Gado-Gado Pak Tomo Khas Madiun yang Maknyus

Food & Travel 02 November 2020

madiun gado-gado paktomo kuliner hiburan travel makan kenyang

Foto: instagram/@le.eatiquette


Gado-gado merupakan makanan khas Indonesia yang terdiri dari berbagai sayuran yang direbus dan dicampur menjadi satu. Di dalamnya terdapat juga potongan lontong, kentang, dan telur rebus yang kemudian dilumuri dengan saus kacang halus yang khas.

Hampir setiap kota yang ada di Indonesia menjual makanan bernama gado-gado ini, salah satunya adalah Kota Madiun. Kota yang terletak di Jawa Timur ini memiliki berbagai kuliner, industri, dan kebudayaan sehingga memiliki banyak julukan mulai dari Kota Pecel, Kota Pesilat, dan terkenal juga sebagai kota pencipta kereta api.

Bila Teman Brisik adalah penggemar berat gado-gado maka wajib mencicipi gado-gado Pak Tomo Madiun. Pak Tomo sudah merintis bisnis kulinernya ini sejak tahun 1980-an dengan mendorong gerobak keliling kota. Dengan kerja kerasnya yang tak pantang menyerah, nama gado-gado Pak Tomo pun terus berkembang dan menjadi rumah makan.

Jika ingin berkunjung ke gado-gado Pak Tomo, datang saja ke Jl. Biliton No.20, Madiun Lor, Kec. Manguharjo, Kota Madiun, Jawa Timur. Letaknya tak jauh dari pusat kota.

gado gado pak tomo

Foto: instagram/@le.eatiquette

Untuk mencapai tempat makan ini, tentu saja harus menuju Kota Madiun terlebih dahulu. Kemudian arahkan kendaraan ke Stasiun Madiun yang berada di Jalan Kompol Sunaryo. Setelah berada di Jalan Kompol Sunaryo, lanjutkan perjalanan sejauh 200 meter sampai menemukan sebuah bundaran. Setelah bundaran, berbelok ke kanan di Jalan Biliton sejauh 200 meter hingga menemukan rumah makan Pak Tomo yang berada di kanan jalan.

Setelah sampai, pengunjung akan melihat bangunan berwarna oranye yang di depannya terdapat banner bertuliskan "GADO-GADO DAN TAHU CAMPUR PAK TOMO". Begitu memasuki rumah makan, akan menemukan kursi plastik dan meja panjang yang sederhana untuk tempat makan.

Menu utama rumah makan ini tentu saja sama seperti tulisan yang berada di banner, yakni gado-gado dan tahu campur. Namun, yang paling diincar oleh para pemburu kuliner ialah gado-gadonya yang legend. Mempunyai ciri khas tersendiri dalam racikan saus kacangnya yang manis, gurih, sedikit asin, kental, agak cerah, dan tentu saja sangat lembut.



Ketika dihidangkan, pembeli akan melihat seporsi gado-gado yang disajikan menggunakan piring dengan isian berbagai sayuran mulai dari selada, kubis, wortel, kacang panjang, kentang, mentimun, dan taoge.

Selain itu juga ada potongan lontong untuk pengganti nasi, potongan telur, dan kerupuk udang atau kripik emping. Tak lupa, saus kacang yang spesial sehingga menambah maknyusnya gado-gado tersebut.

tahu campur pak tomo

Foto: instagram/@jossy_franky

Setelah disajikan, jangan terlalu lama memandang gado-gadonya dan segera nikmati saja. Pada santapan pertama, langsung terasa lembutnya lontong dan manisnya saus kacang. Bila dirasa masih kurang pedas, tinggal tambahkan saja sambal. Ketika santapan kedua masuk ke mulut, perpaduan antara sayuran, saus kacang, dan lembutnya lontong tak terbantahkan lagi kelezatannya.

Harga yang dipatok untuk seporsi gado-gado Pak Tomo ialah Rp25.000. Meski terbilang agak mahal, tapi jangan khawatir porsinya dikategorikan porsi jumbo. Rasanya pun akan membuat ketagihan dan ingin datang kembali untuk menyantap gado-gado ini.

Selain gado-gadonya yang diburu, terdapat menu lain yang tak kalah enak yaitu tahu campur yang maknyuss. Harga seporsi tahu campurnya dipatok Rp22.000 dan dijamin langsung kenyang.

Untuk penghilang haus dan teman melahap gado-gado serta tahu campur, tersedia berbagai minuman mulai dari soda gembira, es campur, es teh, es jeruk, es dawet, alpukat, dan es degan. Harga yang dipatok untuk minumannya berkisar Rp4.000 hingga Rp13.000.

Artikel ini ditulis oleh Althof Misbahuddin

madiun gado-gado paktomo kuliner hiburan travel makan kenyang

Berita Terkait

Voucher Rekomendasi

Berita Video