Nyantai Sore Hingga Larut di Alun-Alun Lapangan Merdeka Gunungsitoli

Food & Travel 08 April 2021

Foto: Brisik.id/Ropi delau

Ada banyak tempat bagi orang kota untuk bersantai atau kata kerenya untuk mencari angin segar. Salah satunya dengan mengunjungi objek-objek wisata, tempat hiburan atau tempat publik lainya yang ada di sekitarnya. Mungkin bagi orang kota sedikit kesulitan memilih bersantai di objek wisata alam seperti naik Gunung, air terjun, Gua, dll.

Namun tak tertutup kemungkinan bahwa di sekitar kota sekalipun ada banyak juga tempat hiburan bagi masyarakat perkotaan seperti berkunjung ke taman, tugu, coffee shop, restoran atau tempat umum lainya seperti lapangan merdeka (Lapmer) yang sering dikenal sebagai lapangan multi function seperti Lapmer Gunungsitoli yang baru saja direnovasi dan didesain kembali dengan gaya modern kekinian beserta unsur-unsur traditional di dalamnya.

Paduan unsur traditional dengan gaya kekinian menjadi daya tarik dan keunikan khusus bagi orang-orang yang datang ke sana. Lapangan merdeka Gunungsitoli berada di Jln. Gomo, No.3, Saombo, kota Gunungsitoli. Lapmer Gunungsitoli menjadi spot utama bagi orang perkotaan untuk bersantai di setiap sore bahkan hingga larut malam.

Foto : Brisik.id/Ropi delau

Unsur-unsur traditional yang menyelimuti lapmer Gunungsitoli kemudian menjadi ikon khusus di mata orang-orang yang pernah datang ke tempat ini. Bagaimana tidak dari gerbang utama disambut dengan miniatur rumah adat khas Nias. Yang dibangun terpisah atau terbelah menjadi 2 sebagai gerbang utama jalan masuk ke tempat ini. Dari gerbangnya saja cukup menjelaskan kepada setiap pengunjung yang datang ke tempat ini akan unsur-unsur traditional yang dimiliki oleh masyarakat kepulauan Nias salah satunya tentang miniatur rumah adat yang merupakan salah satu lambang budaya kebesaran Ono niha (masyarakat Nias) pada masa lalu yang kini masih terus diwariskan dari generasi ke generasi selanjutnya. Ini termasuk salah satu upaya pemko setempat untuk terus mewariskan nilai-nilai traditional  melalui miniatur-miniatur yang dibangun di beberapa tempat umum di sekitar kota Gunungsitoli salah satunya adalah di lapangan merdeka.

Setelah miniatur rumah adat, miniatur lain yang dibangun di sepanjang jalan utama pintu masuk adalah miniatur Gondra salah satu alat music traditional Nias. Alat music traditional ini digunakan pada saat menyambut para tamu-tamu besar seperti kepala daerah mulai dari presiden, Gubernur, Bupati sampai ke camat. Pemukulan Gondra sebagai alat music tradisional Nias pada penyambutan para tamu bertujuan untuk menunjukkan rasa hormat setinggi-tingginya kepada setiap tamu yang datang.

Miniatur alat musik tradisional Gondra ini bisa ditemukan di sepanjang jalan bagian barat lapangan merdeka yang disusun berderet di pinggir jalan. Miniatur ini telah dirombak bentuknya ala kekinian yang bisa di manfaatkan sebagai tempat duduk bagi warga yang datang bersantai ke tempat ini. Bahkan dari segi pewarnaan sekalipun telah di desain persis seperti ikon warna khas kebudayaan Nias yakni Merah, kuning, dan hitam yang merupakan lambang kejayaan dan kesetiaan yang dimiliki oleh masyarakat Nias.

