Asyiknya Mengolah Raga di Kawasan Univeritas Jember

Lifestyle 15 Februari 2021

asri jember universitas jember seru olahraga

Foto: Brisik.id/Sigit Candra Lesmana


Di zaman yang serba cepat dan sibuk seperti sekarang ini, manusia dituntut untuk selalu menjaga agar tubuh tetap sehat dan fit. Untuk menjaga tubuh tetap sehat dan fit, olahraga menjadi sesuatu yang sangat penting untuk dilakukan. Tak perlu olahraga yang terlalu berat, bisa dimulai dengan olahraga ringan seperti jogging, bersepeda atau berjalan kaki. Nah, Bagi teman brisik yang ingin jogging atau bersepeda tapi males dengan suasana jalan raya yang ramai, kawasan Universitas Jember bisa menjadi alternatif yang tepat.

Universitas Jember baru saja masuk dalam jajaran sepuluh besar Universitas terbaik di Indonesia. Kawasan kampus didominasi oleh rindangnya pepohonan. Bahkan saking terjaganya lingkungan di wilayah kampus ini, pernah ditemukan reptil-reptil kecil yang biasanya hanya ditemukan di dalam hutan. Memang kawasan hijau di kampus ini dijaga dengan ketat. Selain dilarang untuk membuang sampah sembarangan, perburuan hewan liar termasuk burung juga dilarang di sini.  

Foto : Brisik.id/Sigit Candra Lesmana

Kawasan yang rindang dengan pepohonan, menjadi tempat yang sangat nyaman untuk melakukan aktivitas olahraga. Setiap sore, banyak warga sekitar yang melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, bersepeda, main badminton, atau sekedar duduk-duduk santai. Di sini juga ada sebuah lapangan sepak bola yang setiap sore selalu ramai para mahasiswa dan masyarakat sekitar bermain sepak bola. Teman brisik yang hobi sepak bola bisa bergabung bersama mereka, langsung bergabung dalam permainan juga tak masalah, pasti diterima dengan senang hati, orang Jember itu ramah-ramah kok.

Untuk trek jogging, bisa dimulai dari lapangan sepak bola, terus ke arah barat mengitari double way lalu kembali ke lapangan sepak bola. Atau jika ingin trek yang lebih dekat, bisa juga jogging mengitari lapangan sepak bola tersebut. Rindangnya pohon menjadikan aktivitas berolahraga menjadi menyenangkan.

Foto : Brisik.id/Sigit Candra Lesmana



Sebelum pandemi, setiap hari minggu diadakan acara kreanova di sekitar lapangan sepakbola. Acara ini berisi pasar kuliner, kegiatan memanah dan juga berkuda. Mirip-miriplah dengan car free day. Di pasar kuliner, teman brisik bisa merasakan berbagai olahan makanan dan minuman. Jadi setelah capek berolahraga, teman brisik bisa mencoba makanan dan minuman yang ditawarkan. Tapi hati-hati, nanti kalori yang sudah capek dibakar malah menumpuk lagi, hehe.

Jika ada teman brisik yang ingin belajar memanah, bisa juga bergabung dengan komunitas memanah yang ada di sini. Teman brisik akan diajari mulai dari dasar, jadi jangan malu untuk mencoba. Untuk berkuda, wahana ini akan menyajikan sensasi berkuda santai. Apabila membawa anak, si anak juga bisa ikut naik ditemani orang tua. Penumpang akan dibawa berjalan santai dipandu sang pawang kuda berkeliling lapangan. Asyik buat refreshing sejenak.

Setiap fakultas di Universitas Jember biasanya memiliki sebuah lapangan basket yang juga bisa difungsikan sebagai lapangan futsal. Teman brisik yang ingin bermain futsal atau basket juga bisa, asal tunggu sampai proses belajar mengajar selesai atau sedang tidak dipakai sama klub fakultas, maklum ini kan masih wilayah kampus.


Foto : Brisik.id/Sigit Candra Lesmana

Universitas Jember sendiri terletak di Jalan Kalimantan, untuk melakukan aktivitas olahraga di kawasan Universitas Jember, disarankan sebaiknya pada sore hari. Selain suasana yang mulai tidak terik, juga menghindari terganggunya aktivitas belajar dan mengajar di Universitas Jember. Kecuali di hari sabtu dan minggu, olahraga bisa juga dilakukan pada pagi hari.

Selain untuk olahraga, kawasan Universitas Jember juga cakep banget untuk dijadikan spot foto yang instagramable. Jadi Bisa juga nih hunting foto di sekitar kawasan Universitas Jember. untuk teman brisik yang ingin berkunjung, Universitas Jember terletakdi Jl. Kalimantan No. 37, Kel. Krajan Timur, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. jika dari arah Surabaya atau Malang, teman brisik bisa naik bis dan turun di terminal Tawang Alun, dari terminal bisa naik angkot jurusan kampus atau naik ojek online. Jika naik kereta, teman brisik turun di stasiun Jember lalu naik ojek online. 
 
Untuk penginapan, sekitar 1,5 kilometer dari Universitas Jember terdapat Ebizz Hotel. Tepatnya di Jl. Kalimantan No. 4, Krajan Timur, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. kisaran harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau, hanya Rp180.000 sampai Rp220.000 per malam.  
 
Artikel ini ditulis oleh Sigit

asri jember universitas jember seru olahraga

Berita Terkait

Berita Video