Hucap, Makanan Legendaris Khas Kuningan

Food & Travel 21 Mei 2020

kuningan kecap tahu

Foto: id.wikipedia.org


Berbicara tentang Kuningan, Jawa Barat, pasti terbesit di pikiran kalian tentang alamnya yang indah dan menawan, tetapi Kuningan juga punya banyak sajian kuliner yang khas. Salah satu kuliner khas Kuningan yang cukup terkenal yakni hucap.

Penganan satu ini merupakan menu sarapan yang sangat digemari oleh masyarakat Kuningan, pasalnya hucap dikenal dengan cita rasanya yang gurih. Sebutan “hucap” sendiri adalah akronim dari tahu kecap.

hucap

Sumber foto:indonesiakaya.com

Sesuai namanya, tahu goreng merupakan bahan utama sajiannya. Namun, yang paling unik dari panganan ini memang ada pada tahu yang digunakan. Hucap biasanya menggunakan tahu produksi lokal yang bertekstur lebih padat dari tahu kebanyakan.

Tak hanya tahu, hucap juga disertai beberapa isian lain, seperti ketupat, guyuran saus kacang dan bumbu kecap serta taburan bawang goreng. Meskipun tampak seperti kupat tahu atau ketoprak, tampilan hucap lebih dominan dengan potongan tahu berbentuk dadu.

Rahasia lain yang membalut citarasanya juga dipengaruhi oleh saus kacangnya. Kacang tanah goreng ditumbuk halus menjadi satu bersama campuran cabai merah, garam, gula jawa dan bumbu ragi.

Belum cukup sampai di situ, ketupatnya juga tampil agak berbeda. Pasalnya, ketupatnya direbus dengan air merang terlebih dahulu, sehingga menampilkan warna ketupat yang kecoklatan.

Untuk penyajian sepiring hucap sebenarnya tidaklah rumit. Potongan ketupat dan tahu goreng diletakkan dalam satu wadah yang sama. Paduan dua bahan tadi disatukan oleh guyuran bumbu kacang dan tambahan kecap. Semua itu akan kian lengkap dengan taburan bawang goreng dan kerupuk.

Bila jalan-jalan ke Kuningan tak lengkap rasanya tidak mengunjungi salah satu kedai hucap yang paling legendaris, yaitu Kedai Hucap Top Hj. Mak Iroh. Kenapa tempat ini menjadi primadona di Kuningan? Karena Hucap Top Hj. Mak Iroh mempunyai cita rasa yang berbeda dari hucap pada umumnya.

hucap

Oleh para pelanggan setianya, kedai ini dikenal memiliki racikan khusus pada bumbu saus kacangnya. Setiap hari, kedai yang mulai berjualan pada pukul 7 pagi - 7 malam ini banyak dikunjungi oleh para penggila kuliner, baik dari dalam kota maupun luar kota.

Untuk harga seporsi hucap di kedai ini dibanderol sekitar Rp15 ribu-an/porsinya. Jumlah porsinya sendiri juga cukup mengenyangkan dengan harga tersebut. Selain menjual hucap, di kedai ini pelanggan juga juga bisa menikmati menu nasi lengko yang harga per porsinya tak berbeda jauh dengan menu utamanya. Kedai Hucap Top Hj. Mak Iroh terletak di Jalan Dewi Sartika, Kuningan, Kec. Kuningan, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat. 

Artikel ini ditulis oleh Fahrul - Kuningan

kuningan kecap tahu

Berita Terkait

Berita Video