Dodol Kentang, Oleh-oleh Asli Jambi

Food & Travel 30 November 2020

kentang camilan enak murah jambi dodol

Foto: brisik.id/Nur Ilmi Widya Ningsih


Dodol, siapa yang tidak tahu dengan penganan satu ini? Biasanya berwarna hitam, terasa manis dan yang paling khas adalah teksturnya yang lengket dan kenyal. Cocok sekali untuk dimakan setelah makan siang sebagai dessert atau makanan penutup dan dimakan sebagai camilan untuk menemani aktivitas kalian.

Dengan semakin berkembangnya inovasi dalam kreasi makanan, dodol menjelma menjadi makanan dengan banyak variasi. Tidak hanya dodol hitam klasik yang biasa dimakan saat ada acara pernikahan atau acara adat lain, tapi bermunculan dodol lain seperti dodol durian, dodol Garut, dodol Betawi, jenang Kudus, dodol kandangan dan sebagainya. Beragam dodol itu bermunculan dari beragam daerah yang ada di Indonesia. Namun mungkin yang paling terkenal adalah dodol Garut.

Salah satu jenis dodol, yang berasal dari Provinsi Jambi, adalah dodol kentang. Dodol ini berbahan dasar dari kentang yang merupakan salah satu umbi-umbian paling melimpah di Kabupaten Kerinci.


Foto:brisik.id/Nur Ilmi Widya Ningsih

Berbeda dengan dodol pada umumnya yang berwarna hitam dan kenyal, dodol kentang memiliki warna yang lebih beragam tergantung perisa yang ditambahkan ke dalam adonan dodol. Mulai dari rasa pandan yang berwarna hijau hingga rasa stroberi yang berwarna merah.

Teksturnya pun sangat berbeda dari dodol pada umumnya. Dodol kentang lebih kaku, tidak kenyal serta tidak lengket. Jadi tidak perlu khawatir dengan noda lengket yang biasa tertinggal setelah kita memakan dodol.



Dodol kentang juga kering dan rasanya manis, namun tidak terlalu manis seperti dodol pada umumnya. Manisnya pas tidak terlalu kuat dan cita rasanya sangat khas. Untuk bisa menikmati satu pak berisi 10 buah dodol kentang, Teman Brisik hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp8.000.


Foto:brisik.id/Nur Ilmi Widya Ningsih

Untuk mendapatkan penganan khas Jambi satu ini, bisa datang ke salah satu pusat oleh-oleh di Jambi yaitu Jakoz. Letaknya ada di Jalan Kol. Amir Hamzah, Sei Kambang, Telanaipura Kota Jambi. Toko ini buka setiap hari pukul 09.00 - 18.00 WIB.

Selain dodol kentang, beragam jenis makanan ringan juga tersedia disini. Mulai dari lempok duren, dodol nanas, keripik ubi, sepang, keripik pisang, rengginang dan lain-lain. Selain makanan, tersedia juga produk minuman asli Jambi seperti teh rosella, teh hitam kayu aro hingga kopi AAA.

Selain makanan, tersedia juga produk tekstil seperti batik Jambi, kaos, hingga suvenir lain yang cocok untuk dijadikan oleh-oleh.
Artikel ini ditulis oleh Nur Ilmi Widya Ningsih

kentang camilan enak murah jambi dodol

Berita Terkait

Berita Video