Mumpung WFH, Ini Tips Traveling dari Rumah

Lifestyle 02 April 2020

traveling tips

Foto: Shutterstock


Pandemi corona memaksa sebagian besar orang berdiam diri di rumah. Namun begitu, Anda masih bisa melakukan kegiatan traveling dari rumah. Bagaimana caranya?

Seperti diketahui, Pemerintah Indonesia mengimbau terhadap semua warga untuk mengisolasi diri dan menerapkan social distancing. Tak sedikit para pekerja yang diminta bekerja dari rumah (Work From Home/WFH).

Mendekam di rumah sampai waktu yang belum ditentukan bisa bikin mati gaya, terutama bagi Anda yang punya hobi jalan-jalan. Tapi jangan berkecil hati, sebab kondisi ini bukan berarti 'membunuh' hobi traveling Anda.

Nah dirangkum detikcom, berikut adalah 5 kegiatan traveling yang bisa dilakukan dari rumah.

1. Menulis cerita
Karena kesibukan, tak jarang membuat foto dan catatan perjalanan saat traveling menjadi terabaikan dan tersimpan lama di kamera. Mumpung ada waktu, sekarang adalah momen terbaik untuk menceritakan perjalanan Anda ke berbagai tempat wisata.

Buka kembali foto perjalanan wisata yang lalu, kemudian rapikan dalam bentuk tulisan. Anda bisa menuangkan cerita tersebut ke media sosial untuk dibaca khalayak ramai.

2. Rencanakan kegiatan wisata mendatang
Salah satu kegiatan asyik sebelum memulai perjalanan wisata adalah membuat itinerary. Kamu bisa melakukan kegiatan ini saat berada di rumah.

Meski kondisi saat ini banyak destinasi wisata menutup diri, tapi bukan berarti Anda tak bisa merencanakan perjalanan untuk tahun mendatang sambil berharap pandemi corona segera berakhir. Buatlah itineray perjalanan mendatang dari sekarang.

3. Berbagi momen
Tak hanya ditampilkan di media sosial, Anda bisa menceritakan kisah traveling kepada keluarga. Mumpung masih dalam rangka mengisolasi diri di rumah, tak ada salahnya mengenang perjalanan untuk merekat tali persaudaraan. Memikirkan kegiatan traveling adalah salah satu hal menyenangkan.

4. Mendengarkan lagu
Meski tengah mengisolasi diri, bukan berarti suasana hati menjadi suram. Coba dengarkan sejumlah lagu dengan tema traveling sembari membayangkan dan memejamkan mata sejenak. Sebagai contoh dengan menyetel lagu berbahasa Jawa maka Anda seolah merasakan nuansa traveling di Yogyakarta. Pilih lagu sesuai kemauan Anda.

5. Baca buku bertema traveling
Buku adalah jendela dunia. Dengan membaca buku, pikiran Anda akan diajak membayangkan segala hal yang tertulis di dalam buku. Terlebih jika Anda membaca buku bertemakan traveling. Jika takut keluar, Anda bisa membaca bukunya secara online atau memesan fisiknya via online.

Itulah sejumlah tips melalukan traveling dari dalam rumah secara aman dan menyenangkan. Mari ciptakan suasana positif mulai dari diri sendiri saat kondisi pandemi seperti ini.

Artikel ini ditulis oleh Jihan

traveling tips

Berita Video