Istirahat Sambil Rekreasi di Rest Area Banjar Atas

Food & Travel 31 Agustus 2020

#Rekreasi #Keren #Atas #Banjar #Wisata

Foto: brisik.id/Teguh Iman Perdana


Berbicara tentang kota kecil nan indah ini memang tidak akan ada habisnya. Berada di pintu gerbang utama jalur lalu lintas selatan Jawa Barat, membuat kota ini banyak dilewati bahkan disambangi oleh banyak kalangan.

Dengan kondisi tersebut, tentu begitu memberikan peluang besar khususnya dalam bidang wisata hingga kuliner. Salah satu pemanfaatannya yang paling terlihat adalah dengan adanya rest area Banjar Atas atau lumrah disebut BA.
 

Sumber foto: brisik.id/Teguh Iman Perdana

Rest area ini berada di Jalan Brigjen M Isa, tepatnya di Kelurahan Karangpanimbal, Kecamatan Purwaharja. Rest area yang terbentang dari lampu merah Purwaharja hingga belokan mendekati Situ Mustika ini ditumbuhi oleh beragam pohon yang besar sehingga menghasilkan hawa yang sejuk dan pemandangan yang asri.

Meskipun berlabel rest area, nyatanya tempat ini tidak hanya ramai ketika arus mudik saja, tetapi juga ramai di hari-hari biasa. Pada umumnya, pengunjung yang mampir ke Banjar Atas didominasi oleh muda-mudi. Tidak hanya dijadikan tempat untuk bermadu kasih, tetapi juga dijadikan tempat diskusi mengenai persoalan terkini hingga dijadikan tempat untuk rapat oleh beragam organisasi.

Untuk soal kudapan, Banjar Atas tidak akan kehabisan sajian. Dari warung awal di dekat markas kepolisian, sajian dari ragam daerah telah tersedia. Misalnya soto sokaraja, kudapan khas Jawa Tengah khususnya daerah Sokaraja, Banyumas ini bisa Teman Brisik temui di rest area kebanggaan warga Banjar ini.

Harga yang dipatok pun terbilang murah yakni mulai dari Rp10.000 hingga Rp20.000. Atau jika Teman Brisik adalah mahasiswa salah satu kampus di Yogyakarta dan rindu akan tanah idaman ini, Teman Brisik bisa mencoba jajan di angkringan "khas Yogyakarta". Dijamin, harga yang murah meriah akan tetap akan dapati di angkringan ini seperti layaknya di Yogyakarta.


Sumber gambar: brisik.id/Teguh Iman Perdana

Bergeser dari ragam kuliner yang dijajakan, rest area ini juga sangat cocok untuk dijadikan tempat berswafoto ataupun tempat untuk melihat Kota Banjar dari atas yaitu dari bukit yang berada di belakangnya; Bukit Pemancar. Tidak usah khawatir soal jalan, karena untuk menuju ke Banjar Atas ataupun ke Bukit Pemancar yang terletak di belakang Banjar Atas telah diaspal mulus.



Bagi Teman Brisik yang akan berkunjung ke tempat ini, kiranya dapat menggunakan beberapa moda transportasi mulai dari kendaraan pribadi, angkot, hingga ojek pangkalan. Rute untuk mencapainya jika menggunakan transportasi umum berupa bus adalah dari terminal, Teman Brisik hanya perlu menaiki angkot berwarna putih satu kali dengan tarif sekitar Rp5000 atau bisa menggunakan ojek pangkalan dengan tarif sekitar Rp10.000.

Namun jika dari Ciamis, Tasikmalaya, Garut, hingga Bandung dan kebetulan menggunakan kendaraan pribadi, hanya tinggal mengikuti Jalan Nasional dan Banjar Atas akan terlihat di kiri jalan sebelum SPBU Purwaharja. Begitu pula dari arah Purworejo, Cilacap, Brebes, atau Tegal dan kebetulan berniat menyambangi Banjar Atas, Teman Brisik pun hanya perlu mengikuti rute Jalan Nasional arah Bandung. Tepat setelah SPBU Purwaharja, Banjar Atas akan terlihat di kanan jalan Teman Brisik.

Berada di pusat kota membuat Banjar Atas begitu dekat dengan banyak penginapan. Sebut saja Hotel Alam Segar. Hotel ini hanya berjarak sekitar 1 Km dari Banjar Atas. Tarif yang dipatok per malam juga tidak akan merogoh kantong Teman Brisik dalam-dalam, hanya berkisar dari Rp200.000 - 250.000.

Satu yang paling menarik, di Banjar Atas juga sering dijadikan tempat kongkow anak motor dan ragam club mobil. Sehingga, bagi Teman Brisik yang memiliki ketertarikan akan keduanya akan sangat cocok jika berkunjung ke tempat ini.
Artikel ini ditulis oleh Teguh Iman Perdana

#Rekreasi #Keren #Atas #Banjar #Wisata

Berita Terkait

Berita Video