Gurihnya Tahu Bletok Bikin Ketagihan

Food & Travel 23 Februari 2021

brebes kulinerbrwbes tahubletok mangadi

Foto: Brisik.id/Putra Husain


Siapa sih yang tidak suka tahu? Hampir setiap orang suka tahu. Makanan legendaris yang merakyat ini memiliki cita rasa yang gurih dengan tekstur yang lembut. Banyak sekali ditemukan olahan tahu yang menawarkan rasa yang enak. Tahu adalah makanan yang mengandung banyak protein karena berbahan baku kacang kedelai. Proses pembuatannya pun cukup unik. Kacang kedelai yang telah dicuci bersih, direndam dalam air lalu dihaluskan. 
 
Setelah dihaluskan, kedelai disaring dan diambil ampasnya. Ampas kedelai ini yang akhirnya dicetak berbentuk kotak , diberi warna, dan bumbu, dan dikukus hingga jadilah tahu. Nah salah satu makanan khas yang ditawarkan Brebes adalah tahu bletok. Kata bletok sendiri adalah kosakata Jawa yang artinya meledak atau meletup. Karena tahu bletok ini sering meledak saat di goreng jadilah kata bletok dijadikan nama untuk kuliner Brebes ini. Tapi jika sudah tau teknik menggorengnya, tahu bletok tidak akan meledak atau meletup saat di goreng.

Foto : Brisik.id/Putra Husain

Tahu bletok adalah salah satu makanan khas Brebes yang berbahan dasar tahu. Tahu yang digunakan adalah tahu yang berwarna kuning. Cara pembuatannya cukup gampang namun harus tau tekniknya. Tahu kuning yang telah di cuci bersih lalu di potong kecil berbentuk segitiga setelah itu lubangi tengahnya agar terdapat ruang untuk di masukan adonan. 

Adonan yang akan di masukan terdiri dari aci, terigu, daun kucai yang di iris kecil-kecil, merica, garam, penyedap rasa dan bawang putih yang sudah dihaluskan di campur dan diaduk rata lalu uleni dengan air hangat. Setelah adonan bertekstur padat tapi lemas, ambil sedikit demi sedikit adonan dan di masukan ke dalam tahu yang sudah diberi ruang hingga adonan melekat sempurna. 

Setelah adonan sudah melekat, tahu didiamkan Selama 10 menit lalu siap di goreng dalam minyak panas. Minyak yang digunakan harus banyak sehingga tahu dan adonan bisa matang dan kering dengan sempurna. Setelah matang, tahu bletok diangkat dan disajikan. Biasanya tahu bletok disajikan dengan saus sambal pedas atau cabai rawit. Cita rasa yang dihasilkan adalah asin dan gurih, ditambah dengan tahu yang lembut dan adonan aci yang renyah membuat lidah kita ketagihan untuk menikmatinya.

Tahu bletok bisa ditemukan di pinggir-pinggir jalan atau tempat ramai lainnya seperti pasar malam, terminal, stasiun bisa dipastikan terdapat orang yang menjual tahu bletok tersebut.

Selain karena masyarakat lokal sering membeli untuk camilan atau hidangan untuk tamu, para pendatang pun pasti menyukai jajanan ini untuk camilan. Meskipun tahu bletok bisa juga kita temui di kota-kota lain yang dekat dengan Brebes seperti Tegal, Pemalang, Batang dan Cirebon, namun cita rasa yang benar-benar khas tentu hanya bisa ditemukan di Kabupaten Brebes langsung. 



Foto : Brisik.id/Putra Husain

Jadi tidak ada salahnya jika saat berkunjung ke Brebes kita menyempatkan diri untuk mencicipi makanan khas Brebes yang gurih ini.

Salah satu penjual tahu bletok adalah mang Adi yang sudah sangat terkenal kenikmatan tahunya. Dalam sehari mang Adi bisa menghabiskan hingga 500 pcs tahu loh. Hanya dalam waktu beberapa jam saja tahu mang Adi laku terjual  Harga yang ditawarkan pun sangat terjangkau. 

Tahu bletok di bandrol dengan harga Rp500 per buah. Harga tersebut sudah termasuk saus dan cabai. Dan biasanya jika kita membeli dalam jumlah yang banyak akan mendapatkan bonus secara cuma-cuma dari penjualnya. Wah menarik bukan? Tahu bletok ini sangat recommended karena selain rasanya yang gurih dan nikmat, harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. biasanya tahu bletok cocok dinikmati sambil minum secangkir teh hangat di pagi hari. bagaimana kebayang nikmatnya? 

Teman brisik yang sudah penasaran dengan enaknya tahu bletok bisa langsung datang ke lapak jualan mang Adi di Jl Raya Dukuh Rantam, Sitanggal, Kec. Larangan, Brebes. 
 
 
 
Artikel ini ditulis oleh Husain

brebes kulinerbrwbes tahubletok mangadi

Berita Terkait

Berita Video