Wisata Edukasi di Yogyakarta, Melepas Ratusan Tukik ke Laut Selatan

News 27 Mei 2021

Foto: https://bobo.grid.id//willa widiana

Kelompok Konservasi Mina Raharja, sebagai lembaga non-provit yang berada di kawasan Pantai Goa Cemara, Gadingsari, Kecamatan Sanden, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta selalu rutin melepas-liarkan ratusan tukik ke lautan. Kegiatan tersebut dikemas Edu wisata di mana kelompok konservasi yang juga merupakan pengelola objek wisata pantai Goa Cemara itu selalu mengajak pengunjung terutama pecinta alam untuk ikut melepas tukik ke lautan.

Tukik Foto : Brisik.id/syarief ahmad

Tukik atau anak penyu merupakan satwa laut yang dilindungi. Saat ini, keberadaan reptil tercangkang itu sudah semakin langka, akibat penangkapan liar dan diperjualbelikan secara ilegal. Karenanya, kegiatan melepaskan tukik ke lautan agar menuju habitat aslinya adalah langkah nyata mencegah dari kepunahan.

Sore itu, proses pelepasan tukik ke laut diikuti oleh ratusan orang. Mereka datang dari berbagai daerah, untuk ikut terlibat dan menyaksikan langsung, ratusan anak penyu itu berjalan di pasir pantai dan akhirnya berenang pertama kali ke laut lepas. Perasaan senang dan bahagia meruak. Semua orang yang hadir terlihat senang dan penuh harap. Semoga tukik di Indonesia tetap lestari.

tukikFoto : Brisik.id/syarief ahmad

Sebelum proses pelepasan, para pengunjung yang ikut melepas-liarkan tukik akan dibekali materi oleh kelompok konservasi Mina Raharja, mengenai keberadaan satwa dilindungi itu di kawasan pantai Goa Cemara, Bantul, Yogyakarta.

Menurut Yatiman, salah satu pegiat Kelompok Konservasi Penyu Mina Raharja, Tukik yang dilepas-liarkan ke laut merupakan hasil penetasan telur penyu yang ditemukan oleh para nelayan saat musim migrasi. Musim migrasi penyu biasanya akan terjadi pada seputar bulan Mei sampai September. Saat pandemi corona ini, telur penyu yang ditemukan jumlahnya lebih banyak di banding tahun sebelum-sebelumnya.

Yatiman tidak mengetahui pasti alasan mengapa telur yang ditemukan tahun ini lebih banyak. Tetapi patut diduga, sepanjang tahun ini objek wisata pantai sempat ditutup karena dampak adanya pandemi covid-19. Tidak ada pengunjung yang masuk ke pantai sehingga suasana pantai lebih tenang. Suasana tenang itu kemungkinan yang disukai oleh penyu untuk mendarat ke tepian pantai dan bertelur.

tukikFoto : Brisik.id/syarief ahmad

Sekedar Informasi, Kelompok Konservasi Penyu Mina Raharja di Pantai Goa Cemara, kata Yatiman, sudah dibentuk sejak tahun 2010. Pembentukan lembaga non-provit ini langsung di bawah naungan Kelompok sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Goa Cemara.

Lebih lanjut, Yatiman menjelaskan, kelompok yang bergerak dibidang penyelamatan satwa langka ini sengaja dibentuk karena prihatin dengan maraknya perburuan liar tukik. Warga setempat sadar bahwa berburu tukik akan menjadikan satwa tersebut punah. Dengan kesadaran itu dan pentingnya menjaga kelestarian lingkungan, kelompok ini bergerak mengumpulkan telur-telur penyu yang kerap ditemukan oleh para nelayan. Khususnya yang ada di sepanjang pantai wilayah Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden.

Aturannya, bagi nelayan yang kebetulan menemukan telur penyu maka tidak boleh dijual, tetapi diberikan ke kelompok konservasi. Sebagai gantinya, akan diberi imbalan sehingga hubungan baik, nelayan dengan kelompok konservasi serta pengelola wisata tetap terjalin baik. Terus bekerja untuk merawat kelestarian tukik sebagai satwa yang dilindungi.

Bagi teman brisik, yang ingin merasakan sensasi melepas-liarkan tukik ke lautan atau belajar tentang satwa bercangkang keras ini, bisa langsung datang ke objek wisata pantai Goa Cemara. Lokasi konservasi berada tidak jauh, sekitar 300 meter sebelah barat objek wisata. Jika berangkat dari pusat kota Yogyakarta, maka harus menempuh perjalanan ke arah Selatan menuju jalan Bantul. Dari jalan Bantul tinggal lurus sepanjang sekitar 30 kilometer menuju jalan Samas.

