Pentingnya Hotel Untuk Kerjasama dengan Agen Perjalanan Online

Techno 10 April 2020

ota hotel online perjalanan agen

Foto: seekingalpha.com


Peran agen perjalanan online atau online travel agency (OTA), menjadi semakin penting dalam industri hotel karena mereka menyediakan cara yang nyaman bagi pelanggan untuk membandingkan hotel dan booking melalui internet.

Apa Itu OTA?
OTA adalah sebuah website atau layanan online, yang menjual produk perjalanan atau produk-produk terkait lainnya. Contoh OTA yang beroperasi di Indonesia seperti misalnya Traveloka, Mister Aladin, Tiket.com, Pegipegi, Trivago, dll. Produk-produk ini mungkin termasuk hotel, penerbangan, paket wisata, kegiatan, dan penyewaan mobil. OTA adalah pihak ketiga yang menjual kembali layanan ini atas nama perusahaan lain, termasuk di industri hotel .

Meskipun OTA dapat memainkan peran penting dalam hal distribusi, yang memungkinkan hotel untuk menjangkau khalayak yang lebih luas, penting untuk memahami bahwa website hotel Anda sendiri harus selalu menjadi prioritas nomor satu. Sebab pemesanan yang dilakukan melalui website hotel tidak mengharuskan Anda untuk membayar komisi kepada pihak ketiga.

ota

Mengapa OTA Penting?
OTA semakin penting bagi hotel, karena mereka melayani pemasaran dan saluran distribusi. Semakin banyak tamu yang menggunakan OTA untuk mencari hotel, karena mereka berfungsi sebagai semacam 'one stop shop', yang memungkinkan mereka untuk dengan mudah mencari hotel, membaca ulasan, dan membandingkan harga.

Selain itu, hotel yang terdaftar di OTA juga bisa mendapatkan keuntungan dari apa yang disebut sebagai 'efek billboard' . Hal ini mengacu pada fakta bahwa OTA dapat memberikan iklan, membuat pengguna mereka menyadari hotel pada platform mereka. Setelah tahu, pengguna dapat kemudian memutuskan mencari hotelnya dan bahkan membuat pemesanan langsung melalui website hotel.

Komisi Untuk OTA
OTA membuat pemesanan hotel atas nama pengguna mereka, dan mereka mendapat uang dari biaya komisi yang diberikan hotel. Komisi ini bervariasi dari layanan ke layanan, tetapi pada umumnya adalah persentase dari jumlah yang dibayar oleh pelanggan. Dalam kebanyakan kasus, biaya komisi dibayar baik setelah pelanggan telah melakukan pembayaran terakhir mereka, atau setelah perjalanannya selesai.

ota hotel online perjalanan agen

Berita Terkait

Berita Video