Pendopo Kopi Walik yang Klasik

Food & Travel   26 Maret 2020
Foto: Instagram/@endah_ria88


Jogja selalu identik dengan kuliner unik menggoda. Mulai dari tekstur, teknik pembuatan, teknik penyajian, hingga rasa yang benar-benar sulit terganti. Jajanannya selalu menarik minat banyak orang.

Di kota pelajar yang kaya dengan budaya ini, Anda akan menjumpai banyak aneka makanan unik, populer, kekinian, instagramable yang benar-benar wajib dicoba.

Selain rasanya, kuliner di Jogja juga memerhatikan bentuk gerai. Tempat didesain dengan sangat matang, perpaduan warna dan sekeliling, semua terasa menyatu ke dalam jiwa. Salah satu gerai kuliner menarik untuk dikunjungi adalah Pendopo Kopi Walik.

Kopi walik dijajakan dengan menempati sebuah pendopo unik. Letaknya sangat strategis, yaitu di daerah Alun-Alun Utara. Suasana yang benar-benar terasa saat Anda menikmati seteguk Kopi Walik adalah suasana klasik yang benar-benar jarang dijumpai di tempat lain.

Kopi walik, sesuai dengan namanya, disajikan dengan cara terbalik. Cara menikmatinya tergolong unik, Anda cukup menikmatinya dengan sedotan atau langsung menyeruput dari piring yang berisi kopi di dalam gelas terbalik.

kopi walik
Foto: Instagram/@kopi.walik

Disamping menikmati kopi unik tersebut, Anda dapat menikmati suasana syahdu yan menambah kenikmatan saat menyeruput kopi.

Menu kopi di Pendopo Kopi Walik dibagi menjadi dua, kopi susu dan kopi hitam jenis robusta khusus diambil langsung dari petani di Temanggung.

Anda dapat mengunjungi Pendopo Kopi Walik mulai dari pukul empat sore hingga dua belas malam. Suasana malam di Jogja yang begitu khas membuat kedai ini semakin ramai didatangi pelanggan.

Tak hanya menyajikan menu kopi, di Pendopo Koi Walik ini Anda bisa menikmati minuman dan makanan lainnya. Seperti teh susu, cokelat, jus, mocktail, dan ice blend. Menu utama makanannya ialah nasi goreng yang bervariasi, mulai dari nasi goreng pete, nasi goreng campur, nasi goreng daging, nasi goreng ikan teri, dan terdapat pula steak, ayam bakar, pasta, bakmi Jawa.

Tak perlu khawatir, jika Anda datang hanya untuk nongkrong, disediakan pula camilan dan snack-snack yang bisa disantap sembari menikmati syahdunya Alun-Alun Utara kota Jogja. Makanan ringan yang bisa dipesan ada pisang goreng, roti bakar, kentang, singkong goreng, dan sebagainya.

Harga yang dibandrol juga terbilang murah untuk ukuran makanan yang dijual di daerah wisata. Dengan harga Rp5.000 hingga Rp20.000, Anda sudah dapat menikmati kopi atau minuman lain yang diinginkan. Sedangkan untung makanan, cukup dengan Rp4.000 hingga Rp35.000 per porsinya.

kopi walik
Foto: Instagram/@kopi.walik

Anda dapat menikmati fasilitas yang memadai, mulai dari parkir yang luas menggunakan ruas jalan raya bagi pengendara mobil, parkir motor, free wifi, mushalla, hingga toilet.

Tempat ini sangat recommended bila bingung hendak nongkrong dimana. Selain makanannya yang murah, kopinya yang unik, tempat ini juga sangat mendukung karena posisinya yang strategis. Hanya dengan berjalan kaki, sudah bisa menikmati keramaian di pusat kota, malioboro, dan pemandangan syahdu Alun-Alun.

Desain tempat yang tersedia juga mendukung jika ingin berpose dalam kamera ponsel. Terdapat sejumlah tulisan menarik di dindingnya, dengan perpaduan kuning dan hitam memukau. Dijamin, akan ketagihan untuk nongkrong di sini.

Artikel ini ditulis oleh Rindu Aprilia - Yogyakarta
back to top