Panorama Hijau Dari Atas Puncak Bukit Asmara Situk

Food & Travel 22 Mei 2020

banjarnegara asmara bukit

Foto: brisik.id


Bukit Asmara Situk atau sering disebut dengan BAS merupakan salah satu tempat destinasi alam yang terdapat di Kabupaten Banjarnegara. Keindahannya menjadi incaran tempat wisata alam hits di kalangan kawula muda.

Tepatnya terletak di Jalan Raya Karangkobar, Desa Kalilunjar, Kecamatan Banjarmangu, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah. Jarak waktu yang ditempuh dari pusat kota kabupaten sekitar 25 menit untuk sampai di lokasi BAS.

Untuk menuju BAS dapat menggunakan kendaraan pribadi beroda dua maupun empat. Selain itu, dapat juga menggunakan kendaraan umum berupa minibus juga masih melewati jalur menuju lokasi.

Setibanya di lokasi, terdapat area parkir yang cukup luas dan berjejer pedagang yang menjual makanan berat maupun makanan ringan di bagian depan. Untuk tiket masuknya sendiri akan dikenakan tarif seharga Rp15 ribu.

Dari pintu masuk, pengunjung perlu berjalan kaki menuju puncak bukit selama sekitar 15 menit perjalanan. Jalur menuju bukit berupa tanjakan dan anak tangga yang masih beralaskan tanah dan terdapat pegangan yang terbuat dari bambu.

tanjakan

Setiap tanjakan diberi nama masing-masing sesuai dengan tingkat kesulitan tanjakannya. Mulai dari tanjakan derita, tanjakan pertemanan, tanjakan bahagia, tanjakan asmara dan lainnya.

tanjakan

Di sepanjang jalan, pengunjung akan menemukan perkebunan milik warga setempat. Kebun tersebut didominasi oleh pohon salak. Setelah melewati semua tanjakan dan sampai di atas bukit, tulisan “Welcome to Bukit Asmara Situk (BAS)” akan terlihat.

Sesampainya tiba di puncak, pengunjung akan disuguhkan layaknya surga duniawi berupa panorama hijau. Puncak bukit yang jauh dari keramaian kota, pohon-pohon rindang yang mengelilingi lokasi pun turut menambah suasana semakin sejuk dan asri.

situk

Luasnya wilayah BAS akan sangat cocok untuk menemani pengunjung yang ingin menikmati acara nongkrong ditemani suasana alam. Karena keindahannya, BAS kerap kali dijadikan lokasi berburu foto yang Instagramable.

Ada sejumlah spot foto yang disediakan pihak pengelola, seperti rumah pohon, becak gantung, sepeda gantung, tempat duduk di atas bukit, papan yang bertuliskan jones, papan yang berbentuk patah hati dan masih banyak lagi pastinya.

Setelah puas menjelajahi semua area dan mendapatkan foto yang diinginkan, pengunjung tak perlu khawatir lagi soal urusan mengisi perut. Di sekitar lokasi BAS, terdapat warung dengan menu makanan yang memanjakan lidah.

BAS juga bisa dikunjungi saat malam hari. BAS di malam hari akan menyuguhkan kesan romantis dengan sentuhan gemerlap lampu yang menghiasi bukit. Kerlip lampu-lampu dari rumah-rumah penduduk yang terlihat dari atas bukit juga kian menambah kelengkapan panoramanya.

Fasilitas lain yang tersedia di atas puncak BAS sudah cukup memadai. Selain banyak warung-warung pedagang, pihak pengelola juga sudah melengkapi BAS dengan tempat ibadah dan toilet tanpa pungutan retribusi alias gratis.

Namun, hal yang disayangkan adalah belum adanya penginapan di sekitar Bukit Asmara Situk. Adapun salah satu hotel yang bisa jadi pilihan menginap adalah Hotel Sokanandi yang berjarak sekitar 7,3 km dari lokasi wisata ini.

Beralamat di Jalan Tentara Pelajar km 3, Sokanandi, Banjarnegara, hotel ini sudah dilengkapi fasilitas Wifi, AC, meja tulis, balkon atau teras dan taman disekitar hotel. Hotel Sokanandi sendiri mematok harga penginapan mulai dari Rp 200 ribu/malam.

Artikel ini ditulis oleh Saraswati - Banjarnegara

banjarnegara asmara bukit

Berita Video