Piknik Plus Belajar di Kebun Raya Bedugul

Food & Travel 09 April 2020

bali raya kebun

Foto: brisik.id


Mungkin bagi sebagian wisatawan dari luar Bali masih ada yang belum tahu dengan keberadaan kebun raya terbesar di Indonesia yang berlokasi di Candikuning Bedugul. Memiliki lahan seluas 157,5 hektar, Kebun Raya Eka Karya ini berada di ketinggian sekitar 1.450 mdpl. Bagi pencinta wisata alam wajib untuk berkunjung dan mengelilingi kebun raya ini.

piknik

Berjarak sekitar 60 km dari bandara I Gusti Ngurah Rai, perjalanan bisa ditempuh sekitar 2 jam menggunakan kendaraan roda empat. Harga tiket masuknya juga terbilang murah, untuk wisatawan lokal Rp9.000 dan wisatawan asing Rp17.000, harga tersebut sudah termasuk asuransi. Untuk tiket parkir, kendaraan roda dua Rp3.000 dan kendaraan roda empat Rp6.000.

Fasilitas yang disediakan oleh pengelola kebun raya ini sudah cukup memadai. Ada musala, meskipun terkadang pintunya terkunci. Toilet juga tersebar di beberapa tempat, dan tingkat kebersihannya sudah termasuk kategori bersih.

Kebun Raya Eka Karya sangat cocok untuk piknik keluarga. Pengunjung bisa duduk di tengah-tengah lapangan luas dengan sisi kanan kirinya pohon besar yang rindang. Apalagi udara Bedugul sangat sejuk.

rumah kaktus

Selain piknik, sesuai fungsi kebun raya yang diperuntukkan bagi penelitian, ada beberapa lokasi pembudidayaan tanaman langka yang bisa menjadi alternatif untuk dikunjungi secara gratis. Seperti pembudidayaan tanaman kaktus, tanaman obat, tanaman upacara, tanaman air, bambu dan bunga anggrek hutan dari wilayah timur Indonesia. Bagi wisatawan yang suka bercocok tanam di rumah bisa membeli bibit tanaman sebagai cinderamata.

kebun raya

Ada juga fasilitas khusus bagi yang menyukai olahraga, seperti lapangan sepak bola. Bagi yang ingin merasakan pengalaman berbeda, bisa mencoba permainan di Bali Treetop Adventure yang berada di dalam kawasan kebun raya dengan harga tiket masuk $25 bagi wisatawan dewasa dan $16 bagi anak-anak. Ada juga harga paket keluarga sebesar $65 yang bisa digunakan oleh dua orang dewasa dan dua orang anak. Harga tersebut sudah termasuk satu botol air mineral dan asuransi.

Bagi wisatawan yang ingin menginap di kebun raya, pihak pengelola menyediakan beberapa guest house yang bisa disewa. Tarifnya mulai dari Rp150 ribu sampai Rp550 ribu per hari.

Artikel ini ditulis oleh Adi Wahyu Zazuli - Bali

bali raya kebun

Berita Terkait

Berita Video