Menikmati Surga di Pulau Sumbawa

Food & Travel   26 Maret 2020
Foto: Instagram/@raditya.maulana


Pulau Sumbawa memiliki keindahan alam yang tak kalah eksotis dibanding Pulau Lombok. Di sekitar Pulau Sumbawa terdapat sejumlah pulau kecil atau gili seperti di Lombok. Salah satu pulau kecil yang terkenal beberapa tahun terakhir adalah Pulau Kenawa.

Pulau Kenawa merupakan salah satu pulau di gugusan Gili Bili Balu yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat. Tepatnya di Desa Poto Tano, Kecamatan Poto Tano, Kabupaten Sumbawa Barat, Povinsi Nusa Tenggara Barat.

Pulau kecil ini tidak dijadikan sebagai pemukiman masyarakat, sehingga kondisi lingkungan masih sangat asri. Fasilitas juga terbilang masih minim. Namun di sini sudah tersedia tempat duduk berupa saung (gazebo) unutuk bersantai.

Pemerintah Sumbawa juga sudah membangun jalan trotoar di sepanjang bibir pantai guna kenyamanan saat wisatawan mengelilingi pulau. Juga terdapat dermaga dan sejumlah spot foto berupa jembatan dan ayunan.

Karena luasnya hanya 13 hektar, Anda bisa menjelajahi Pulau Kenawa dalam waktu relatif sebentar. Pemandangan alam di pulau berupa hamparan savana, perbukitan, pantai pasir putih, dan terumbu karang.

pulau kenawa
Foto: Instagram/@raditya.maulana

Rute dan Kendaraan yang Bisa Diakses Menuju Pulau Kenawa
Rute memiliki titik awal dari Bandara Internasional Lombok (BIL), melanjutkan perjalanan menggunakan bus damri atau taksi menuju Terminal Sweta sekitar 1 jam perjalanan. Masing-masing tarifnya, untuk bus damri berkisar Rp25.000,00 dan sekitar Rp.50.000,00.untuk taksi.

Setibanya di Terminal Sweta, selanjutnya menuju Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur dengan waktu tempu sekitar dua jam. Anda bisa menumpang engkel (sejenis minibus) dengan biaya Rp25.000,00. Atau menyewa mobil di agen-agen penyewaan, dengan harga sekitar Rp150.000.

Sesampainya di Pelabuhan Kayangan, tujuan selanjutnya adalah Pelabuhan Pototano di Sumbawa. Penyeberangan menggunakan kapal feri yang beroperasi 24 jam penuh.

Melewati Selat Lombok, Anda akan dibawa menuju Pelabuhan Pototano selama kurang lebih seratus menit dengan tarif Rp17.000 untuk dewasa dan Rp9.000 untuk anak-anak.

Dari Pelabuhan Pototano, Anda bisa menyeberang dengan menyewa perahu kayu dengan tarif Rp17.000.00/orang. Satu perahu bisa berisi 10-12 orang dan hanya butuh waktu sekitar 15 menit untuk sampai di dermaga Pulau Kenawa.

pulau kenawa
Foto: Instagram/@jehrahassan

Rute di atas memang agak panjang dan butuh banyak waktu. Namun, jika ingin lebih efisien, Anda bisa menggunakan bus damri dari Terminal Sweta menuju Pelabuhan Pototano, dengan kisaran harga Rp100.000,00 sudah termasuk biaya menyeberang. Setibanya di Pototano, bisa langsung menyeberang ke Pulau Kenawa.

Atau memilih rute lain lebih cepat, setelah dari Bandara, selanjutnya menuju ke Pelabuhan Lombok, menggunakan transportasi engkel atau menyewa mobil. Di sana banyak penyewaan speed boat menuju ke Pulau Kenawa dengan tarif Rp250.000,00-Rp300.000,00, biasanya itu sudah termasuk biaya sewa alat senokeling dan untuk sekali jalan. Rute ini lebih cepat karena tidak melalui Pelabuhan Pototano.

