Curug Tomo, Surga Tersembunyi di Mandalawangi, Pandeglang

Food & Travel 25 Februari 2021

Foto: Brisik.id/shofiatulmarwah

Curug merupakan air terjun alam yang terletak di sebuah lembah maupun lereng pegunungan, kali ini kita akan pergi ke Curug Tomo demi mengisi waktu libur, bersama rekan. Berangkat pukul 07.00 WIB dari pusat kota Serang menuju arah Padarincang. Curug ini terletak di desa Ramea, Mandalawangi kabupaten Pandeglang-Banten. Sebenarnya banyak jalan untuk menuju Curug Tomo, namun di sini kita berangkat dari arah Palima kota Serang menuju arah Padarincang dan mengambil jalan ke Pandeglang lurus terus sampai ke kecamatan Mandalawangi, dari pasar Mandalawangi teman brisik akan menemukan plang penunjuk akses masuk ke Curug Tomo. Lokasi Curug Tomo ini sangat terpencil, selain mengandalkan google maps harus rajin bertanya kepada warga sekitar.

Ada banyak plang penunjuk arah menuju Curug Tomo, semakin ke dalam teman brisik akan semakin dimanjakan dengan pemandangan alam pegunungan dan bukit Pulosari serta beberapa gunung serta deretan persawahan dan perkebunan membuat terperanjat. Sebelumnya, bila teman brisik lelah sebelum sampai ke Curug bisa berhenti sejenak di Warung Nasi dan Sayur Ibu Siti Aisyah. Di sini, dua bungkus nasi lengkap dengan lauk jengkol, oreg tempe dan sayur buncis berikut dengan kerupuk gratis, semua itu di hargai dengan harga Rp30.000 saja.

Untuk dapat menuju Curug tenaga teman brisik harus siap menghadapi jalur yang beraneka ragam seperti jalanan mulus dan terputus putus oleh jalanan yang hancur, di tambah track menuju Curug sangat minim penerangan dan akses jalan yang hancur serta menanjak, berbelok dan menukik. Teman brisik harus extra hati-hati saat melangkah, karena terdapat sebuah tanjakan batuan dan turunan curam dengan jalan penuh lubang dan batu. 

Foto : Brisik.id/shofiatulmarwah

Sesampainya pada jalanan setapak kami dicegat oleh seorang perempuan paruh baya yang merupakan tukang parkir dan ia menyuruh kami untuk memarkirkan motor dengan biaya parkir sebesar Rp5.000. Untuk sampai ke dalam Curug masih diharuskan untuk berjalan kaki dari tempat parkir ini. Sebagai informasi tambahan ternyata terdapat dua buah tempat parkir motor. Pertama adalah tempat parkir tersebut dan kedua berada di depan rumah warga yang ternyata lokasinya lebih dekat ke Curug Tomo.

Teman Brisik akan membayar uang retribusi sebesar Rp10.000 per orang untuk dapat masuk ke Curug Tomo. Jalan menuju Curug merupakan turunan yang melewati perkebunan, layaknya sedang berpetualang ke sebuah gunung teman brisik akan di bawa ngos-ngosan apalagi saat akan menuju arah pulang harus menanjak dengan sabar menuju jalan utama ke area parkir. 

Setelah melewati jalanan yang menurun, sayup-sayup akan terdengar suara gemercik air serta derasnya arus air mengalir di bawah sana. Begitu sampai, teman brisik akan langsung dimanjakan dengan pemandangan alam yang maha indah, bebatuan yang terukir bak lukisan, debit air yang kencang turun deras tak henti-hentinya serta pemandangan eksotis Curug kecil menuju muara. Inilah surga kecil di pedalaman Mandalawangi Pandeglang.
Terdapat tiga Curug kecil di Curug Tomo ini, yang pertama berada di bagian paling atas, lalu di bagian tengah dan ke tiga di bagian paling bawah. Jangan khawatir di sekitar Curug Tomo sudah terdapat fasilitas seperti, musholla, kamar mandi, toilet, dan warung makanan. Bila lapar melanda teman brisik dapat memesan ikan bakar dan membakarnya langsung di lahan kosong dekat air terjun, selain itu musholla yang berbentuk saung akan menambah kenikmatan suasana Shalat di tengah alam membuat keromantisan ibadah seorang hamba dengan Tuhannya.

Tak perlu bertanya mengenai suasana Curug di malam hari, lokasi ini biasa dijadikan tempat untuk nge-camp bagi mereka yang ingin bermalam dan mendirikan tenda di sekitar Curug.

