Pesona Pantai Karang Bokor di Banten

Food & Travel   26 Maret 2020
Foto: bumn.go.id


Pantai Karang Bokor yang terletak di Desa Sawarna, Kecamatan Bayah, Kabupaten Lebak, Banten menjadi objek wisata yang sangat diminati saat ini. Keindahan pantai dengan karang-karang dan tebing, air laut yang jernih dengan suasana asri dan bersih menambah nyaman suasana bersantai.

Nama Karang Bokor diambil dari bongkahan karang di pantai ini yang mirip dengan bokor atau periuk yang terbuat dari logam dengan bentuk cekung.

Di sini, pengunjung tidak hanya menikmati indahnya pemandangan. Bagi yang hobi memancing, Karang Bokor bisa menjadi salah satu pilihan. Di lautnya banyak ditemukan ikan kuwe, kerapu dan tuna.

mancing
Sumber foto:bantennews.co.id

Transportasi
Pantai Karang Bokor berjarak 150 km dari Rangkasbitung. Letaknya berdekatan dengan kawasan wisata Pulau Manuk dan Pantai Sawarna, atau sekitar 5 km dengan jarak tempuh 15 menit.

Perjalanan dapat ditempuh menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Ada beberapa pilihan rute perjalanan diantaranya melalui jalur Tol Merak, Serang Timur, Pandeglang, Gunung Kencana, Malingping, Bayah, Sawarna atau melalui jalur Tol Jogorawi, Ciawi, Cibadak, Pelabuhan Ratu, Sawarna.

Jika dari Jakarta dengan mode transportasi umum, bisa dari terminal bus Baranangsiang dengan jurusan Pelabuhan Ratu. Jarak tempuhnya 4-5 jam dengan tarif sekitar Rp50.000. Lalu lanjut ke arah Sawarna dengan menaiki elf dengan tarif elf sekitar Rp30.000 selama 2 jam. Jika memilih kendaraan umum disarankan jangan terlalu sore, karena kendaraan ke Desa Sawarna hanya sampai pukul 17.00 saja. Total perjalanan dari Jakarta bila ditempuh dengan kendaraan pribadi sekitar 6-7 jam, sedangkan dengan kendaraan umum sekitar 9-10 jam.

gapura
Sumber foto:ikutilangkahkaki.com

Jika sudah menemui gapura bertuliskan “Wilujeng Sumping Karang Bokor Cliff”, artinya Anda sudah sampai ke lokasi. Tiket masuknya, pengunjung dikenakan tarif Rp20.000. Perlu menempuh sekitar 700 meter dari gapura untuk sampai di tepian tebing dan menikmati keindahan pantai. Pengunjung dapat menggunakan kendaraan roda dua atau empat untuk memasuki kawasan pantai.

Akomodasi
Bagi yang datang dari luar kota, pengunjung dapat menginap di homestay di sekitar pantai atau hotel-hotel terdekat dengan harga sewa sekitar Rp100.000 per malam untuk kamar non AC dan Rp200.000 untuk kamar AC. Biaya tersebut sudah termasuk makan 3 kali sehari.

Jika ingin lebih murah, Anda bisa mencari homestay tanpa makan. Namun tidak disarankan karena akan sulit menemukan penjual makanan di sekitaran pantai.

Hotel-hotel di sekitar pantai juga menawarkan banyak fasilitas dengan harga mulai Rp300.000 - Rp500.000 per malam.

Berburu Buah Tangan
Ada beragam oleh-oleh yang bisa dibawa pulang. Misalnya sale pisang, kerajinan batok kelapa ataupun batik. Dengan mengunjungi desa wisata di sekitar pantai, kita tak hanya bisa berbelanja, kita juga bisa ikut serta dalam pembuatannya.

Tips Perjalanan
Bagi pengunjung yang baru pertama kali melakukan perjalanan ke Karang Bokor, jika menggunakan mobil pribadi pastikan bahan bakar dan membawa uang yang cukup, karena tempat pengisian bahan bakar dan ATM jarang ditemukan. Disarankan untuk membawa pengemudi yang sudah terbiasa menguasai medan jalan atau menyewa guide dari warga sekitar.

Jika memilih transportasi umum, jangan terlampau sore atau cobalah meminta referensi mode transportasi alternatif dari warga dan penjual sekitar. Tarif ongkos yang dipatok terkadang melambung, maka harus pandai menawar untuk mendapatkan tarif yang sesuai.

Disarankan juga untuk menginap, mengingat jarak tempuh perjalanan yang cukup memakan waktu. Jika menginap, Anda tidak hanya mengunjungi satu objek wisata, tapi juga mengunjungi wisata di sekitarnya seperti wisata Pulau Manuk, Pantai Sawarna, Gua Lalay, Pantai Tanjung Layar, Pantai Karang Taraje dan masih banyak lagi.

Artikel ini ditulis oleh Hairini Nur Hanifah - Banten
back to top