Sego Sambel Mak Yeye

Food & Travel 22 Mei 2020

surabaya sambelan

Foto: Instagram.com/surabayapunyacerita


Sambelan atau penyetan adalah jenis kuliner yang menggunakan sambal sebagai pelengkap dalam menikmati hidangannya. Biasanya seporsi terdiri atas nasi, lauk pauk yang digoreng, sambal dan lalapan sebagai pelengkapnya. Salah satu tanda yang menjadi enak atau tidaknya sebuah kuliner sambelan adalah citarasa sambal itu sendiri selain jenis lauk yang digunakan.

Umumnya warung atau rumah makan yang menyajikan sambelan sebagai menunya buka mulai sore hingga dini hari. Tidak jarang pula kuliner jenis ini juga identik dengan kuliner malam.

Berbicara tentang sambelan di Surabaya, ada salah satu warung makan yang menyajikan sambelan sebagai menu utamanya, Sego Sambel Mak Yeye yang terdapat di Jalan Jagir Wonokromo Wetan No. 10, Kec. Wonokromo, Kota Surabaya. Untuk menemukannya tidaklah begitu sulit karena lokasinya yang berada di belakang gedung Darmo Trade Center (DTC).

Tempat ini merupakan salah satu warung makan yang paling direkomendasikan di kota Surabaya untuk sambelan yang identik dengan kuliner malamnya kota Surabaya. Warung makan ini sudah cukup terkenal bahkan sejak sang pemilik mulai berjualan pada periode tahun 1980-an.

sambelan

Sumber foto:Instagram.com/kulinersby

Meskipun hanya sekelas kaki lima, di sini terdapat menu sambelan yang cukup nikmat dan unik. Menu sambelan yang dijual terdiri dari seporsi nasi, lauk yang terdiri dari tahu, tempe, telur dadar, ikan lele, dan ikan pe, serta lalapan dan sambal sebagai pelengkapnya.

Sambalnya terbuat dari campuran tomat, terasi cabai merah besar, cabai rawit serta garam yang kemudian dihaluskan menggunakan tangan. Menurut sebagian pembelinya, sensasi pedas manisnya yang bikin nagih menjadi salah satu daya tarik yang ada di warung sambelan ini. Anda juga dapat meminta takaran sambal manis, sedang dan pedas.

Selain sambalnya, yang terkenal disini adalah sajian ikan pe sebagai menu lauk utamanya. Ikan pe sendiri adalah ikan pari yang dibumbui kemudian dipanggang atau diasapi, lalu digoreng apabila ingin dihidangkan. Citarasa ikan pari yang gurih, tekstur dagingya yang lembut dan tulangnya yang lunak menjadi penarik minat untuk mencicipinya.

sambelan
Sumber foto:Instagram.com/disekitar_surabaya

Warung makan ini mulai buka pukul 21.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB. Untuk seporsi menu sambelan komplit cukup mengeluarkan uang sebesar Rp18.000. Sedangkan untuk menu ayam dikenakan harga yang berbeda.

Anda juga dapat memesan kuliner satu ini melalui aplikasi ojek online, akan tetapi Anda diharapkan untuk sabar menunggu. Untuk yang ingin menikmati langsung di tempat, disarankan datang menggunakan sepeda motor karena parkiran mobil cukup susah mengingat jalan di sekitar warung ini cukup sempit.

Artikel ini ditulis oleh Zahir - Surabaya

surabaya sambelan

Berita Terkait

Berita Video