Usaha Cincau Hitam Raih Berkah di Ramadhan

News 01 Mei 2020

ramadhan cincau bisnis

Foto: liputan6.com


Tanaman cincau tumbuh di banyak tempat di tanah air. Manfaat cincau yang diolah dari daunnya ini sangat luar biasa. Cincau dipercaya bisa menurunkan panas dalam, mengatasi tekanan darah tinggi, juga bermanfaat untuk meredakan permasalahan pada tulang, otot, dan lambung.

Tak heran jika cincau mudah ditemukan di pasar-pasar tradisional. Namun di bulan Ramadhan, cincau menjadi hidangan yang paling banyak dicari. Rasanya yang sejuk di lidah, segar di tenggorokan, dan nyaman bagi pencernaan, menjadikan cincau minuman favorit untuk berbuka puasa.

Purwanto, seorang pembuat cincau hitam di desa Jatisari, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, saat Ramadhan mengaku bisa memproduksi 800 ember cincau setiap hari. Hal ini jauh di atas rata-rata produksi di bulan biasa yang hanya berkisar puluhan ember. Tingginya peminat membuat ia terkadang harus melayani pembeli eceran yang sengaja datang ke rumahnya. Ada yang membeli untuk dijual lagi atau dikonsumsi sendiri.



Menurut data dari Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Disnakertrans Kabupaten Madiun, di Desa Jatisari setidaknya terdapat lima produsen cincau hitam. Di saat Ramadan, usaha cincau meraih berkah berupa peningkatan penjualan yang sungguh luar biasa.

ramadhan cincau bisnis

Berita Terkait

Berita Video