Kumbu Kacang Merah, Si Merah Dari Kota Palembang

Lifestyle 28 Februari 2021

Foto: Instagram.com/jajanan_kito_/

Mendengar kata kacang merah pasti yang terlintas di benak kita adalah bahan makanan yang berbentuk seperti kapsul kecil dan berwarna merah. Di Indonesia sendiri bahan ini biasa atau bisa diolah menjadi berbagai macam makanan. Sebut saja ada sup kacang merah, onde-onde kacang merah, bakpao kacang merah, bubur kacang merah dan yang paling lazim atau banyak ditemui di warung-warung yang ada di Indonesia adalah es kacang merah. Nah di Palembang sendiri ada satu makanan atau olahan yang terbuat dari kacang merah dan pada saat ini sudah sangat susah untuk menemui makanan yang satu ini. Nama makanan tersebut adalah kumbu kacang merah.

Foto : Brisik.id/AnggaNugraha

Kumbu kacang merah adalah makanan khas dari kota Palembang yang terbuat dari kacang merah dan memiliki bentuk seperti persegi dan berukuran kecil. Pada zaman dahulu, kumbu sendiri hanya berwarna hijau dan terbuat dari bahan dasar kacang hijau. Namun seiring dengan perkembangan zaman, kumbu sendiri sudah banyak mengalami perubahan dan tidak hanya menggunakan bahan dasar kacang hijau saja.

Untuk membuat kumbu sendiri bahan-bahan yang perlu kita siapkan tidaklah terlalu rumit. Bahan yang perlu kita siapkan antara lain seperti kacang merah, gula pasir halus, santan kelapa, air, tepung ketan, vanili, dan garam. Untuk cara pembuatannya mula-mula rendam kacang merah selama 3 jam lalu kukus atau rebus kacang merah tersebut kemudian dihaluskan. Setelah kacang merah halus, campurkan semua bahan isi dan masak di atas wajan hingga kalis setelah itu angkat dan dinginkan. Setelah dingin barulah dipotong sesuai dengan bentuk. Kumbu kacang merah sendiri sudah sangat jarang ditemukan di Palembang. Hanya sedikit orang yang menjajakan makanan ini dan biasanya ada di waktu pagi hari.

Foto : Brisik.id/AnggaNugraha

Seperti ibu yang satu ini. Ibu ini berjualan di kawasan jalan R.E.Martadinata atau lebih tepatnya di seberang hotel central. Ibu ini menjajakan jajanan kecil yang biasanya disantap orang saat sarapan dan termasuk di dalamnya adalah kumbu kacang merah. Untuk kumbu kacang merah sendiri biasanya dijual dalam satu paket atau wadah dan dibanderol dengan harga sekitar Rp5.000. Dalam satu paket biasanya terdiri dari lima atau enam potong kumbu. Untuk waktu buka sendiri pengunjung tidak perlu khawatir karena ibu ini berjualan mulai pukul 06:00 sampai pukul 10:00 pagi. 

Foto : Brisik.id/AnggaNugraha

Selain kumbu kacang merah terdapat juga jajanan lain seperti martabak telur kecil, burgo, dan bongkol yang tersedia dalam bentuk paket dengan harga sekitar Rp6.000. Untuk kue-kue kecil yang dijajakan antara lain seperti getuk, bakpao pandan, risoles, pempek belah dan lain-lain dan dibanderol dengan harga Rp1.000 per buah. Dengan harga yang demikian, tentunya jajanan ini sangat bersahabat dengan kantong masyarakat umum alias cukup terjangkau. Walaupun berjualan di pinggir jalan, penjual yang satu ini tetap mengikuti protokol kesehatan yang berlaku seperti memakai masker dan menjaga jarak serta beliau selalu menutup makanan jualannya bila sedang tidak ada pembeli yang datang.

Foto : Brisik.id/AnggaNugraha

Jadi bagaimana teman brisik sekalian kira-kira apakah tertarik untuk mengunjungi kota Palembang dan mencicipi jajanan khas kota kami yang satu ini? Ingat jajanan ini sudah sangat jarang ditemui loh di kota Palembang apalagi di kota lain di Indonesia. Dijamin kalian tidak bakal rugi dan sekalian memperkenalkan kuliner khas dari daerah Palembang. Dan bagi yang penasaran apakah makanan ini dimakan begitu saja atau berbarengan dengan makanan tradisional yang lain maka jawabannya adalah dimakan langsung seperti makan kue ya.
 

Tags : kumbu kacang merah kue kacang merah palembang kue khas palembang makanan khas palembang kumbu palembang kue kumbu kacang merah

Artikel ini ditulis oleh : Angga


Berita Terkait

Lifestyle

Kumbu Kacang Merah, Si Merah Dari Kota Palembang

Panganan sehat yang terbuat dari kacang merah.

28 Feb 2021

Food & Travel

Nasi Minyak, Hasil Percampuran Budaya Melayu Palembang dan Timur Tengah

Nasi minyak merupakan adaptasi dari nasi kebuli.

04 Nov 2020

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Kulineran dan Bersepeda di Pasar Pancingan Bilebante

Jalur bersepedanya kurang lebih 2 km melintasi areal persawahan dan jalan setapak.

26 November 2020

Food & Travel

Pesona Air Terjun Kembar Tiu Teja

Dua aliran air terjun pada satu tebing dengan bentuk yang sama persis.

03 November 2020

Food & Travel

Wisata Pulau Manuk, Pemandangan Menakjubkan di Selatan Lebak

Kawasan ini menjadi habitat atau sekadar persinggahan dari banyak macam burung.

15 April 2020

Food & Travel

Songkok Recca, Bukan Sekadar Penutup Kepala

Biasanya songkok digunakan untuk menyambut wisatawan atau dijadikan buah tangan khas Kabupaten Bone.

24 Juli 2020

Food & Travel

Bakso PMI, Jagoan Bakso Rudal di Kota Bogor

PMI kepanjangan dari puas mantap isinya.

26 Februari 2021

Terbaru

more

Food & Travel

Fluffy Pancake Japan Hadir di Pan&Co

Fluffy pancake otentik dari Japan.

17 April 2021

Food & Travel

Ada Kebun Rahasia di Kopihan

Kebun rahasia yang sangat romantis cocok banget sebagai tempat berdua bersama pasangan.

17 April 2021

Lifestyle

Sitimang, Pusatnya Berburu Bermacam Rupa Keramik

Harganya ditentukan berdasarkan motif dan kualitas, bukan tinggi atau kecilnya barang tersebut.

17 April 2021

Food & Travel

Memandang Keindahan dari Cafe Pasir Angin Puncak

Mata dibuat terpikat oleh hamparan bukit dan pegunungan yang mengelilingi cafe.

17 April 2021

Berita Video

more