Jamur Enoki dan Kandungan Bakteri Listeria

News 30 Juni 2020

bakteri enoki jamur

Foto: onegreenplanet.org


Sejak Kementerian Pertanian menarik dan memusnahkan jamur enoki produksi dari Korea Selatan, bahan makanan khas negara-negara Asia Timur ini jadi perbincangan. Dugaan kandungan bakteri listeria monocytogenes dalam enoki menimbulkan beragam reaksi dari masyarakat.

Antisipasi juga dilakukan penyedia makanan berbahan enoki, misalnya pedagang di pasar dan restoran Jepang. Ada restoran yang berhenti menyediakan jamur enoki dalam menu makanannya. Pedagang sayur di Jakarta mengatakan Jika pemerintah akan mencekal penjualan enoki maka mau tidak mau harus membuang jamur yang per bungkusnya dihargai Rp10.000.

enoki
Sumber foto:plantd.co

Kementerian Pertanian mencatat bahwa bakteri listeria hidup dan tersebar di tanah, tanaman, dan air. Kementan menegaskan bahwa bakteri tersebut dapat mati dalam proses pemanasan hingga suhu di atas 75 derajat Celcius.

Sementara itu WHO menyebut jika terkonsumsi, infeksi bakteri patogen ini dapat menyebabkan diare, muntah, mual, kejang otot, bahkan gangguan sistem saraf pusat atau meningitis.

Kementerian Pertanian sendiri melalui Badan Ketahanan Pangan meminta importir jamur seluruh Indonesia segera mencegah masuknya produk enoki dari Korea, menarik produk serta melakukan pemusnahan.

enoki
Sumber foto:res.heraldm.com

Kementan juga pastikan bakteri listeria dapat menular antar makanan yang mengakibatkan penyakit dan kematian. Masyarakat diminta tetap tenang serta gencar melakukan pencegahan dini.

Beberapa jenis makanan yang juga rentan terpapar bakteri listeria antara lain susu mentah, keju lunak, daging olahan, ikan asap, kecambah mentah, dan melon.

Untuk menghindari risiko terinfeksi bakteri listeria, lakukan beberapa langkah berikut:
1. Rajin mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah menyiapkan makanan.



2. Bersihkan alat masak yang akan dipakai dengan sabun cuci antibakteri.

3. Cuci sayur dan buah dengan air mengalir hingga dua atau tiga kali

4. Masak bahan pangan baik sayuran maupun daging sampai benar-benar matang.

5. Simpan makanan secara tepat dan terpisah. Siapkan tempat khusus untuk menyimpan daging, sayuran, dan makanan matang.

Temperatur udara menjadi kunci pencegahan bakteri listeria. Atur temperatur lemari pendingin Anda pada suhu 4 derajat Celcius atau lebih rendah.

Infeksi bakteri listeria bisa berdampak serius, terutama pada ibu hamil, lansia, dan mereka yang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah.

bakteri enoki jamur

Berita Video