Menikmati Seporsi Filosofis Alu-alu

Food & Travel 25 Februari 2021

Foto: Brisik.Id/ Putra Husain

Menjelajahi Indonesia berarti menjelajahi kekayaan yang ada. Indonesia kaya akan budaya, suku, bahasa, alam dan kuliner. Menghabiskan waktu liburan untuk mengenal lebih dalam kekayaan tersebut rasanya akan lebih berarti. Kita sebagai warga Negara Indonesia bisa lebih arif dan menghargai keragaman yang ada. Dan yang paling penting adalah selalu ada pelajaran berharga yang kita dapatkan saat menjelajahinya.

Nah teman brisik tentu gemar menjelajahi kekayaan bangsa bukan? Termasuk salah satunya adalah kuliner. Wisata kuliner akan menjadi pilihan yang mengasyikkan jika kita dapat merasakan cita rasa, nama, dan sejarahnya. Itulah mengapa saat kita mencicipi salah satu makanan daerah, perlu kiranya kita tanyakan beberapa hal mengenai makanan tersebut. Agar bukan hanya cita rasanya yang kita ingat, tapi juga proses dari hadirnya makanan tersebut.

Mengenal Alu-alu

Foto : Brisik.id/Putra Husain

Teman brisik, perkenalkan makanan khas Brebes yang satu ini, alu-alu. Makanan yang sudah ada sejak belasan tahun yang lalu masih ada hingga saat ini. Makanan yang satu ini masih banyak yang menjualnya karena menjadi andalan masyarakat Brebes untuk keperluan acara-acara seperti hajatan, selamatan, peringatan hari besar, ulang tahun desa, dan lainnya. Adat seperti ini masih terus dilakukan secara turun temurun. Selain rasanya yang enak, cara membuatnya pun mudah.

Alu-alu merupakan makanan legendaris yang terbuat dari bahan dasar ketan putih. Ketan putih yang telah di selip lalu ditumbuk hingga agak lembut. Setelah itu ketan diberi air pandan dan santan agar adonan berwarna kehijauan dan gurih, lalu di kukus menggunakan daun pisang klutuk dan dicetak memanjang. Setelah matang, alu-alu disajikan di atas daun pisang dengan taburan kelapa parut di atasnya. Aroma wangi pandan akan menyeruak saat disajikan. Cita rasa gurih dari alu-alu membuat siapa saja enggan menolak untuk menikmatinya. Teksturnya yang lembut dan kenyal sehingga bisa dinikmati siapa saja, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

Filosofis Alu-alu

Dan yang lebih menariknya lagi, ada filosofis tersendiri dari alu-alu tersebut. Alu-alu memiliki makna kelembutan. Masyarakat percaya, dengan masih terus mengonsumsi alu-alu kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit ganas. Pada dasarnya, alu-alu memang terbuat dari bahan-bahan alami yaitu ketan, santan, pandan, dan kelapa. Bahan-bahan tersebut masih sangat aman untuk tubuh dibandingkan bahan makanan yang digunakan untuk makanan jaman sekarang seperti junk food. 

Foto : Brisik.id/Putra Husain

Dalam proses pembuatannya pun alu-alu masih sangat sederhana yaitu menggunakan tumbukan yang biasa digunakan untuk menumbuk padi. Proses ini masih dilakukan hingga saat ini karena masyarakat meyakini cita rasa yang dihasilkan dari alu-alu akan terasa lebih gurih dibandingkan dengan menggunakan mesin penggiling. 

Cara membeli

Jika teman brisik berkesempatan mengunjungi Kota Brebes dan ingin mencicipi makanan khas Brebes yang satu ini, Teman brisik bisa mendapatkannya di pasar-pasar tradisional. Atau jika ingin lebih mudah, teman brisik bisa mengunjungi alun-alun Kota Brebes. Disana tersedia banyak penjual alu-alu yang berjejer di sepanjang tepi alun-alun kota.

Biasanya setiap penjual menyediakan juga makanan khas Brebes lainnya yang bisa teman brisik coba. Harga yang di patok tentu sangat terjangkau, hanya dengan Rp3.000, teman brisik sudah bisa menikmati satu porsi alu-alu. Begitu juga dengan makanan khas Brebes yang lain. Nah lokasi alun-alun Kota Brebes terletak di Jl kauman, Kec. Brebes, Kab. Brebes. Teman brisik hanya perlu menggunakan akses angkot berwarna kuning dari stasiun atau berwarna biru dari terminal kota. Selamat mencoba! 
 
 

Tags : panganan traditional jajanan alu-alu kuliner brebes

Artikel ini ditulis oleh : Husain


Berita Terkait

Food & Travel

Gurih Crunchy Chunkee Chick, Jajanan Enak ala Korea

Camilan dari daging ayam dibalut tepung kaya rasa

10 Apr 2021

Food & Travel

Menikmati Jajanan Laklak di atas Daun Pisang

Makanan ini dimasak dengan menggunakan kayu bakar sehingga memberikan cita rasa yang khas pada laklak ini.

08 Apr 2021

Food & Travel

Cimol Bandung, Jajanan Paling Dicari di Alun-Alun Kota Sumedang

Camilan yang wajib di coba di Sumedang!

30 Mar 2021

Terbaru

more

News

Kembali Buka! Yuk, Wisata ke Taman dan Hutan Ibu Kota

Berwisata di taman dan hutan kota Jakarta.

11 April 2021

Food & Travel

Jiwa-Jawi Jogja, Destinasi Kuliner dan Budaya

Restoran dengan konsep Jawa baik dari sajiannya maupun desain bangunannya

11 April 2021

Food & Travel

Frogshelter, Punk Coffee Bar Bernuansa Konser Musik

Ngeband sambil ngopi bisa disini.

11 April 2021

Lifestyle

Self Service, Salah Satu Budaya Berjualan di Malang

Konsep self service sangat mudah dijumpai baik dalam berbagai bidang usaha di Kota Malang.

11 April 2021

Food & Travel

Inovasi dan Kreasi Narassi, Bikin Nyaman dan Betah

Destinasi baru sebagai tempat nongkrong dan ngopi saat menyambangi Kota Tasikmalaya.

11 April 2021

Berita Video

more