Dari pantai Samas belok ke kanan dan lurus ke barat. Sekitar 500 meter sebelah kiri jalan ada plang bertuliskan pantai Goa cemara. Retribusi untuk ikut melepas liarkan tukik seharga Rp5.000 per orang. Uang tersebut, akan dikumpulkan dan digunakan kembali oleh kelompok konservasi untuk melakukan kerja pelestarian lingkungan secara berkelanjutan.

Di seputar lokasi objek wisata, sarana dan prasarana sudah lengkap. Mulai dari fasilitas umum, pusat jajanan rakyat, toilet hingga tempat ibadah. Namun untuk hotel belum tersedia, Pengunjung yang datang ke objek wisata pantai goa cemara dan membutuhkan penginapan bisa menginap di home-stay. Homestay yang terkenal dan sering menjadi jujukan banyak orang karena menawarkan nuansa alam pedesaan yaitu homestay Tembi. Dengan harga mulai dari Rp200.000 per malam dan jaraknya sekitar 21 kilometer dan bisa ditempuh menggunakan transportasi roda dua maupun roda empat sekitar 30 menit. 

Tags : brisik.id yogyakarta wisata edukasi edukasi tukik

Artikel ini ditulis oleh :

Ahmad
  

Ranking Level

BadgeNameKeterangan
Bronze 11-14 artikel
Bronze 215-30 artikel
Bronze 331-45 artikel
Bronze 445-60 artikel
Bronze 561-75 artikel
Silver 176-125 artikel
Silver 2126-175 artikel
Silver 3176-225 artikel
Silver 4226-275 artikel
Silver 5276-325 artikel
Gold 1326-400 artikel
Gold 2401-475 artikel
Gold 3476-550 artikel
Gold 4551-625 artikel
Gold 5626-700 artikel
Platinum 1701-800 artikel
Platinum 2801-900 artikel
Platinum 3901-1000 artikel
Platinum 41001-1100 artikel
Platinum 51101-1200 artikel
Diamond 11201-1350 artikel
Diamond 21351-1500 artikel
Diamond 31501-1650 artikel
Diamond 41651-1800 artikel
Diamond 5> 1800

Yogyakarta {[{followers}]} Followers



Berita Terkait

Kuliner

Menikmati Sajian Seafood Segar Langsung dari Nelayan di Pantai Depok Bantul

Berlibur ke pantai dengan berbagai pilihan wisata yang seabrek.

25 Jul 2021

Kuliner

Mari Kumpul di Kemari Coffee & Space

Tidak hanya menyuguhkan varian kopi nikmat, tetapi juga memberikan ruang kerja yang nyaman

25 Jul 2021

Travel

Temukan Kemewahan Bernuansa Eropa di Sofia Boutique Residence

Penginapan dengan dominasi warna hitam dan emas yang memberikan kesan elegan sekaligus mewah.

25 Jul 2021

Kamu Mungkin Tertarik

Kuliner

Kenikmatan Seblak Basah Bandung di Banjarmasin

Kenikmatan seblak terkenal hingga ke luar Jawa Barat.

01 Oktober 2020

Kuliner

Kulineran Di Sate Dan Gule Kambing 29

Cuma di sini makan sate serasa lagi makan di rumah.

23 Februari 2021

News

Penerapan Pajak Bea Masuk Produk yang Harganya Lebih Dari 3 USD

Harga total barang jadi lebih mahal.

30 Januari 2020

Travel

Surga Ekowisata Alam di Taman Nasional Sebangau

Habitat bagi populasi orangutan terbesar di dunia.

11 Maret 2021

Travel

Menjelajahi Alam Tebing Pelangi Tuban

Wisata tebing satu ini bertemakan negeri langit dan bertaburan warna pelangi.

20 Juli 2020

Terbaru

more

Kuliner

Menghangatkan Diri dengan Steamboat di Pal's Coffee and Food Berastagi

Tempat makan ini memiliki konsep alam, natural, dimana meja dan kursi berbahan dasar kayu jati juga dinding-dinding yang terbuka dari bambu pilihan.

25 Juli 2021

Travel

Gardu Pandang Tieng, Alternatif Bukit Sikunir

Menyajikan panorama Kabupaten Wonosobo dari kejauhan.

25 Juli 2021

Lifestyle

Tari Gambyong, Kesenian Dari Rakyat Yang Berkembang di Lingkungan Keraton Surakarta

Tarian ini biasa dilakukan untuk menyambut musim panen padi.

25 Juli 2021

Kuliner

Artisan Burger a'la Three Buns

Dengan konsep tempat tidak seperti burger fast food.

25 Juli 2021

Travel

Dingin Adem Curug Silintang, Pesona Tersembunyi di Purbalingga

Curug setinggi 75 meter ini menawarkan keindahan dan kesejukan alam yang memukau.

25 Juli 2021

Berita Video

more