Berburu Foto Kece di Rumah Pohon Habitat

Food & Travel   26 Maret 2020
Foto: Instagram/@rumahpohonhabitat


Kabupaten Langkat dengan jajaran Bukit Barisan-nya memang menyimpan keindahan alam mempesona. Beberapa destinasi wisata alam banyak dikembangkan di sekitar sini, tak terkecuali Rumah Pohon Habitat.

Nama resminya adalah Habitat Lodge and Tree House, namun orang-orang lebih mengenalnya dengan sebutan Rumah Pohon Habitat.

Lokasinya berada di Desa Pamah, Kecamatan Semilir, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. Pengunjung yang berasal dari Kota Medan bisa datang ke tempat ini dengan mengambil rute menuju Kota Binjai terlebih dahulu, lalu langsung menuju ke Dusun Lau Kulap. Jarak dari Kota Medan menuju Rumah Pohon Habitat kurang lebih sekitar 60 km.

Tentunya Rumah Pohon Habitat sangat cocok buat Anda yang sedang penat dengan aktifitas perkotaan. Betapa tidak, tempat ini sangat manjur untuk sekadar menyegarkan pikiran di akhir pekan.

Selain menyegarkan pikiran, di sini Anda bisa pulang membawa banyak stok foto kece di ponsel

rumah pohon habitat
Foto: Instagram/@michaeldepari_22

Sayangnya, akses menuju ke Rumah Pohon Habitat ini lumayan ekstrim. Menuju ke pintu masuk, pengunjung akan dihadapkan dengan jalanan menanjak yang cukup curam serta berbatu. Sangat disarankan untuk mengecek kondisi kendaraan terlebih dahulu. Namun, jarak dan kondisi jalan yang lumayan ekstrim ini nantinya akan terbayar jika sudah sampai ke lokasi yang dimaksud.

Rumah Pohon Habitat sendiri menawarkan panorama alam yang ciamik. Disebut Rumah Pohon Habitat, karena tempat ini merupakan bangunan kayu yang dibangun di atas bukit yang tinggi dan di tengah pepohonan rindang. Pengunjung akan disuguhkan pemandangan hijau yang memanjakan mata serta udara dataran tinggi Kabupaten Langkat yang sejuk dan bersih. Oleh karena itu, bukan tanpa alasan mengapa tempat ini begitu digandrungi oleh anak-anak muda.

Di media sosial seperti Instagram saja, banyak ditemui foto keindahan alam Rumah Pohon Habitat. Ya, tempat ini sangat cocok untuk mengabadikan momen dalam bentuk gambar alias berswafoto ria. Wajar jika tempat ini menjadi tempat yang begitu populer.

rumah pohon habitat
Foto: Instagram/@aditya_key

Beberapa tempat duduk beserta meja mengusung konsep cafe kekinian yang cozy juga sudah disediakan pihak pengelola. Pengunjung bisa memesan beberapa minuman dan makanan ringan untuk sekadar mengisi perut. Fasilitas lainnya antara lain adalah tempat parkir kendaraan, toilet, dan musholla yang terjaga dengan baik.

Untuk bisa masuk ke Rumah Pohon Habitat, pengunjung akan dikenakan biaya retribusi mulai dari Rp5.000 sampai Rp10.000 untuk satu orang. Cukup murah, bukan?

Selain itu, bagi pengunjung yang ingin bermalam di sini bisa membawa alat camping masing-masing, tentu harus menambah biaya. Tenang saja, sudah ada beberapa spot untuk mendirikan tenda dengan pemandangan tak kalah bagus.

rumah pohon habitat
Foto: datawisata.com

Nah, tempat ini buka dari pagi sampai malam hari. Di malam hari, pengunjung akan ditemani remang lampu temaram yang sudah dipasang di beberapa sudut, ditambah udara yang pastinya jauh lebih dingin dan sejuk.

Tak heran kalau sebagian pengunjung justru sengaja datang di malam hari untuk dapat menikmati suasana dan pemandangan yang lebih indah lagi, selain dapat berburu foto kece.

Jika ke Rumah Pohon Habitat, sebaiknya datang membawa keluarga atau teman-teman terdekat. Setelah itu, tinggal pilih mau datang pada pagi, siang, sore, malam, atau justru menginap dengan mendirikan tenda sendiri. Semua sama asiknya!

Artikel ini ditulis oleh Irsyad - Langkat, Sumatera Utara
back to top