, Minuman Asik Penghilang Dahaga

Kedai minuman Iced Blend ini segar banget dan terjangkau untuk kalangan pelajar.

06 Mei 2021

Food & Travel

Sekedar Kopi, Kedai Kopi Unik Bergaya Rustic

Mengunjungi kafe unik dengan desain dan interior yang menarik.

06 Mei 2021

Food & Travel

Wara Wiri Di Tlogowungu Muncar

Mengunjungi tempat wisata yang indah tanpa dipungut biaya sepeserpun.

05 Mei 2021

Voucher Rekomendasi

FUNWORLD - YOGYAKARTA

Playground

Rp 95,000 Rp 125,000

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Icip-icip Seblak Premium Terenak di Seblak Yummy

Dua menu special yakni Seblak mie Korean spicy dan seblak special dapat di temukan disini!

06 Mei 2021

Food & Travel

Berbuka Puasa Sembari Memandang Yogyakarta dari Langit

Tempat makan ini berdiri di atas bukit dengan bebatuan besar yang tertanam.

03 Mei 2021

Food & Travel

Nongkrong Asyik di E.T Tea Bar, Cosmic Kafe Desain Super Kece

Hmm kira-kira bisa ketemu E.T. lagi makan tidak ya?

22 April 2021

Food & Travel

Penujak, Sentral Kerajinan Gerabah di Lombok Tengah

Merasakan langsung bagaimana proses pembuatan kerajinan gerabah di Lombok Tengah.

18 Februari 2021

Terbaru

more

Food & Travel

Berfoto Ria Di Gang Kecil Dengan Nuansa Kolonial di Jalan Prenjak

Di sini merupakan tempat bersejarah dengan bangunan tua sebagai latarnya.

07 Mei 2021

Food & Travel

Bakso President dan Sensasi Makan di Tepi Rel Kereta

Makan bakso sambil merasakan sensasi laju kereta api di atas rel.

07 Mei 2021

Food & Travel

Temukan cita rasa kopi otentik di kedai kopi kekinian El’s Coffee

Cafe ini menyuguhkan beragam kopi nusantara.

07 Mei 2021

Food & Travel

Makan Ketan Dengan Pemandangan Indah di Susu Ketan Pak Yan

Menggabungkan panorama gemerlapnya langit bersama dengan menikmati lezatnya ketan dengan segala topping.

07 Mei 2021

Food & Travel

WKWK Cafe, Mulai Dari Lokasi Strategis Sampai Menu Yang Unik

Cafe ini memiliki desain yang bisa dibilang hits, meja coklat tua, dan dinding yang didominasi warna putih lengkap dengan stiker kata-kata.

07 Mei 2021

Berita Video

more