Pamulang Fingerboard, Komunitas Papan Seluncur Jari Asal Pamulang

Lifestyle 10 Februari 2021

techdeck papanluncur fingerboard skateboard permainan trend anak muda

Foto: instagram.com/pamulangfingerboard


Apa yang terlintas di pikiran teman Brisik ketika mendengar kata fingerboard? Ya, Fingerboard merupakan permainan mini skateboard yang dimainkan menggunakan jari-jari tangan ini. Beberapa tahun silam fingerboard ini sempat menjadi permainan yang sering dimainkan oleh anak muda di Indonesia bahkan di seluruh negara khususnya para pemain skateboard.

Namun, seperti tren pada umumnya permainan ini sempat tidak terdengar karena mungkin sudah jarang yang bermain permainan jari tersebut. Hal ini membuat Syarif Abdurahman selaku pendiri dari Pamulang Fingerboard ingin memunculkan tren permainan itu kembali khususnya di daerah Pamulang.

Berawal dari keisengannya bermain dan mendokumentasikan permainan fingerboard tersebut lalu mengunggah videonya di sosial media pribadinya. Pada akhirnya terlintas dipikiran untuk membangun sebuah komunitas Pamulang Fingerboard sebagai wadah bagi para pemain dan pecinta papan luncur mini tersebut.

Foto: instagram.com/pamulangfingerboard

Akhir tahun 2019 merupakan awal dari komunitas ini menjadi salah satu komunitas fingerboard yang ada saat ini di Pamulang, Tangerang Selatan. Sampai saat ini komunitas ini memiliki anggota yang mencapai kurang lebih 10 orang yang beranggotakan tidak hanya anak muda bahkan ada anak-anak yang memiliki hobi yang sama dengan mereka. Komunitas ini sangat terbuka bagi siapapun yang ingin bergabung menjadi bagian dari komunitas tersebut.

Tidak hanya bermain fingerboard, mereka juga sering mengadakan acara kumpul bersama, minigames dan mereka pun sering mengundang komunitas lain untuk bergabung mengisi acara dan bermain bersama  seperti Papanjari, Andootsfingerboard, Kampung Fingerboard, dan masih banyak komunitas-komunitas lainnya. Selain bermain di markas sendiri, mereka juga biasanya bermain ke markas komunitas lain sekaligus untuk bersilaturahmi.

Foto: instagram.com/pamulangfingerboard

Biasanya trik apa sih yang digunakan oleh para pemain fingerboard ini? Karena basic dari permainan ini sama seperti skateboard, maka trik yang digunakan pun tidak berbeda dari trik yang dilakukan oleh pemain skateboard pada umumnya seperti ollie, shuv-it, grind, dan masih banyak yang lainnya.

Teman Brisik udah pada tau belum apa itu kickflip, shuv-it dan grind? Kickflip yaitu trik yang digunakan dengan menekan jari telunjuk dan jari tengah di tengah deck lalu sentakan jari telunjuk ke dalam untuk mendorong deck tersebut keatas. Shuv-it yaitu trik yang digunakan sama seperti kickflip tapi pada trik ini jari tengah yang mendorong deck tersebut agar berputar secara 180 derajat. Grind yaitu trik berseluncur bebas diatas halangan seperti rel dan juga ujung obstacle.

Tidak hanya bermain fingerboard, bersama storemover mereka juga menjual berbagai t-shirt dan perlengkapan fingerboard seperti deck, wheels dan obstacle. Barang yang dijual pun tidak terlalu mahal, mereka menjual t-shirt dengan harga Rp.125.000 dan untuk perlengkapan fingerboard dengan harga Rp.110.000 sampai Rp.200.000 tergantung dari apa yang teman Brisik butuhkan.

Sebelumnya teman Brisik udah pada tau apa itu deck, wheels dan obstacle? Deck yaitu papan mini skate yang digunakan untuk bermain fingerboard. Wheels yaitu roda di bawah papan yang digunakan untuk berseluncur. Obstacle yaitu papan rintangan atau halangan yang digunakan untuk melakukan berbagai trik-trik.

Teman Brisik kalo mau mencoba untuk bermain mini skateboard ini dengan mereka bisa langsung datang ke markas mereka yang berlokasi di Pasar Kita Blok K-17 No.10, Pamulang, Tangerang Selatan mereka biasa bermain dari jam 3 sore sampai jam 9 malam. Jadi jangan terlalu pagi sama terlalu malam jika ingin bertemu dan bermain bersama mereka. O iya kalo kalian pengen tau lebih dalam lagi tentang komunitas ini ikuti saja akun instagram mereka di @Pamulangfingerboard.



Artikel ini ditulis oleh Dwi

techdeck papanluncur fingerboard skateboard permainan trend anak muda

Berita Video