Saloka Theme Park, Ceria Tiada Habisnya

Food & Travel 14 Oktober 2020

hiburan salatiga tuntang wisata unik seru saloka

Foto: instagram/@salokapark


Saloka Theme Park merupakan salah satu tempat wisata yang masih hangat lantaran menjadi wisata baru dan terbesar di Jawa Tengah. Lokasinya sangat strategis, di pinggir jalan utama sehingga mudah dicapai.

Saloka Theme Park memiliki alamat di Jl. Fatmawati No. 154, Lopait, Tuntang, Semarang. Obyek wisata ini sudah terdaftar dalam destinasi wisata Pesona Indonesia. Cukup unik karena mengusung konsep kearifan lokal berdasarkan legenda rakyat Baru Klinting.

Nama Saloka terinspirasi dari seorang tokoh legenda rakyat Rawa Pening bernama Ki Hajar Salokantara. Ia memiliki anak bernama Baru Klinting. 

Luas Saloka Theme Park sekitar 12 Hektar dilengkapi dengan kurang lebih 25 wahana. Peresmiannya bahkan dilakukan oleh Menteri Pariwisata yakni Dr. Ir. Arief Yahya, M. Sc. dan Gubernur Jawa Tengah yakni H. Ganjar Pranowo, S.H., M.IP. pada 22 Juni 2019 lalu. 

Berbagai wahana seru disajikan tanpa ada batasan umur. Untuk pengunjung yang menyukai tantangan bisa mencoba Zona Araya dan Segara Prada. Di sini banyak sekali wahana memacu adrenalin, seperti menyusuri Gonjang-Ganjing, yakni sungai berarus deras. Selain itu, ada wahana ekstrim lainnya bernama Bengak-Bengok. 

Selain Zona Araya dan Segara Prada, ada juga Zona Kamayayi bagi anak-anak. Banyak sekali wahana seru, seperti Semprat-Semprot, Kupu-Kupu, Polah Bocah, Teka-Teko, Pinguin, Tata-Titi dan Komidi Kuda Laut. Wahana di Zona Kamayayi dijamin aman serta menyenangkan anak-anak. Namun, para orang tua tetap harus melakukan pengawasan.

Foto: instagram/@salokapark

Ada lagi zona menyenangkan lainnya, seperti Zona Pesisir dan Balalantara yang cocok untuk dinikmati bersama keluarga, teman atau mungkin pasangan. Tersedia wahana seperti Cakrawala, dimana pengunjung bisa melihat pemandangan pegunungan dan Rawa Pening dari atas gondola. Atau mencoba Kumbang Layang dan mengelilingi Zona Belalantara di atas sebuah rel yang tinggi. Jangan lewatkan juga untuk mencoba menyusuri sungai di Jamur Apung. 

Yang paling menarik dari tempat wisata ini adalah adanya pertunjukan laser canggih dan spesial efek yang dipadukan dengan water fountain sehingga terlihat yang sangat keren dan fantastis. Pertunjukkan unik ini diadakan setiap Sabtu dan Minggu saja pada jam 19.00 hingga jam 20.00 WIB.

Jangan khawatir, fasilitas di Saloka Theme Park ini terbilang cukup lengkap. Pengelola menyediakan loker untuk penitipan barang agar pengunjung tak perlu kerepotan menentengnya. Ada juga peminjaman kursi roda serta penyewaan Skuter dan Pit (Sepeda) Listrik bagi yang ingin menghemat tenaga. 

Karena Saloka Theme Park terletak di 3 KM dari exit Tol Bawen, maka untuk mengunjunginya bisa naik bus Solo-Semarang (jika dari area Semarang dan sekitarnya), lalu minta turun tepat di depan Saloka Theme Park.



Begitu juga sebaliknya, jika datang dari Solo dan sekitarnya, bisa naik bus Semarang - Solo dan turun tepat di depan Saloka Theme Park. Atau menggunakan kendaraan pribadi dengan menysuri tol dan keluar di gerbang tol Bawen. Selanjutnya mengarah ke Salatiga. Sekitar 5-8 menit sudah bisa melihat Saloka Theme Park di sisi kanan jalan.

Harga tiketnya dikenakan biaya Rp120.000 saat weekdays, dan Rp150.000 untuk weekend serta hari libur. Satu tiket tersebut bisa untuk menikmati semua tanpa ada tambahan biaya lain.

Untuk anak-anak berusia 2 tahun ke atas diwajibkan membeli tiket sendir. Bahkan Saloka Theme Park menyediakan diskon 50% bagi pengunjung berusia 60 tahun ke atas dengan menunjukkan KTP saat melakukan pembelian tiket.

Sedangkan untuk biaya parkir, dibagi menjadi beberapa kategori. Parkir motor yaitu Rp5.000, parkir mobil Rp15.000, dan untuk parkir VIP Rp25.000. Jam operasionalnya mulai 10.00-18.00 untuk weekdays, dan 10.00-20.00 untuk weekend.

Foto: instagram/@salokapark

Sementara itu, di dekat Saloka Theme Park banyak tersedia penginapan nyaman, aman, dan harganya hemat. Salah satunya adalah Hotel Bergas Indah yang beralamat di Jalan Lemah Abang KM 03, Bergas Kidul, Bandungan, Semarang, Jawa Tengah. 

Jarak Hotel Bergas Indah ke Saloka Theme Park sekitar 13 Km atau sekitar 21 menit berkendara. Tarifnya mulai dari 96ribu, dengan fasilitas ranjang yang nyaman, kamar mandi bersih, area parkir aman dan luas, layanan kamar 24 jam, AC hingga Wi-Fi. Untuk informasi lengkapnya, bisa langsung menghubungi (0298) 526272. 

Saloka Theme Park tak hanya menawarkan sensasi seru-seruan, di sana pengunjung bisa bermain sambil belajar. Yang membedakan antara Saloka dengan tempat wisata lain adalah, selain wahananya yang seru, pengunjung bisa menikmati keindahan alam di sekitar berupa gunung-gunung menjulang tinggi mengitari Saloka Theme Park.

Tertarik untuk mengunjungi Saloka Theme Park? Saloka, Ceria Tiada Habisnya! 

Artikel ini ditulis oleh Mahdaniar Pj

hiburan salatiga tuntang wisata unik seru saloka

Berita Terkait

Berita Video