Keindahan Tersembunyi di Pulau Terluar Sulawesi Barat

Food & Travel 05 Oktober 2020

Sulawesi Barat Mamuju Bala-Balakang Travel Pulau Popongan Wisata

Foto: brisik.id/Zulkifli Darwis


Pulau Popongan, salah satu dari 16 gugusan pulau di Kecamatan Bala-Balakang, Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat. Terletak sekitar 96 mil dari ibu kota Mamuju, Pulau Popongan berada di tengah-tengah Selat Makassar yang memisahkan Pulau Sulawesi dan Kalimantan. Untuk mencapainya membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 10 jam menggunakan kapal perintis atau tol laut.

Pulau ini sungguh dianugerahi pesona alam luar bisa. Pasir putih yang lembut terhampar di sepanjang pantai. Lautnya pun begitu bersih sehingga cocok dipilih untuk snorkeling atau diving. Selain keindahan alamnya, kepulauan terluar Sulawesi Barat ini juga kaya akan hasil laut berkualitas ekspor, seperti lobster, teripang, sunu, dan ikan tuna.

Foto : brisik.id/Zulkifli Darwis

Siapa saja yang berkunjung akan merasakan kesan yang begitu seru dan menyenangkan. Perjalanan ke Pulau Popongan pun tak akan pernah terlupakan. Banyak keseruan yang membuat liburan jadi tak biasa.

Setiap pagi dan sore hari, wisatawan dengan mudah bertemu kawanan penyu di sekitaran pantai. Selain itu, jika hobi mancing, maka di sinilah tempatnya. Tidak perlu jauh-jauh ke tengah laut untuk mendapatkan ikan besar, cukup di dermaga saja bisa menangkap ikan cukup besar.

Di Pulau Popongan tidak ada fasilitas hotel atau penginapan, yang ada hanya rumah masyarakat setempat yang bisa dijadikan homestay. Namun, jika ingin liburan bertambah seru, sebaiknya tak lupa untuk membawa tenda camping. Banyak tempat untuk memasang tenda camping di bibir pantai.

Foto : brisik.id/Zulkifli Darwis

Pulau Popongan memiliki fasilitas yang terbilang cukup lengkap dibandingkan dengan pulau lainnya di Kepulauan Bala-Balakang. Toilet umum dan musala sudah tersedia. Fasilitas untuk olahraga pun komplet, seperti lapangan bola, lapangan voli, badminton, tenis meja, serta billiard.

Di sini juga sudah ada warung makan. Namun, karena daerahnya sulit diakses maka harga makanannya tentu berbeda dengan yang ada di kota.

Hanya saja di Pulau Popongan sangat sulit mendapatkan air tawar. Kalaupun ada hanya digunakan untuk kebutuhan pokok seperti menanak nasi dan minum.



Hal ini dikarenakan letak geografisnya yang berada di tengah-tengah Selat Makassar. Untuk mendapatkan air tawar, masyarakat mengandalkan air tadah hujan. Masyarakat setempat juga menggunakan genset untuk penerangan mulai dari pukul 6 sore hingga 11 malam waktu setempat.

Foto : brisik.id/ Zulkifli Darwis

Untuk jaringan telekomunikasi di Pulau Popongan masih sangat terbatas. Hanya jaringan internet satelit broadband yang harganya cukup merogoh kocek. Harga voucher terendah yaitu Rp20.000,00 untuk 20 MB dan tertinggi Rp300.000 untuk 3 GB.

Pulau kecil yang berpenduduk sekitar 200 jiwa ini memiliki bangunan perkampungan yang sangat teratur. Masyarakatnya pun sangat ramah terhadap pendatang. Anak-anak kecilnya sangat seru jika diajak bermain dan tidak merasa kaku.

Foto : brisik.id/Zulkifli Darwis

Untuk menuju Pulau Popongan, wisatawan yang berasal dari luar Sulawesi Barat dapat memulai perjalanan dari Kota Mamuju. Perjalanan ditempuh sekitar 10-11 jam lebih dengan kapal perintis atau tol laut di Pelabuhan Mamuju yang berada di Jalan Yos Sudarso, Mamuju.

Hanya saja harus menyiapkan waktu lebih banyak karena rute tol laut melintasi Pulau Ambo ke Pulau Popongan. Selanjutnya ke Pulau Salissingan terus ke Balikpapan. Setelah itu, kembali ke Pulau Salissingan - Pulau Popoongan - Pulau Ambo - Mamuju.

Foto : brisik.id/Zulkifli Darwis

Perjalanan tersebut bisa berlangsung selama tiga hingga empat hari dari keberangkatan awal. Jadwal keberangkatannya pun kadang tak menentu. Namun, untuk tarifnya terbilang cukup murah yaitu sekitar Rp40.000 per orang.

Meski terbilang cukup lama di atas kapal tapi akan ada menikmati sedikit hiburan yang dapat menghilangkan penat. Wisatawan dapat menyaksikan lumba-lumba beserta kawanannya bermain di laut lepas.

Artikel ini ditulis oleh 06agustus93

Sulawesi Barat Mamuju Bala-Balakang Travel Pulau Popongan Wisata

Voucher Rekomendasi

Berita Video