Cobain Mesin Ketik Jadul di Museum Teknoform

Food & Travel 24 Februari 2021

Foto: Foto: Brisik.id/Clara Ayu

Perkembangan peradaban manusia erat kaitannya dengan perkembangan bidang teknologi informasi dan komunikasi. Kecanggihan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi yang bisa kita nikmati saat ini adalah evolusi dan hasil penemuan nenek moyang serta para peneliti terdahulu. Seringkali kita hanya bisa menikmati perkembangan model alat-alat tersebut hanya melalui Google ataupun Youtube. Nah, sekarang Sobat Brisik bisa melihat bahkan mencoba langsung alat-alat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tersebut di Museum Teknoform.

Museum Teknoform merupakan salah satu museum di Surabaya milik Universitas Dinamika (Undika) Surabaya yang dahulunya bernama Stikom Surabaya. Museum Teknoform terletak di dalam gedung Undika dan berlokasi di jalan Kedung Baruk no. 98, Surabaya. Di museum ini, Sobat Brisik bisa melihat sebanyak kurang lebih 300 koleksi perkembangan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi dari zaman ke zaman. Museum yang resmi dibuka untuk umum pada tanggal 28 November2017 ini diresmikan langsung oleh Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini.

Foto: Brisik.id/Clara Ayu

Berbasis teknologi informasi dan komunikasi, museum ini memiliki tiga area untuk penempatan koleksi-koleksinya. Ada Tempat Panggung Utama, Meja Interaktif dan photobooth. Di area panggung utama, Sobat Brisik bisa melihat koleksi alat komunikasi pada zaman batu bernama petroglyphs, alat komunikasi tradisional seperti lonceng dan kentongan, serta alat hitung berupa sempoa, napier’sbone, slide rule, pascaline, difference engine dan analytical engine. Selain itu, ada pula koleksi yang unik yaitu mesin ketik.

Museum Teknoform sendiri memiliki beragam jenis mesin ketik seperti mesin ketik kuno, mesin ketik frolio 5, dan mesin ketik braille. Alat media komunikasi lainnya ada pula koleksi seperti radio jadul, televisi tabung, dan juga beragam handphone dari masa ke masa.

Foto: Brisik.id/Clara Ayu

Lanjut ke area kedua, Sobat Brisik akan memasuki area Meja Interaktif. Di area ini para pengunjung bisa langsung mencoba menggunakan beberapa koleksi seperti mesin ketik dan juga telepon putar jadul. Menariknya, kedua alat tersebut masih bisa digunakan dan berfungsi dengan baik. Pengunjung bisa mencoba mengetik langsung menggunakan mesin ketik bewarna hijau tersebut. Bahkan telepon di area Meja Interaktif ini masih bisa memanggil dan menerima panggilan, loh, Sobat Brisik.

Lalu, di area yang ketiga, pengunjung akan melihat koleksi-koleksi buku terkait teknologi dan informasi. Terdapat sekitar 150 koleksi buku yang disusun rapi pada dinding pilar Museum Teknoform. Nah, untuk area terakhir yang tidak boleh ketinggalan adalah area photobooth. Yap, Sobat Tekno jangan sampai melewatkan area ini, karena berswafoto di sini menjadi bukti sudah pernah berkunjung ke Museum Teknoform. Area photobooth sendiri memiliki tiga area yang berbeda yaitu photobooth Google, photobooth Apple dan photobooth frame Facebook serta Instagram.

Nah buat Sobat Brisik yang pengen kesini, tapi bingung mau nginep di mana, kalian nggak perlu khawatir. Lokasi Museum Teknoform ini bersebelahan langsung dengan hotel dan apartement Gunawangsa Merr loh. Di sekitaran daerah ini juga banyak café dan resto seperti Starbuck, Excellso, Pizza Hut, Domino’s Pizza, Burger King dan masih banyak lagi. Karena lokasinya yang strategis ini, Sobat Brisik juga bisa main-main ketempat wisata atau café lainnya yang lokasinya nggak terlalu jauh dari sini.

Tags : teknoform komputer mesinketik perkembangan informasi museumteknologi

Artikel ini ditulis oleh : Clara


Berita Terkait

Food & Travel

Cobain Mesin Ketik Jadul di Museum Teknoform

Asyik, bisa berswafoto di photobooth Google, Apple, Facebook, dan Instagram.

24 Feb 2021

Techno

Pantau Informasi Pintu Air Lewat Online

Menampilkan informasi beragam pintu air yang dilewati oleh sungai atau kali.

24 Feb 2020

Techno

Aplikasi Wajib untuk Memaksimalkan Penggunaan Komputer

Agar komputer bisa digunakan dengan maksimal.

25 Nov 2019

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Manjakan Mata dan Perut di Desa Wisata Rowo Jombor Klaten

Menikmati olahan ikan di rumah makan terapung di atas air.

20 Juni 2020

Food & Travel

KooD Sajikan Olahan Plant Base dengan Harga Warteg

Semua menunya tidak memakai minyak, gula, dan olahan daging.

04 Agustus 2020

Food & Travel

Olahan Ikan Tuna Khas Bali di Warung Lesehan Merta Sari

Ikan tuna segar dengan sambal matah khas Bali merupakan perpaduan yang nikmat.

31 Juli 2020

Food & Travel

CakCuk Surabaya, Kafe Sekaligus Pusat Oleh-oleh

Bisa nongkrong sambil belanja.

11 September 2020

Food & Travel

Makan Ramen Sambil Baca Manga di SO RAMEN

Baca komik Jepang sambil menunggu pesanan datang.

22 Februari 2021

Terbaru

more

Food & Travel

Fluffy Pancake Japan Hadir di Pan&Co

Fluffy pancake otentik dari Japan.

17 April 2021

Food & Travel

Ada Kebun Rahasia di Kopihan

Kebun rahasia yang sangat romantis cocok banget sebagai tempat berdua bersama pasangan.

17 April 2021

Lifestyle

Sitimang, Pusatnya Berburu Bermacam Rupa Keramik

Harganya ditentukan berdasarkan motif dan kualitas, bukan tinggi atau kecilnya barang tersebut.

17 April 2021

Food & Travel

Memandang Keindahan dari Cafe Pasir Angin Puncak

Mata dibuat terpikat oleh hamparan bukit dan pegunungan yang mengelilingi cafe.

17 April 2021

Berita Video

more