Serunya Wisata Konservasi Bersama Komunitas Ciliwung Depok

Food & Travel 30 Desember 2020

Foto: brisik.id/Maulinia

Masih banyak masyarakat yang belum menyadari fungsi dan manfaat dari sungai. Komunitas Ciliwung Depok (KCD) hadir sebagai relawan yang mengajak masyarakat untuk berkenalan dekat dengan sungai hingga akhirnya bisa mencintai ekosistem sungai. Kemudian, mau untuk merawat dan menjaga Ciliwung termasuk Daerah Aliran Sungai di wilayahnya.

KDC mendirikan Saung Pustaka Air (SPA) di beberapa titik di bantaran Ciliwung Depok. Salah satunya berada di bawah Jembatan Ciliwung GDC, Depok. Serta tujuh lokasi lain di sepanjang sungai Ciliwung yaitu di Kampung Utan, Cilawet, Cikambangan, Ratu Jaya, Kampung Serab, Mampangan dan Balegrang.

Di tempat ini, anak-anak putus sekolah dapat belajar, bermain, berkumpul untuk berkarya. Masyarakat umum juga bisa mendapatkan informasi mengenai hewan-hewan habitat sungai seperti ular dan ikan. Mendapatkan informasi mengenai penghijauan dan bahaya membuang sampah sembarangan ke sungai. Serta bagaimana kehidupan masyarakat di sekitar sungai sebagai sebuah komunitas.


Foto: brisik.id/Maulinia

KCD tidak menyediakan paket wisata umum untuk menjelajah Sungai Ciliwung Depok. Namun, KCD dapat membantu pengunjung yang ingin melakukan penelitian atau ingin mengenal lingkungan hidup Sungai Ciliwung dengan lebih baik lagi.

KDC dapat membawa pengunjung ke dalam sebuah program persuasif mengajak mencintai dan menjaga sungai. Mereka juga akan diajak melintasi Sungai Ciliwung di Kota Depok sejauh kurang lebih 22 kilometer mulai dari Kampung Utan di perbatasan Kabupaten Bogor sampai Pasir Gunung Selatan yang berbatasan dengan Kota Jakarta Timur. Perjalanan tersebut dibagi menjadi 3 trayek dengan lama perjalanan 2-3 jam per trayek tergantung ketinggian air.

Adapun rafting di Sungai Ciliwung Depok tidak berfokus pada kegiatan jeram yang memacu andrenalin. Melainkan menyusuri sungai secara menyenangkan untuk mengenal kehidupan di dalam dan di sekitar sungai itu sendiri. Sehingga masyarakat luas lebih peduli pada lingkungan di sekitar. Para pengunjung juga diajak untuk bersosialisasi dengan masyarakat di tepian sungai lalu melakukan aktifitas perawatan lingkungan.


Foto: brisik.id/Maulinia

Selain rafting, pengunjung bisa melakukan tracking. Menyusur sisi bantaran Sungai Ciliwung dalam perjalanan yang santai menikmati tenangnya alam. Sesekali bermain air di tepian. Dengan diskusi-diskusi ringan mengajak kecintaan pada lingkungan, serta membersihkan bantaran sungai dari sampah dan benda-benda yang mengganggu aliran. Relawan KCD bahkan pernah mengangkat 1,2 ton sampah saat menggelar kegiatan Bebenah Ciliwung.


Foto: brisik.id/Maulinia

Di tempat ini, pengunjung juga bisa beraktivitas membuat prakarya bambu. Dimana bambu adalah vegetasi alami yang tumbuh rimbun di bantaran Ciliwung, menaungi teduh para pengunjung yang datang.

Batu-batu sungai juga dapat menjadi sarana pengembangan kreativitas. Kerajinan tangan Nikoci adalah batu sungai Ciliwung yang dilukis menjadi prakarya indah. KDC mengadakan aktivitas membuat Nikoci bagi anak-anak kecil.

Atau jika tidak ingin melakukan aktivitas yang terlalu berat, pengunjung cukup menikmati segelas kopi dan teh yang disajikan di kedai di Saung Pustaka Air. Menyeruput kehangatan sajian sambil menikmati suara gemercik air bisa menenangkan pikiran. Sejenak melarikan diri dari penat hiruk-pikuk perkotaan.


