Foto: Brisik.id/Galih Anom


Ketika berkunjung ke suatu kota, kurang lengkap rasanya jika kita tidak mengunjungi ikon wisata yang menjadi daya tarik kota tersebut. Salah satu ikon Kota Samarinda yang saat ini sedang ramai dikunjungi adalah Citra Niaga. Kawasan yang notabene identik dengan tempat belanja oleh-oleh khas Kalimantan Timur ini berpadu dengan menjamurnya coffee shops dan berbagai industri kreatif kekinian lainnya. Hal ini menjadikan Citra Niaga sebagai destinasi favorit bagi anak-anak muda dan juga wisatawan domestik baik untuk belanja oleh oleh maupun untuk bersua bersama kerabat dan keluarga. 

Foto: Brisik.id/Galih Anom 

Sebagai pusat wisata belanja tradisional, Citra Niaga terkenal menjajakan berbagai macam pernak-pernik dari Kalimantan Timur. Diantaranya, kerajinan yang terbuat dari kayu, batu, dan manik-manik khas Dayak yang dirangkai menjadi gelang, kalung, anting, dan juga sebagai penghias aksesoris di pakaian, tas. dan topi. Untuk rentan harga mulai dari sepuluh ribuan hingga seratus ribuan. 

Foto: Brisik.id/Galih Anom

Kemudian ada juga macam-macam anyaman rotan yang dibuat menjadi tas, dompet, topi, tikar, dan berbagai kerajinan lokal lainnya seperti kain tenun Ulap Doyok khas dari suku Dayak Benuaq, Sarung Samarinda, pakain adat dan baju-baju bermotif Kalimantan Timur dengan rentan harga mulai dari puluhan hingga ratusan ribu. 

Foto: Brisik.id/Galih Anom 

Saat berkeliling di Kawasan ini, perhatian kita tidak hanya disuguhkan dengan keindahan pernak pernik yang di-display di sepajang toko, tetapi juga dengan hadirnya coffee shops kekinian yang membaur dengan toko-toko tradisional berlatar alun-alun Citra Niaga yang bernuansa vintage memberikan suatu keunikan tersendiri yang menjadi daya tarik bagi setiap orang yang berkunjung. 

Foto: Brisik.id/Galih Anom 

Hingga saat ini, sudah ada sekitar 20 kedai yang buka di kawasan Citra Niaga dan sebagian besar adalah coffee shops. Walau begitu, coffee shops kopi di sini memiliki keunikannya masing-masing. Dengan konsep food court, anda bisa bebas membeli makanan minuman dan duduk di spot mana pun yang anda suka sambil menikmati suasana outdoor alu-alun Citra Niaga. Untuk harga varian minuman kopi di sini standar yaitu di kisaran lima belas hingga dua puluh ribu ke atas. 

Foto: Brisik.id/Galih Anom 

Umumnya toko pernak pernik di sini buka dari pagi sampai sore hari. Sementara, coffee shops mulai buka dari sore hingga malam hari, namun ada juga beberapa yang sudah buka sejak pagi.

Ramainya coffe shops di komplek Citra Niaga membuat kawasan ini hampir tidak pernah sepi pengunjung pada malam hari. 

Foto: Brisik.id/Galih Anom 

Ikon wisata Citra Niaga seluas 2,7 hektar yang menjadi kebanggaan warga Samarinda sejak era 80-an ini dahulunya adalah lokasi bekas Taman Hiburan Gelora (THG) yang terbakar. Melalui rancangan seorang arsitek bernama Ir. Antonio Ismael, dibangunlah sebuah komplek pusat perbelanjaan bernama "Citra Niaga" pada 1987.



Berkat buah tangan karya Ir. Antonio Ismael ini, Citra Niaga meraih pengargaan Aga Khan Award for Architecture (AKAA) pada tahun 1989 yang kala itu bersaing dengan kandidat Bandara soekarno Hatta. 

Foto: Brisik.id/Galih Anom

Untuk diketahui, penghargaan Aga Khan Award diberikan untuk karya arsitektural yang berhasil  mewadahi keperluan dan aspirasi masyarakat Muslim melalui rancangan kontemporer, pemukiman, pengembangan dan peningkatan lingkungan, restorasi, konservasi area, termasuk juga arsitektur lansekap dan pengembangan lingkungan (id.wikipedia.org)

Lokasi Citra Niaga terletak di daerah Pelabuhan kota Samarinda tepatnya di Jl. Niaga Timur, kecamatan Samarinda Ilir. Dari Kantor Gubernur Kaltim, anda hanya perlu mengikuti Jl. Gajah Mada ke arah timur sampai bertemu dengan simpang tiga kedua setelah masjid Agung Darussalam. Ambil kiri dari persimpangan masuk Jl. Niaga Timur, dari sini anda bisa masuk melalui Jl. Niaga selatan atau Jl. Niaga Utara dan anda telah tiba di tempat tujuan. 

Artikel ini ditulis oleh Galih

lifestyle wisata kuliner pernak-pernik khas dayak oleh-oleh khas kalimantan timur kota samarinda kalimantan timur citra niaga kedai kopi kekinian wisata belanja tradisional

Berita Terkait

Berita Video