Aktifitas Seru di Pulau Kenawa
Meski masih minim fasilitas, bukan berarti tak banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Pulau Kenawa. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan.

Berkemah
Ada ungkapan bahwa Pulau Kenawa adalah surganya Pulau Sumbawa. Bagi Anda yang suka dengan petualangan alam atau kegiatan sejenisnya, bisa berkemah di sini dengan sangat nyaman. Karena merupakan pulau non mukim, pembangunan seperti penginapan/hotel tidak tersedia di pulau Kenawa, begitu juga dengan cadangan makanan harus dibawa sendiri.

pulau kenawa
Foto: Instagram/@mauiseatosummit


Perlengkapan kemah, bisa Anda bawa sendiri atau menyewa saat akan menuju ke Pulau Kenawa. Jika ingin menyewa, bisa langsung ke persewaan yang ada di Lombok atau di Pototano, dengan syarat membawa kartu identitas. Harga sewa perlengkapan berkisar Rp70.000,00/malam, ini sudah termasuk tenda, sleeping bag, matras, senter, headlamp, kompor dan hammock. Tambahan Rp50.000,00, untuk pengunjung yang ingin menyewa alat snorkeling.

Tidak susah untuk memilih lokasi berkemah, bagi yang suka pemandangan alam yang hijau bisa berkemah di sela-sela rerumputan, atau jika Anda lebih suka dengan view lautan bisa berkemah di pinggir pantainya. Namun, tetap waspada dan pilih lokasi berkemah yang tidak terlalu dekat dari pantai untuk berjaga-berjaga jika ada ular laut yang naik ke permukaan.

Hiking di Bukit Pulau Kenawa
Di tengah Pulau Kenawa ada sebuah bukit kecil yang dijuluki sebagai “Mata Pulau Kenawa” yang cocok digunakan untuk menikmati matahari terbit dan terbenam, serta bintang di malam hari. Pulau Kenawa juga terkenal dengan keindahan padang savana yang hijau di musim hujan dan cokelat eksotis di musim kemarau. Butuh waktu yang hanya 10 menit saja untuk mendaki bukit dan mencapai puncak.

pulau kenawa
Foto: Instagram/@rahaps_  

Menikmati Keindahan Bawah Laut
Surganya Pulau Kenawa tidak hanya terletak di darat. Namun, pulau ini juga menyimpan keindahan bawah laut yang akan memanjakan mata. Pantainya tenang dengan air jernih, hamparan pasir putih, dan di dalam lautnya tersimpan kekayaan alam berupa terumbu karang yang masih terjaga. Semua ini akan menemani Anda saat berenang dipantai atau snorkeling dan free diving.

Memancing
Bagi Anda penggemar aktivitas memancing, anda harus mencoba sensasi strike di Perairan Kenawa. Habitat bawah laut di sini masih terjaga sehingga beragam jenis ikan dan biota laut lainnya dapat tumbuh dengan baik. Anda boleh memancing di pulau ini, dan ikan tangkapan Anda bisa dilepas kembali atau dikonsumsi, asal tidak berlebihan serta tidak melakukan kegiatan yang merusak lingkungan.

Menikmati Sunrise/Sunset di Jembatan Kayu
Menikmati sunrise/sunset adalah salah satu hal yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pulau Kenawa. Kita dapat menikmati sunrise maupun sunset dari saung-saung yang disediakan. Ditambah dengan siluet Gunung Rinjani dari kejauhan saat matahari terbit dan terbenam, menjadikan pulau ini benar-benar menjadi surganya para wisatawan.

Tak ada salahnya menyisihkan sedikit waktu untuk berlibur ke Pulau Kenawa. Sebelum itu, pastikan agar badan Anda tetap fit, membawa persediaan makanan yang cukup, dan untuk antisipasi Anda juga perlu membawa perlengkapan P3K.

Jangan lupa siapkan list kegiatan yang akan dilakukan di Pulau Kenawa agar tak ada yang terlewatkan.

Artikel ini ditulis oleh Baiq - Lombok Timur
back to top