Foto : Brisik.id/Ropi delau

Di sekeliling lapmer Gunungsitoli tersedia beberapa kursi permanent yang diperuntukkan untuk umum bagi mereka yang datang ke sana. Deretan kursi permanent ini dihiasi dengan tanaman hias di sekeliling lapangan untuk membuat suasana semakin adem dinikmati oleh khalayak umum. Jadi hanya dengan datang dan duduk saja pun pengunjung sudah bisa merasakan kehangatan yang ditawarkan oleh lapmer ini bersama dengan unsur-unsur tradisional di dalamnya. Tak heran jika lapmer Gunungsitoli ini menjadi salah satu spot bagi masyarakat kota Gunungsitoli untuk bersantai sejak sore hingga larut malam.

Foto : Brisik.id/Ropi delau

Tak jarang juga lapmer Gunungsitoli seringkali dimanfaatkan sebagai tempat pelaksanaan berbagai event baik event lokal maupun nasional seperti upacara kemerdekaan setiap tanggal 17 agustus-an, pegelaran budaya, pentas seni, pemilihan putra putri pariwisata dan berbagai kegiatan lainnya yang seringkali dilaksanakan di tempat ini.

Selain itu, lokasi di sekitar lapmer sering kali dimanfaatkan sebagai pusat jogging bagi warga sekitar baik di pagi hari apalagi pada sore hari. Tak perlu khawatir lapar karena banyak para penjualan di sekitar lokasi. Selain itu untuk yang ingin menghabiskan waktu dengan menginap dapat menginap di Hotel Wisma soliga yang berada di Jln. Pangeran diponegoro, No.432 , Miga, Gunungsitoli. ini salah satu hotel berbintang yang ada di Gunung sitoli. Tarif per malam mulai dari Rp250.000 sampai Rp2.000.000/malam.

 

Tags : visit nias nias gunungsitoli wisata kota lapangan merdeka

Artikel ini ditulis oleh : Supertramp


Berita Terkait

Food & Travel

Ketika Tugu Durian Nias Jadi Buruan Para Pengunjung

Berwisata ke Tugu Durian di Nias tak lupa sambil mencicipi durian Nias yang tidak ada duanya.

16 Apr 2021

Food & Travel

Tugu Peringatan Gempa Tragedi Maret 2005 di Pulau Nias

Sebagai pengenang dan peringatan bagi masyarakat tentang bencana besar di Pulau Nias.

14 Apr 2021

Food & Travel

Surga Tersembunyi di Pantai La'aya

Pantai tanpa pasir dengan tebing dan pohon kelapa yang sejuk.

14 Apr 2021

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Kopi Oey Jambi, Jadul Sekaligus Modern

Menawarkan suasana tempat yang berbeda dari kedai kopi kebanyakan.

30 Januari 2021

Food & Travel

Sate Sutra, Pembasmi Kelaparan 24 Jam

Sate Padang yang lembut dan terjangkau.

30 Maret 2021

Food & Travel

Segarnya Perpaduan Boba dengan Yakult di Kedai Ye Tang Boba

Kolaborasi boba dan yakult yang menyegarkan

07 April 2021

Food & Travel

Menelusuri Rumah Adat Nias Utara yang Penuh Dengan Filosofi

Rumah adat ini di bangun tanpa paku dan tahan gempa.

01 April 2021

Terbaru

more

Lifestyle

Sitimang, Pusatnya Berburu Bermacam Rupa Keramik

Harganya ditentukan berdasarkan motif dan kualitas, bukan tinggi atau kecilnya barang tersebut.

17 April 2021

Food & Travel

Memandang Keindahan dari Cafe Pasir Angin Puncak

Mata dibuat terpikat oleh hamparan bukit dan pegunungan yang mengelilingi cafe.

17 April 2021

Food & Travel

Kedai TAPI, Kedai Kopi dengan Hidangan Daging Sapi Asap yang Lezat

Dagingnya memiliki tekstur lembut dan juice yang dihasilkan dari proses pengasapan selama 5-8 jam.

17 April 2021

Food & Travel

Berburu Kuliner di Purbalingga Food Center

Banyak berdiri tenda penjual makanan dan minuman yang berbaris rapih mengelilingi area ini.

17 April 2021

Berita Video

more