Aneka Jajanan dan Kebutuhan Murah di Pasar Malam Kodam

Food & Travel 22 Mei 2020

kodam pasar wisata

Foto: Instagram/@maiyunanda


Lapangan militer atau kantor militer seperti kodam mungkin akan digambarkan sebagai tempat apel atau kegiatan militer semata. Tapi berbeda dengan lapangan Kodam V Brawijaya di Kota Surabaya. Tempat ini disulap bak pasar malam yang banyak dikunjungi warganya. Tentu saja bukan untuk berlatih militer, namun untuk jalan jalan menghabiskan waktu, belanja atau kulineran.

Lapangan Kodam V Brawijaya menyediakan berbagai kebutuhan dengan harga murah meriah. Diantaranya seperti mainan anak, baju, makanan, kosmetik, celana, sepatu, parfum, tas kekinian hingga kebutuhan rumah tangga lainnya. Bahkan hebatnya, banyak warga sekitar Surabaya yang rela datang jauh jauh untuk berburu kebutuhan sekunder dengan harga murah. Jangan lupa siapkan uang yang cukup, khawatir kalap saat berbelanja karena harganya yang relatif lebih murah.

pasar kodam sby
Foto: Instagram/@pardedebona

Bagi yang mungkin tidak berniat berbelanja kebutuhan, Pasar Kodam V Brawijaya menawarkan berbagai macam hiburan dan kuliner. Stand kuliner yang ditawarkan juga sangat beragam, mulai dari jajanan ringan seperti telur gulung, takoyaki, pentol bakar, cumi cumi bakar, seblak, hingga makanan berat seperti nasi goreng, penyetan, soto, aneka ikan bakar, bakso, mie ayam dan lainnya. Tak perlu khawatir karena harganya tak akan membuat kantong mendadak kosong. Harga jajanan dibanderol mulai dari Rp1.000 - Rp20.000.

Pasar Kodam pun sering dijadikan alternatif tempat nongkrong bagi kalangan anak muda. Menjadi opsi pilihan yang tepat untuk menghabiskan waktu atau sekedar melepaskan penat setelah seharian disibukkan dengan aktivitas.

pasar kodam sby
Foto: Instagram/@candra_herdiantri

Selain menawarkan berbagai macam kebutuhan sekunder harga murah dan kuliner yang beraneka ragam, pasar kodam juga menyediakan stand permainan dan hiburan bagi anak-anak agar tidak merasa jenuh saat diajak jalan-jalan ke sini. Ada kereta kelinci yang dengan siap mengantar berkeliling jalan di sekitar kodam, ada juga mobil-mobil yang dihias seperti burung merak yang juga mengajak menikmati jalanan kota di sekitar kodam. Harga masing-masing transportasi hiburan dibanderol sekitar Rp5.000 - Rp10.000 per orang.

Karena suasana yang penuh sesak terutama saat libur akhir pekan, banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi kodam. Pertama, siapkan uang yang cukup jika tidak ingin menyesal karena melihat barang yang bagus tapi murah. Kedua perhatikan barang bawaan seperti tas, dompet dan barang berharga lainnya agar selalu berada di tempat yang aman dan mudah dijangkau. Ketiga, jika membawa anak-anak maka jangan sekali sekali lengah atau melepaskan perhatian karena ditakutkan hilang dan tersesat.

pasar kodam sby
Foto: Instagram/@priyocintoko

Jangan khawatir mengenai tempat parkir, lapangan Kodam Brawijaya kondisinya sangat luas dan sudah dibagi menjadi beberapa space antara stand kebutuhan dan stand makanan serta sebagian untuk lahan parkir. Anda tidak perlu khawatir tidak dapat tempat parkir jika lahan parkir yang disediakan pengelola telah penuh. Banyak lokasi sekitar yang mendadak disulap jadi lahan parkir saat pasar kodam mulai beroperasi. Oiya, pasar kodam mulai beroperasi setelah maghrib atau sekitar pukul 18.00 – 22.00 WIB. Biaya yang harus dikeluarkan untuk parkir hanya Rp3.000 saja untuk motor dan Rp5.000 rupiah untuk mobil.

pasar kodam sby
Foto: brisik.id

Pasar kodam memang bukan merupakan destinasi utama wisata, namun tempat ini cukup menarik untuk dijelajahi.

Lokasi ini dekat dengan banyak tempat penginapan, salah satunya Pop Hotel di Jl Diponegoro dengan harga menginap mulai dari Rp230.000 per malam.

pop hotel sby
Foto: booking.com

Nah, bagaiamana? seru kan, berbelanja bermacam macam kebutuhan dengan harga yang murah sekaligus menikmati beraneka ragam kuliner dalam satu lokasi. Jangan lupa ke Pasar Kodam V Brawijaya saat berkunjung ke Surabaya.

Selamat mencoba!

kodam pasar wisata

Berita Video