Pahami Aturan Baru Nonton di Bioskop

News 18 Oktober 2020

aturan psbb covid-19 bioskop

Foto: nme.com


Pemprov DKI Jakarta sudah mengizinkan bioskop untuk beroperasi kembali saat masa PSBB transisi. Tapi ada catatan penting yang harus Teman Brisik perhatikan kalau mau menonton bioskop.

Untuk menghindari kerumunan, ada aturan pembatasan jumlah penonton maksimal 25% dari kapasitas satu studio.

Untuk penegakan protokol kesehatan, salah satunya adalah penerapan social distancing, dimana penonton duduknya tidak boleh berdekat-dekatan. Ada pembatasan jarak sejauh 1,5 meter antar penonton, sekalipun Teman Brisik menontonnya bersama pasangan.

Masih berkaitan dengan tempat duduk, penonton juga tidak boleh berpindah-pindah tempat duduk meskipun banyak bangku yang kosong.

Kemudian soal makanan dan minuman. Pengelola harus melakukan sterilisasi alat makan dan minumnya, dan dilarang menyediakan makanan dalam bentuk prasmanan.

Selain itu seluruh petugas yang ada di bioskop harus menegakkan protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, face shield dan sarung tangan.

Kemudian ada berapa poin lainnya yang juga harus diperhatikan baik oleh penonton dan pengelola.



Yang pertama adalah antrean keluar masuk harus dijaga ketat. Jaga jarak 1,5 meter juga akan diterapkan. Misalnya saat film selesai, penonton tidak bisa langsung keluar begitu saja beramai-ramai.

Kemudian disarankan juga penonton yang menikmati film di bioskop usianya adalah usia 12 - 60 tahun dan harus dalam kondisi sehat. Ada petugas yang akan memeriksa suhu tubuh.

cek suhu
Foto:Gao Bingnan/xinhuanet.com

Penonton juga wajib menggunakan masker mulai sejak masuk gedung, saat pemutaran film, hingga keluar dari bioskop.

Untuk pembelian tiket, pihak bioskop tidak lagi melayani pembelian langsung, semuanya dialihkan ke pembelian secara online untuk menghindari kontak fisik. Selain itu pembelian secara online juga mempermudah pengecekan data dalam proses pelacakan kalau memang ditemukan adanya kasus positif Covid-19 di bioskop.

tiket
Foto:appstofollow.com

Setiap aturan pasti ada sanksinya jika dilanggar. Berdasarkan Peraturan Gubernur DKI Jakarta nomor 101 tahun 2020 pasal 8 ayat 1, disebutkan bahwa pengelola usaha bisa dikenai sanksi administratif berupa penutupan sementara paling lama 3x24 jam.

Jika kembali melanggar, pengelola bioskop dapat dikenai denda administratif sebesar Rp50 juta dan bersifat progresif. Artinya jika pelanggaran kembali berulang, dendanya akan meningkat 100 persen. (red)

aturan psbb covid-19 bioskop

Berita Terkait

Berita Video