Serunya Caving di Goa Coban Perawan

Food & Travel 21 Mei 2020

malang perawan coban goa wisata

Foto: brisik.id


Goa Coban Perawan adalah surga bagi para penggemar caving yang tersembunyi di bebatuan karst dan kubangan air. Goa ini tergolong destinasi baru dan merupakan aset wisata alam di Dusun Bajulmati, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang.

Untuk mencapainya, pengunjung dapat memanfaatkan jalur lintas selatan yang menghubungkan arah Turen dan Sendang Biru. Jarak dari Kota Malang kira-kira sejauh 65 km untuk sampai di antai Bajulmati, pusat informasi wisata di Malang Selatan. Kemudian perwakilan dari pemandu akan mengantarkan ke lokasi goa.

Akses menuju goa terbilang mudah sebab dapat menggunakan kendaraan pribadi baik sepeda motor atau mobil dan diikuti dengan berjalan kaki kurang lebih 10 menit hingga sampai di pintu utama goa.

goa coban perawan
Foto: brisik.id

Tercermin dari namanya “Goa Coban Perawan” yang berarti belum banyak terjamah manusia, goa ini juga menawarkan adrenalin bagi para caving karena kondisinya yang tak biasa.

Dari pintu masuk gua ini saja sudah mulai memberikan perkenalan menarik dan sangat menantang. Pintu masuknya dipenuhi dengan kubangan air dengan kedalaman bervariasi hingga bagian dalam goa. Mulai dari sini, rasanya adrenalin sudah tertantang.

Karakteristik Goa Coban Perawan ini tergolong dalam goa horizontal yang memanjang hingga ratusan meter dengan permukaan dan dinding goa cukup bervariasi. Sama dengan karakteristik goa di lahan kars Pulau Jawa lainnya, goa ini juga dipenuhi air baik yang mengalir atau membentuk kubangan. Maka tak heran jika masyarakat setempat membubuhkan nama “Coban” sebagai toponimi goa, sebab di dalamnya terdapat aliran air jernih membentuk sungai bawah tanah.

goa coban perawan
Foto: brisik.id

Sebagai destinasi alam yang menantang, maka setiap pengunjung dianjurkan untuk memulai caving bersama pemandu. Menyusurinya juga perlu menggunakan pakaian pengaman. Biaya untuk setiap orang sebesar Rp45 ribu, sudah termasuk sewa pemandu dan alat pengaman caving seperti baju, senter, dan helm khusus caving. Biaya ini tergolong murah, apalagi kondisi goa yang eksotis akan membuat pengunjung tidak berhenti takjub.

Kondisi dalam goa masih sangat alami. Pengunjung akan menemukan berbagai kejutan menarik seperti kaki yang tidak sampai pada permukaan dasar goa saat menceburkan diri ke dalam kubangan air, dan terkadang di sisi lain perlu berjalan merayap sebab permukaan bawah dan atas goa sempit.

goa coban perawan
Foto: brisik.id

Pengunjung dari luar kota dapat memanfaatkan penginapan yang disediakan oleh penyedia usaha berupa homestay di rumah penduduk dengan kisaran harga Rp50 – Rp75 ribu per kamar dan dapat diisi 2 orang. Jika ingin include makanan, pengunjung bisa memesannya dari penyedia homestay dengan harga total penginapan dan makanan (dengan pilihan menu sayur dan ikan) yaitu seharga Rp250 sampai Rp300 ribu untuk 4 orang dalam 1 hari.

Selain para pecinta caving, goa ini juga sangat mendukung penerapan edukasi ilmiah yang menjurus dalam bidang geografi, karstifikasi (proses pembentukan morfologi goa), dan speleologi (ilmu fisiologi dan biologis goa). Hal ini dapat dibuktikan dengan keberadaan sejumlah ornamen pada dinding, seperti stalaktit, stalagmit, corden (tirai), teras endokarst, dan tiang goa.

goa coban perawan
Foto: brisik.id

Ornamen goa tersebut masih terus berproses aktif sampai sekarang. Hal ini dapat diperhatikan dari proses karstifikasi (tetesan air dari pori-pori di dinding goa) yang masih terus berjalan.

Dengan aktifnya proses karstifikasi dan kajian speleologi, seorang pemandu menyebut bahwa hingga saat ini Goa Coban Perawan termasuk dalam salah satu laboratorium alam yang secara aktif digunakan untuk kajian lapangan oleh Jurusan Geografi di Universitas Negeri Malang.

Artikel ini ditulis oleh Adellia - Situbondo

malang perawan coban goa wisata

Berita Video