Segarnya Soto Pak Genit di Pinggiran Rel

Food & Travel 23 Februari 2021

rel soto jogja kuliner

Foto: brisik.id/Nilnasari Nur Azizah


Kuliner memang tak akan ada habisnya untuk diperbincangkan dan dinikmati. Salah satu kuliner segudang penggemar adalah soto, makanan berkuah terbuat dari kaldu daging, berisi potongan sayuran, daging, dan nasi.

Bagi penggemar soto dengan kuah bening, ada satu rekomendasi warung soto di Yogyakarta. Namanya Warung Soto Pak Genit. Pengunjung bisa menikmati segarnya soto sambil duduk-duduk santai di pinggiran rel kereta dengan angin semilir di bawah pohon rindang.

Meski keberadaan warung sedikit masuk ke dalam gang, soto ini sudah cukup banyak dikenal banyak orang, terutama di kalangan mahasiswa. Soto Pak Genit buka setiap hari darijam 07.00- 15.00 WIB, berlokasi di Gang Sidomukti, Baciro, Gondokusuman, Yogyakarta.

Foto: Brisik.id/Nilnasari Nur Azizah

Posisi warung yang sangat dekat dengan Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga menjadikan sotonya sebagai pilihan utama para mahasiswa untuk mengisi perut dengan modal ramah kantong. Dari UIN Sunan Kalijaga, mengambil arah ke selatan sekitar 400 meter, kemudian setelah melewati rel belok kiri ke Gang Sidomukti. Sekitar 150 meter akan menjumpai warung soto di kanan jalan.

Soto di warung ini mempunyai karakteristik kuah bening yang menyegarkan, lengkap dengan suwiran daging ayam, kecambah, kol, dan taburan bawang merah goreng. Tak hanya itua, di dalam semangkuk soto dijumpai irisan wortel dan tomat yang memberikan sensasi segar. Selain itu, tersedia bebrapa makanan pelengkap yang bisa disantap bersamaan dengan soto.

Foto: Brisik.id/Nilnasari Nur Azizah



Harganya terbilang bersahabat, cukup merogoh kocek sejumlah Rp8.000, sudah bisa menikmati semangkuk soto segar di warung ini. Sebagai pelengkap, tersedia tempe goreng seharga hanya Rp500 per biji, sate telur puyuh dan usus sekitar Rp3.000, serta segelas es teh/es jeruk senilai Rp3.000.

Untuk menikmati sotoi, disediakan dua tempat duduk, yakni area dalam warung serta lesehan di bawah pohon rindang yang berada di pinggir rel kereta api. Sering kali pengunjung menikmati semangkuk soto dengan iringan kereta api yang melintas. Satu lagi, pengunjung akan disambut bapak penjaga parkir yang sangat ramah, jangan lupa untuk 'aamiin' kan doa yang ia berikan pada setiap pengunjung usai bersantap soto.

Bagaimana, mulut sudah terasa ingin mencicipi segarnya Soto Pak Genit di bawah sepoi-sepoiangin pohon rindang dan ditemani kereta api? Tak ada salahnya mencoba, semoga cita rasa soto cocok di lidah ya.
Artikel ini ditulis oleh Nilnasari Nur Azizah

rel soto jogja kuliner

Berita Terkait

Berita Video