PSBB Malang Tidak Diperpanjang, Hotel dan Resto Siap Buka Kembali

News 02 Juni 2020

restoran hotel malang psbb

Foto: wfae.org


Pemberlakuan PSBB di Malang Raya berakhir pada 30 Mei dan tidak diperpanjang. Kenormalan baru mulai diberlakukan 1 Juni, dimana sejumlah tempat liburan, hotel, dan restoran akan mulai beroperasi.

Dalam rapat koordinasi antara Walikota Malang dan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesi (PHRI), Sabtu (30/5), Ketua PHRI Malang Dwi Cahyono, menyampaikan bahwa pemerintah harus lebih ketat ketika diberlakukannya adaptasi kenormalan baru.

Sebab dikhawatirkan masyarakat beranggapan bahwa wabah ini sudah berakhir sehingga aktivitas masyarakat tidak terkontrol dan mengabaikan protokol COVID-19. Dwi mengusulkan adanya pembentukan suatu tugas khusus agar pengawasan dan sanksi bagi yang melanggar lebih masif.

PHRI meminta waktu untuk penyesuaian dalam pengetatan aturan karena dari 105 hotel dan 123 restoran yang terdaftar di PHRI, yang sudah siap baru sekitar 50%.



PHRI akan membantu hotel dan restoran yang belum siap dalam hal penyiapan sarana prasarana protokol kesehatan. Seperti pelaksanaan rapid test, thermo gun, hingga penataan ruang khusus untuk karantina.

Bagi yang sudah siap, akan bisa beroperasi dan mengikuti semua aturan. Namun bagi yang tidak siap maka tidak akan beroperasi.

Beberapa rancangan aturan yang akan dituangkan dalam peraturan Walikota Malang terkait aturan kenormalan baru diantaranya hotel dan restoran hanya akan beroperasi dengan kapasitas 50 persen. Semua karyawan dan tamu harus mengikuti protokol kesehatan. Yang melanggar akan dikenakan sanksi, mulai dari peringatan keras hingga pencabutan izin usaha.

restoran hotel malang psbb

Berita Terkait

Berita Video