Ragam Kerupuk yang Populer di Cirebon

Food & Travel 22 Mei 2020

cirebon kerupuk

Foto: id.wikipedia.org


Saat sedang makan sesuatu sepertinya kurang lengkap jika tidak ditemani pendamping. Pendamping disini maksudnya makanan pelengkap, bukan pasangan.

Salah satu makanan pelengkap yang disukai banyak orang adalah kerupuk. Orang Indonesia sangat identik dengan kerupuk. Selain jadi makanan pendamping, kerupuk juga bisa dijadikan camilan untuk teman minum kopi atau teh. Rasanya yang gurih dan teksturnya yang renyah membuat makanan ini tidak terasa bosan.

Ada beragam kerupuk yang populer di Cirebon, diantaranya adalah kerupuk melarat, kerupuk rambak, kerupuk ikan tenggiri, dan kerupuk udang.

Kerupuk melarat menjadi kerupuk yang paling populer di Cirebon. Kerupuk ini juga biasa disebut dengan kerupuk pasir. Mengapa? Karena cara menggoreng kerupuk ini menggunakan pasir. Bentuk kerupuk ini umumnya memanjang dan memiliki banyak warna seperti merah muda, hijau, kuning, dan putih. Namun, ada juga yang bentuknya bulat kecil dan hanya berwarna putih. Rasa dari kerupuk ini gurih dan manis. Buat yang suka pedas bisa memilih varian pedas yang menggunakan bubuk cabai. Harga satuannya mulai dari Rp6 ribu.

melarat

Sumber foto:bukalapak.com

Selanjutnya adalah kerupuk rambak atau dikenal dengan nama kerupuk kulit. Kerupuk ini terbuat dari kulit kerbau yang dibersihkan, dijemur agar kering lalu digoreng. Bentuk kerupuk ini juga memanjang dengan warna cokelat gelap. Ada juga yang berbentuk kotak atau bulat dengan warna putih. Untuk rasanya ada yang tawar dan ada juga yang asin karena ditambahkan garam serta pedas dengan bubuk cabai. Kerupuk ini banyak disajikan di warung-warung empal gentong atau mi ayam bakso. Kerupuk ini ada yang dijual per bungkus, ada juga yang kiloan. Dimulai dengan harga sekitar Rp20 ribu. Namun, jika kamu membeli satuan di warung biasanya dijual mulai dari Rp500 saja.

rambak
Sumber foto:bukalapak.com

Yang ketiga adalah kerupuk ikan tenggiri. Bentuk dari kerupuk ini bulat dan berwarna kecoklatan. Rasa ikannya sangat terasa dan renyah begitu digigit. Harganya mulai Rp13 ribu. Yang terakhir adalah kerupuk udang. Kerupuk udang biasanya dijual dalam keadaan mentah. Yang paling terkenal adalah merk Padi dan Kapas. Biasanya kerupuk udang dimakan bersama makanan berat seperti lontong kari, opor ayam, dan lain-lain. Harganya dimulai dari 14 ribu untuk per pak. Kerupuk merek ini diproduksi di Indramayu yang mana dekat dengan Cirebon.

Anda bisa berburu berbagai jenis kerupuk di toko oleh-oleh, di pasar, atau di sepanjang Jalan Raya Plered. Disana akan banyak penjual kerupuk dengan harga yang tentunya tidak menguras kantong terlalu dalam.

Artikel ini ditulis oleh Xandra Junia Indriasti - Cirebon

cirebon kerupuk

Berita Terkait

Berita Video