Foto : Brisik.id/shofiatulmarwah

Selain karena lokasi dan akses Curug Tomo yang berada di lereng gunung, tidak ada penginapan terdekat di sekitar Curug. Bila teman brisik ingin menginap, maka teman brisik harus kembali ke kota Serang. Salah satu rekomendasi penginapan adalah penginapan RedDoorz Syariah yang ada di dekat stadion Maulana Yusuf, lokasinya ada di  jalan Trip Jamaksari blok Delima no.28, rt.1/rw.7, Kaligandu, kec. Serang, kota Serang, Banten atau bisa menghubungi (021) 80629666 dan mengunjungi website-nya, untuk kisaran harga penginapan RedDoorz syariah ini lumayan terjangkau yaitu Rp135.000 per malam, cocok untuk para penginap backpacker. Jarak dari kota Serang sendiri menuju Curug Tomo sekitar 40 km atau sekitar 2 jam perjalanan.

Keindahan alam yang tiada hentinya ini dapat dinikmati bersama teman atau keluarga, tentunya akan membuat enggan untuk meninggalkan area Curug ini. Kegiatan berenang di bawah aliran kecil air yang berasal dari sumbernya membuat saya tidak perlu untuk membilas sekujur tubuh yang mulai kedinginan. Kejernihan Curug Tomo yang bersumber dari sumber mata air ini membuat kita terus mengucap rasa syukur atas karunia yang telah Ia berikan, terima kasih Tuhan atas lukisan alam yang begitu indah, rasa lelah terbayarkan sudah saat sampai di sini.

Selamat tinggal Curug Tomo, a hidden paradise in Mandalawangi. Saatnya pulang dan menyisakan secuil kenangan di hati ini tentang Curug Tomo dan debit airnya yang deras. 
 

Tags : wisata alam banten curug airterjun alam liburan travel

Artikel ini ditulis oleh : Shofi


Berita Terkait

Food & Travel

Kedai TAPI, Kedai Kopi dengan Hidangan Daging Sapi Asap yang Lezat

Dagingnya memiliki tekstur lembut dan juice yang dihasilkan dari proses pengasapan selama 5-8 jam.

17 Apr 2021

Food & Travel

Mencari Ketenangan di Waduk Jambe

Menikmati semilir angin dan kedamaian di Waduk Jambe yang sunyi.

16 Apr 2021

Food & Travel

Lava Bantal, Obyek Wisata Geoheritage di Sungai Opak Yogyakarta

Wisata edukatif batuan lava unik berbentuk seperti bantal di Jogja.

16 Apr 2021

Voucher Rekomendasi

BoomBoom Waterpark

Waterpark

Rp 30,000 Rp 50,000

Kereta Api Mini TMII

Playground

Rp 19,000 Rp 25,000

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Tergoda Kelezatan Mangut Kepala Manyung Bu Fat

Salah satu resto legendaris di Semarang sejak tahun 1969.

05 Maret 2021

Food & Travel

Nasi Kuning Ny. Shelvy Jadi Legenda di Bandung

Harus datang pagi kalau tidak mau kehabisan.

09 September 2020

News

Berkat Tinta Tak Kasat Mata, Murid Jurusan Ninja Raih Nilai Tinggi

Ia berhasil menulis menggunakan teknik rahasia ninja.

13 Oktober 2019

Food & Travel

Keindahan Hutan Bakau Bontang Mangrove Park

Pengunjung dapat belajar mengenai keanekaragaman hayati dan ekosistemnya, pelestarian dan pemanfaatan sumber daya alam.

18 Oktober 2020

Food & Travel

Menikmati Sky Park di Wayang Windu Panenjoan

Pemandangan sabana dengan hamparan kebun teh yang siap memanjakan mata.

25 Juni 2020

Terbaru

more

Lifestyle

Sitimang, Pusatnya Berburu Bermacam Rupa Keramik

Harganya ditentukan berdasarkan motif dan kualitas, bukan tinggi atau kecilnya barang tersebut.

17 April 2021

Food & Travel

Memandang Keindahan dari Cafe Pasir Angin Puncak

Mata dibuat terpikat oleh hamparan bukit dan pegunungan yang mengelilingi cafe.

17 April 2021

Food & Travel

Kedai TAPI, Kedai Kopi dengan Hidangan Daging Sapi Asap yang Lezat

Dagingnya memiliki tekstur lembut dan juice yang dihasilkan dari proses pengasapan selama 5-8 jam.

17 April 2021

Food & Travel

Berburu Kuliner di Purbalingga Food Center

Banyak berdiri tenda penjual makanan dan minuman yang berbaris rapih mengelilingi area ini.

17 April 2021

Berita Video

more