Foto: brisik.id/Maulinia

Mari merancang perjalanan wisata konservasi bersama Komunitas Ciliwung Depok. Teman Briisk bisa datang langsung ke kolong jembatan Sungai Ciliwung Grand Depok City di Jalan Boulevard Grand Depok City, Pancoran Mas, Depok, atau mendatangi sekretariat KCD di Komplek Wartawan Purimulya, Jalan Sensor no 3-Kalimulya, Depok.

KCD di GDC dapat diakses oleh kendaraan pribadi dan kendaraan umum D05 Depok-Citayam. Untuk pertanyaan dan informasi terkini dapat diajukan ke email: jelajahciliwung@gmail.com.

Salah satu penginapan yang terdekat adalah Fave Hotel Margonda Depok. Hotel bintang tiga dengan interior minimalis nan nyaman. Keamanannya cukup baik dan memiliki akses mudah ke banyak tempat wisata di Depok. Harga sewa per malam mulai dari Rp430.000. Untuk reservasi dapat menghubungi (021) 29301400.

Tags : ciliwung rafting konservasi tracking susursungai sungai

Artikel ini ditulis oleh :

Maulinia
  

Ranking Level

BadgeNameKeterangan
Bronze 11-14 artikel
Bronze 215-30 artikel
Bronze 331-45 artikel
Bronze 445-60 artikel
Bronze 561-75 artikel
Silver 176-125 artikel
Silver 2126-175 artikel
Silver 3176-225 artikel
Silver 4226-275 artikel
Silver 5276-325 artikel
Gold 1326-400 artikel
Gold 2401-475 artikel
Gold 3476-550 artikel
Gold 4551-625 artikel
Gold 5626-700 artikel
Platinum 1701-800 artikel
Platinum 2801-900 artikel
Platinum 3901-1000 artikel
Platinum 41001-1100 artikel
Platinum 51101-1200 artikel
Diamond 11201-1350 artikel
Diamond 21351-1500 artikel
Diamond 31501-1650 artikel
Diamond 41651-1800 artikel
Diamond 5> 1800

Depok {[{followers}]} Followers



Berita Terkait

Food & Travel

Sensasi Pacu Adrenalin di Wisata Air Moncongos

Memanfaatkan Sungai Cisanggarung sebagai wahana rafting dan river tubing, atau yang lebih umum dikenal dengan arung jeram.

17 Mei 2021

Food & Travel

Jernihnya Aliran Sungai di Permandian Alam Uelanti

Aliran sungai yang jernih dengan bebatuan alam adalah daya tarik utamanya destinasi ini.

30 Apr 2021

Food & Travel

Destinasi Alam Murah Meriah di Sumber Maron

Airnya sejuk dan jernih membuat nyaman siapapun yang berenang.

28 Apr 2021

Kamu Mungkin Tertarik

Food & Travel

Wisata Tugu Ikan Jelawat Sebagai Ikon-Nya Kota Sampit

Dilandasi oleh melimpahnya ikan jelawat dan menjadikan ikan tersebut sebagai ikon kota Sampit

01 Februari 2021

Lifestyle

Katanya Ritual, Pria Ini Hobi Lahap Spermanya Sendiri

Ahli seksolog menyebut makan sperma adalah hal normal dan tidak berbahaya.

28 Januari 2020

Food & Travel

Ngopi ‘Seikhlasnya’ di Kedai Coger Bintara

Harga ‘seikhlasnya’ ini hanya berlaku untuk minuman-minuman kopi murni.

20 November 2020

Food & Travel

Pantai Sawarna, Surganya Orang Lebak

Keberadaan batu karang yang fenomenal menambah daya tarik wisata.

13 Mei 2020

Terbaru

more

Food & Travel

Pesona Gili Putih Sumberkima, Pulau Pasir Putih di Bali Barat

Mengunjungi dan mengalami gili indah di Bali Barat.

23 Juni 2021

Food & Travel

Tingkatkan Imun Tubuh dengan Segelas Jus a'la Fruktosa Juice Bar

Menyediakan aneka jus, smoothies, fruit bowl, salad, dan makanan lainnya.

23 Juni 2021

Food & Travel

MoonBe Cafe & Resto, Tempat Santap Unik Di Lampung Tengah

Mencicipi dim sum enak dengan suasana yang nyaman.

23 Juni 2021

Food & Travel

Pesona Sungai Gatep Lawas di Dataran Tinggi Desa Ambengan Bali

Mengunjungi wisata air di sungai lengkap dengan pemandangan indah.

23 Juni 2021

Berita Video

more