Wisata Pantai Cantik Tanjung Kerasak, Bangka Selatan

Food & Travel 21 Mei 2020

kerasak tanjung bangka pantai

Foto: brisik.id


Tempat-tempat wisata alam laut yang ada di Pulau Bangka memang banyak sekali menghipnotis para wisatawan ataupun traveler untuk mendatanginya. Di ujung selatan Pulau Bangka ada sebuah pantai yang menawarkan keindahan yaitu Tanjung Kerasak. Pantai ini tepatnya berada di Desa Pasir Putih, Kecamatan Tukak Sadai, Kabupaten Bangka Selatan.

Saat datang di wilayah Desa Pasir Putih, Anda akan menemukan jajaran rumah-rumah warga yang berada di pinggir jalan raya tersusun rapi sehingga menciptakan nuansa asri pedesaan sangat terasa. Perjalanan dari Desa Pasir Putih menuju pantai Tanjung Kerasak akses jalannya sudah teraspal, jalan tidak ramai dan macet, sehingga datang menuju lokasi lebih cepat. Sepanjang perjalanan menuju pantai Anda akan disambut dengan pepohonan sampai menuju pantai.

Saat datang di lokasi, mata wisatawan akan dimanjakan dengan lambaian pohon-pohon yang berjejeran di bibir pantai dan lingkungan pantai yang bersih, karena lokasi pantai dikelola oleh pemerintah setempat. Angin sepoi-sepoi dari arah laut seakan memanggil Anda untuk menghampiri pantai. Bebatuan granit yang menjadi ciri khas pantai di seluruh Bangka Belitung dan hamparan pasir putih yang lembut juga menghiasi bibir pantai.

pantai

Kontur pantai yang landai membuat gelombang air laut tenang, Pada bulan-bulan tertentu, sekitar dari Oktober – Mei, air laut di pantai Tanjung Kerasak bisa dikategorikan sangat tenang, gelombang tidak terlalu tinggi, sehingga cocok sekali buat Anda yang hobi berenang untuk menikmati air laut di ujung selatan Pulau Bangka. Kejernihan airnya membuat dasarnya bisa terlihat jelas.

pantai

Sekitar jarak 100 meter, ada pulau kecil yang berada di pantai Tanjung Kerasak, yang ditumbuhi dengan pohon kecil dan semak-semak dan dikelilingi oleh tumpukan batu granit yang seolah-olah tersusun rapi. Saat air surut Anda bisa menuju pulau kecil ini dengan berjalan kaki.

Fasilitas yang ada di sini antara lain tempat musala, gazebo untuk beristirahat, museum gerhana matahari dan kamar mandi. Untuk masuk ke wilayah pantai Tanjung Kerasak, Anda cukup membayar Rp2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp5.000 untuk roda empat. Di sini juga tersedia Kedai atau warung kecil yang menjual es kelapa muda, bakso dan kuliner lokal seperti pempek ikan. Masalah harga masih terjangkau oleh wisatawan, dimulai dari Rp2.000 – Rp15.000.

Jarak tempuh ke lokasi Pantai Tanjung Kerasak dari pusat kota Pangkal Pinang membutuhkan waktu 2 jam perjalanan. Apabila Anda ingin menginap di lokasi terdekat dengan wilayah pantai, Anda bisa mencari penginapan di daerah Kecamatan Toboali yang merupakan Kabupaten Bangka Selatan. Toboali - Tanjung Kerasak cuma membutuhkan 50 menit perjalanan. Rekomendasi penginapan yang mudah diakses yaitu Hotel Grand Marina, Bangka Selatan. Harga kamar standar dimulai Rp 275.000/malam. Lokasinya berada di dekat pasar Toboali. Tepatnya berada di Jalan Jendral Sudirman No. 44, Teladan, Toboali, Kabupaten Bangka Selatan.

Artikel ini ditulis oleh Rahayu - Bangka

kerasak tanjung bangka pantai

Berita Video