Coban Canggu, Air Terjun dengan Tebing Klimis nan Eksotis

Food & Travel 22 Mei 2020

mojokerto canggu coban wisata

Foto: Welly Handoko/Travelingyuk


Salah satu kabupaten yang menyuguhkan banyak wisata alam di Jawa Timur adalah Mojokerto. Salah satu destinasi yang menjadi daya tarik wisatawan untuk datang yaitu air terjun yang berada di Kecamatan Pacet. Seperti apa keindahannya?

Air terjun ini bernama Coban Canggu. Terletak di Desa Padusan, Kecamatan Pacet, Kabupaten Mojokerto. Air terjun ini berjarak sekitar 32 kilometer dari alun-alun Mojokerto.

Coban Canggu memiliki ketinggian sekitar 80 meter di atas permukaan laut. Air terjun ini berada di sebelah utara lereng Gunung Welirang. Udara sejuk dan lingkungan yang asri membuat destinasi ini sering dikunjungi oleh wisatawan.

coba canggu
Foto: brisik.id

Untuk masuk ke dalam lokasi air terjun, pengunjung harus membayar biaya tiket masuk sebesar Rp7.000 per orang di hari biasa, sedangkan Rp10.000 untuk hari libur. Jika datang secara rombongan, petugas biasanya memberikan diskon.

Usai membayar tiket masuk, pengunjung dapat memarkirkan kendaraan di sepanjang jalan masuk wisata. Biaya parkir yang harus dikeluarkan sekitar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil. Di musim liburan, pengunjung akan membludak. Tempat parkir yang terbatas membuat beberapa pengunjung harus memarkir kendaraan di tempat agak jauh dari lokasi air terjun.

Wisata air terjun ini buka dari pukul 08.00 pagi sampai 16.00 sore. Fasilitas yang disediakan beragam seperti kamar mandi, gazebo, dan musholla.

coban canggu
Foto: brisik.id

Sebelum mencapai air terjun, pengunjung dapat berfoto di sejumlah spot yang telah disediakan. Pengunjung dapat mengambil foto dengan latar pegunungan yang indah.

Lokasi air terjun tergolong cukup jauh. Letaknya yang berada di perbukitan membuat pengunjung harus melewati beberapa anak tangga agar dapat sampai. Jika lelah dapat beristirahat sejenak dan memesan makanan atau minuman di kedai yang berjajar di sepanjang jalan masuk. Makanan dan minuman yang dijual beragam, mulai dari nasi pecel, soto, sampai pop mie. Harganya pun tak akan menguras kantong berlebih. Cukup membayar Rp15.000 sudah dapat menikmati rasa pop mie dengan paduan es teh yang menyegarkan.

Tak jauh dari lokasi air terjun, terdapat sebuah jembatan terbuat dari rotan. Jembatan ini melintang di atas sungai kecil tempat air terjun mengalir. Air yang mengalir terlihat sangat jernih. Namun jika musim hujan tiba, air di sungai dapat berubah keruh karena endapan pasir dan tanah yang ada di dasar sungai.

coban canggu
Foto: brisik.id

Setelah lelah berjalan sekitar 8 kilometer, pengunjung akan tiba di lokasi air terjun. Suara air terjun terdengar keras menghantam bebatuan yang ada di bawah air terjun. Di samping tebing banyak ditumbuhi semak belukar dan tumbuhan paku-pakuan.

Di beberapa tempat sengaja dipasang papan untuk menghimbau agar tetap menjaga kebersihan tempat wisata. Keindahan air terjun ini membuat para penunjung betah berama-lama di lokasi. Tak jarang beberapa pengunjung sengaja mengabadikan momen dengan kamera yang sudah disiapkan sebelumnya.

Terdapat ukiran alami terbentuk dari aliran air yang terus mengalir melewati dinding tebing. Selain itu, nuansa eksotis dan udara yang sejuk mampu membantu melepaskan penat.

coban canggu
Foto: brisik.id

Coban Canggu juga sering disebut-sebut sebagai air terjun enteng jodoh. Menurut mitos, air terjun ini dipercaya dapat menambah harmonis suatu hubungan.

Karena lokasinya berada di lereng gunung, membuat jalan di sekitar air terjun menjadi licin. Pengunjung juga dihimbau untuk segera meninggalkan lokasi jika terjadi hujan lebat. Sebab, adanya kemungkinan longsor pada tebing sekitar air terjun saat musim hujan tiba.

wisma amanda
Foto: boooking.com

Lelah bermain di air terjun, selanjutnya adalah beristirahat di sejumlah penginapan atau hotel yang tersedia. Salah satunya adalah Wisma & Kantin Amanda.

Penginapan murah ini beralamat di Jl. Air Panas No.20, Padusan, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur atau sekitar 4 kilometer menuju lokasi air terjun. Setiap kamar tersedia meja, TV layar datar, handuk, serta perlengkapan mandi. Harga meninap per malam mulai dari Rp180.000. Informasi lebih lanjut hubungi (0321) 690048.

Artikel ini ditulis oleh Zulin - Lamongan

mojokerto canggu coban wisata

Berita Video