Pesona Air Terjun Tujuh Tingkat di Curug Pitu

Food & Travel 21 Mei 2020

banjarnegara terjun air curug

Foto: brisik.id


Curug Pitu terletak di Desa Kemiri, Kecamatan Sigaluh, Kabupaten Banjarnegara, Provinsi Jawa Tengah. Berjarak 10 km dari pusat kota Banjarnegara. Untuk menuju Curug Pitu dapat menggunakan kendaraan beroda empat dan dua. Lebih disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi karena lokasi curug dari jalan raya cukup jauh dan tidak terdapat angkutan umum yang masuk hingga ke curug.

Dari pusat kota Banjarnegara yaitu alun-alun, arahkan ke timur terus sampai menemukan gerbang "Curug Pitu" yang terpampang di sebelah kanan jalan. Lokasinya berjarak 3 kilometer dari gerbang tersebut.

curug

Sumber foto:facebook.com/curugpitubanjarnegara

Sesampainya di lokasi, pengunjung akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp4 ribu. Di depan lokasi, terdapat lahan parkir dan beberapa pedagang makanan. Selain itu, tempat beribadah dan toilet umum juga disediakan di area yang sama.

Gemercik suara air yang menyambar tubuh adalah awal dari beberapa sambutan selanjutnya. Nama Curug Pitu sendiri diadopsi dari bahasa Jawa. Kata “pitu” yang berarti tujuh. merujuk pada tujuh tingkat air terjun yang menjadi keunikan utamanya sebagai objek wisata air terjun.

Dari ketujuh tingkatan tersebut, curug di tingkat paling bawah merupakan curug tertinggi dengan ketinggian mencapai 30 meter. Di tingkatan ini, nantinya pengunjung akan melihat kolam besar yang menjadi spot bermain air bagi para pengunjung.

curug
Sumber foto:facebook.com/curugpitubanjarnegara

Airnya yang bersih, jernih dan segar berasal dari pegunungan. Semua itu pun jadi elemen wajib yang memberikan kesejukan khas. Suasana inilah yang akan dirasakan pengunjung ketika berada di areal Curug Pitu.

Selain itu, pengunjung masih bisa menikmati enam tingkatan curug lainnya. Perjalanan masih panjang, menaiki anak-anak tangga yang terbentuk dari tanah akan kembali menjadi rintangan yang sekaligus akan memandu pengunjung demi menyusuri semua tingkatan air terjun yang ada.

Perjalanan menuju curug lain akan semakin menantang karena jalan yang akan dilewati adalah jalan setapak. Perlu berhati-hati saat berjalan lantaran jalan yang dilewati diapit oleh tebing tanah dan jurang curam, terlebih saat hujan yang membuat tanah semakin licin.

Selain letak curug lain yang semakin tinggi, ketujuh tingkatan curug akan mengerucut di mana luas arealnya akan menyempit sampai tingkatan paling atas. Meski begitu, suasana asrinya justru akan lebih terasa setiap kali menaiki tiap tingkatannya.

Karena sensasi di masing-masing curug berbeda, maka tak ada salahnya juga untuk mencoba menjelajahi semua tingkatan air terjun di Curug Pitu. Keindahan yang berbeda-beda di satu lokasi yang sama. Sungguh pemandangan yang langka untuk dinikmati bukan ?

Jangan lupa juga untuk memburu foto dengan memanfaatkan setiap pesona yang dimiliki Curug Pitu sebagai latar belakang. Foto-foto nan kekinian dan Instagramable bukanlah hal yang mustahil untuk didapatkan ketika berada di lokasi.

Menariknya lagi, pada musim buah durian Curug Pitu biasanya akan diramaikan juga oleh para penjual durian. Hal ini bukanlah hal yang mengherankan, karena Desa Kemiri sendiri memang dikenal sebagai salah satu desa penghasil durian di Banjarnegara.

Sayangnya, belum terdapat penginapan di sekitar Curug Pitu. Namun, wisatawan yang berasal dari luar kota dapat menginap di Hotel Sokanandi. Hotel yang yang beralamat di Jl. Tentara Pelajar km 3, Sokanandi, Banjarnegara—berjarak 4,6 km dari lokasi Curug Pitu—tersebut bisa jadi pilihan menginap dengan harga menginap mulai dari Rp. 200.000/malam.

Artikel ini ditulis oleh Saraswati - Banjarnegara

banjarnegara terjun air curug

Berita Video