Suasana Masjid Ampel, di Tengah Pandemic.

News 09 Maret 2021

Foto: Brisik.id/Denny Sudjianto Wijono

Buat kamu warga Jawa Timur pasti sudah tidak asing dengan nama Masjid Ampel. Masjid penuh nilai sejarah ini didirikan oleh Sunan Ampel yang menjadi salah satu anggota dari Wali Songo, penyebar pertama agama Islam di nusantara. Tidak hanya kuat pada nilai sejarahnya saja, Masjid Ampel juga terkenal dengan kesakralannya karena dibalik masjid ini terdapat Makam Sunan Ampel yang cerita semasa hidupnya sangat disegani atas nilai-nilai positif dalam hidupnya.

Oleh karena itu, banyak juga orang datang untuk berziarah. Begitu hebat kesakralannya sampai warga sekitar mengatakan bahwa kehadiran Masjid Ampel tidak hanya berdampak secara spiritual saja tapi juga berdampak pada ekonomi warga sekitar. Lantas bagaimana situasi dan kondisi terkini di lokasi setelah badai pandemik covid?

Foto : Brisik.id/Denny Sudjianto Wijono

Saat mengunjungi tempat ini, ketika sampai di lokasi parkir jumlah motor yang terparkir tidak sedikit. Untuk sampai ke masjid, kita harus melewati lorong yang terkenal dengan padatnya para pedagang yang mayoritas berdarah Arab. Terang cahaya lampu tetap membuat lorong ini terasa hidup. Semua toko buka seperti biasa, baik itu toko pakaian, toko oleh-oleh, maupun toko makanan.

Para penjualnya pun tetap setia duduk di depan toko sambil berteriak dengan tujuan menarik pengunjung untuk mampir dan berbelanja di tokonya. Hal ini juga membuat kaget karena bisa dikatakan kondisi pandemik tidak mematahkan semangat mereka meskipun aku lihat hampir tidak ada pengunjung yang berbelanja.

Ketika sampai di depan Masjid Ampel, suasana ramai justru makin terasa. Meskipun tidak sepadat sebelum pandemik, jumlah orang yang beribadah, berziarah, dan bersantai di teras masjid tetap saja banyak. Hiruk pikuk kegiatan religi masih terasa kental.

Selain Masjid Ampel di sini juga ada makam mbah Sholeh yang berada di sebelah kanan Masjid Ampel. Konon ceritanya Mbah Sholeh adalah juru sapu masjid Ampel yang mendapatkan berkah hingga bisa hidup dan meninggal sebanyak 9 kali hingga beliau memiliki 9 makam. Banyak pengunjung yang duduk di depan makam sambil berdoa dan berziarah.

Di posisi belakang masjid terlihat banyak mobil yang parkir menandakan masih banyaknya masyarakat yang datang ke tempat ini.

Foto : Brisik.id/Denny Sudjianto Wijono

Tak hanya itu ada pula makam Mbah Bolong yang merupakan santri Sunan Ampel yang memiliki karomah tinggi hingga mampu menunjukan arah ka’bah dengan cara membolongi tanah. Cukup terkaget melihat keramaian yang ada disana. Minat masyarakat untuk berziarah seperti tidak ada berkurangnya. Gentong tempat mengambil air suci yang didoakan tidak sepi. Terlihat pula ada rombongan yang sedang melakukan doa dan ritual di depan makam Sunan Ampel.

Tak hanya itu situasi masjid sendiri juga terlihat ramai, bisa di katakan kondisi Masjid Ampel tetap hidup. Semua aktivitas terasa berjalan secara normal. Lokasi ini tetap buka 24 jam. Jumlah pengunjung yang berziarah dan beribadah juga bisa dikategorikan banyak. Pengunjung dalam kategori rombongan masih terus berdatangan.

Apapun kondisi dan situasinya yang penting tetap harus menjalankan protokol kesehatan, ya teman brisik.

 

Tags : jawa timur walisongo surabaya masjid ampel wisata religi

Artikel ini ditulis oleh : Densu


Berita Terkait

Food & Travel

Ochako Sajikan Souffle Pancake yang Fluffy

Berbagai rasa souffle pancake harganya Rp28.000 saja.

10 Apr 2021

Food & Travel

Pura Luhur Giri Arjuno, Sejuk dan Menenangkan

Pemandangan yang indah dan sejuknya udara membuat hati merasa tentram saat beribadah maupun bermeditasi.

09 Apr 2021

Food & Travel

Docafe, Kafe Cantik yang Tersembunyi di Kawasan Surabaya Barat

Tempat nongkrong yang unik dan asyik dengan lokasi yang cukup tersembunyi.

08 Apr 2021

Terbaru

more

News

Kembali Buka! Yuk, Wisata ke Taman dan Hutan Ibu Kota

Berwisata di taman dan hutan kota Jakarta.

11 April 2021

Food & Travel

Jiwa-Jawi Jogja, Destinasi Kuliner dan Budaya

Restoran dengan konsep Jawa baik dari sajiannya maupun desain bangunannya

11 April 2021

Food & Travel

Frogshelter, Punk Coffee Bar Bernuansa Konser Musik

Ngeband sambil ngopi bisa disini.

11 April 2021

Lifestyle

Self Service, Salah Satu Budaya Berjualan di Malang

Konsep self service sangat mudah dijumpai baik dalam berbagai bidang usaha di Kota Malang.

11 April 2021

Food & Travel

Inovasi dan Kreasi Narassi, Bikin Nyaman dan Betah

Destinasi baru sebagai tempat nongkrong dan ngopi saat menyambangi Kota Tasikmalaya.

11 April 2021

Berita Video

more