Tajamnya Aliran Air Terjun Sipiso-Piso yang Bikin Takjub

Food & Travel 21 Mei 2020

karo terjun air

Foto: Instagram.com/Indtravel


Medan bisa dijadikan sebagai pilihan berwisata tatkala ingin berlibur atau sekadar melepaskan penat dari padatnya aktivitas. Ya, pasalnya Medan tak hanya terkenal dengan ragam kulinernya, tapi juga menyimpan sejuta destinasi wisata alam tersembunyi yang tak boleh dilewatkan.

Dari banyaknya destinasi, Air Terjun Sipiso-Piso yang terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara adalah salah satunya. Kabupaten Karo memang menjadi salah satu incaran tempat wisata yang paling diminati oleh para pengunjung lokal maupun mancanegara.

Asal-Usul Nama Air Terjun Sipiso-piso
Diketahui, nama Sipiso-piso sendiri diambil dari kata “piso” yang berarti pisau. Oleh karena itu, air terjun ini secara tipografi bisa diibaratkan seperti pisau yang tajam. Air Terjun ini berada di bibir kaldera raksasa Danau Toba dengan ketinggian sekitar 120 meter.

Aliran airnya yang mengalir cukup deras hingga membentuk garis vertikal sempurna atau terlihat seperti bilah pisau tajam. Bentuk garis vertikal sempurna tersebut membuat Air Terjun Sipiso-Piso masuk ke dalam air terjun tipe plunge, yakni air sungai atau badan air lainnya yang jatuh dari atas tebing berbatu menuju kolam terjun (plunge pool) di bawahnya.

sipiso

Sumber foto:Instagram.com/Kalak_karo

Namun disisi lain, ada juga yang menyebutkan nama Sipiso-piso berasal dari nama sebuah gunung bernama Dolok Sipiso-piso. Gunung setinggi kurang lebih 1.860 meter di atas permukaan laut tersebut berada tepat di sebelah timur laut Air Terjun Sipiso-piso.

Dengan ketinggian tersebut, Air Terjun Sipiso-piso menjadi salah satu air terjun tertinggi di Indonesia dengan pesonanya yang indah dan memukau. Perpaduan suara gemuruh air dan hijaunya pepohonan seakan mampu membuat suasana hati dan pikiran lebih tenang.

Ditambah lagi, sapuan udara sejuk serta hamparan keindahan Danau Toba yang terlihat cukup jelas menjadikan lokasinya sebagai sebuah paket berlibur yang komplet. Selain menikmati suasana air terjun, para pengunjung juga bisa memburu sajian kuliner ataupun oleh-oleh khas daerah Karo dan Batak. Harga yang ditawarkan juga cukup beragam namun tetap sesuai isi kantong. Kurang lebih sekitar Rp10 ribu – Rp50 ribu.

Pengunjung yang ingin melihat sekaligus menikmati indahnya air terjun harus menelusuri punggung bukit dengan berjalan kaki. Jalur tersebut berupa anak tangga yang relatif aman untuk para pengunjung.

sipiso
Sumber foto:Instagram.com/Shirleymomoko

Perjalanan menelusuri punggung bukit tersebut akan memakan waktu sekitar 1 jam. Di sepanjang penelusuran sangat disarankan untuk mencuri-curi kesempatan untuk berfoto. Terdapat spot-spot menarik untuk mendapatkan foto, salah satunya adalah gardu pandang yang disediakan di sekitar area.

Rute Perjalanan dan Akomodasi
Untuk berwisata ke Air Terjun Sipiso-piso, ada beberapa transportasi yang bisa digunakan, seperti dengan menyewa mobil dan menggunakan paket tour travel. Bisa juga dengan menggunakan alat transportasi umum seperti bus Sinabung Jaya dari Terminal Amplas di Medan menuju Kota Kabanjahe.

Tarif bus sendiri berkisar antara Rp20 ribu- Rp50 ribu dengan waktu tempuh perjalanan selama 2 jam. Setibanya di Kabanjahe, lanjutkan kembali perjalanan ke Desa Tongging dengan menggunakan bus yang mengarah ke Danau Toba.

Biaya yang dikeluarkan tentunya tidak jauh berbeda dari yang sebelumnya, yakni hanya berkisar Rp15 - Rp35 ribu. Dari situ, waktu perjalanan cuma 30 menit dengan jarak tempuh 24 kilometer. Tarif tiket masuk kawasan wisata Air Terjun Sipiso-piso kurang lebih Rp10 ribu.

Untuk penginapan, pengunjung sudah bisa menemukan banyak penginapan di sekitar lokasi. Di desa Tongging, Kabanjahe dan Berastagi menyediakan beragam homestay maupun hotel yang dapat dijadikan tempat untuk bermalam. Harga dari masing-masing homestay dan hotel ini juga terjangkau, yakni berkisar antara Rp150 ribu hingga Rp1,5 juta per malam. Hal ini tentunya tergantung pada fasilitas yang diinginkan.

Artikel ini ditulis oleh Elieser Maharani Sebayang - Medan

karo terjun air

Berita Video