Snorkeling & Camping di Pantai Kedung Celeng

Food & Travel   25 Maret 2020
Foto: brisik.id


Keindahan alam yang berpadu dengan kearifan penduduk lokal membuat pantai Malang Selatan selalu menarik hati, seolah-olah memiliki magnet yang kuat untuk wisatawan datang menghampiri. Apabila Pantai Balaikambang, Pantai Goa China, atau pun Pantai Ngliyep sudah terlalu umum, boleh melipir sedikit lebih ke pelosok untuk menyambangi Pantai Kedung Celeng. Pantai dengan suasana yang sangat tenang nan syahdu, ombak yang bersahabat, dan keindahan bawah laut yang menawan.

Namun, ngomong-ngomong apakah di pantai ini banyak terdapat celeng, binatang sejenis babi hutan itu? Bukan, dinamakan demikian karena pantai yang satu ini masih termasuk ke dalam kawasan administrasi Dusun Sumber Celeng. Jadi Anda tidak perlu paranoid dengan keberadaan celeng atau babi hutan yang berkeliaran di sekitar pantai.

pantai

Snorkeling
Anda akan mendapatkan sensasi yang berbeda di Pantai Kedung Celeng. Berbeda dengan pantai Malang Selatan pada umumnya dengan ombak ganas khas Samudera Hindia, ombak di sini sangat tenang karena terhalang oleh pulau yang ada di seberang. Kondisi itu membuat para wisatawan bisa dengan leluasa bermain air atau pun berenang di pantai, bahkan mereka juga bisa menikmati keindahan bawah lautnya dengan cara snorkeling. Batas yang diizinkan untuk snorkeling di sana adalah 20 meter dari bibir pantai.

Namun sayang, di sana belum ditemukan kios penyewaan alat-alat snorkeling. Oleh sebab itu, para pengunjung harus membawa peralatan snorkeling dari rumah, begitu juga dengan perbekalan. Pantai Kedung Celeng adalah pantai baru, sehingga belum banyak dikunjungi oleh wisatawan dan di sana juga belum ada kios-kios penjual minuman atau pun makanan ringan. Fasilitas di sana pun masih sangat minim, karena baru dikelola secara resmi. Namun untuk toilet sudah tersedia di sekitar pantai.

Camping di Tepi Pantai
Untuk Anda yang ingin berlama-lama di pantai, menghindari hiruk-pikuk dan riuhnya suasana perkotaan, bisa juga mendirikan tenda di tepi pantai. Siapkan peralatan dan perbekalan secukupnya dari rumah, dan nikmati waktu di pantai ditemani angin yang sepoi-sepoi dan sesekali suara ombak yang menghantam bebatuan. Menariknya, tidak ada biaya tambahan yang dibebankan kepada mereka yang mendirikan tenda.

pantai

Akses dan Tiket Masuk
Secara administratif Pantai Kedung Celeng berada di dalam kawasan Hutan Kedungsalam, Kecamatan Donomulyo, Kabupaten Malang, sekitar 75 km dari pusat Kota Malang. Untuk mencapai pantai cantik ini tidak ada cara lain selain menggunakan kendaraan pribadi atau pun sewa, baik itu roda dua atau pun roda empat. Apabila berangkat dari Kota Malang, ambil jalan menuju ke arah Kepanjen dan lanjutkan perjalanan menuju ke arah Pantai Ngliyep. Sesampainya di Desa Pagak, Anda akan menemukan pertigaan ke arah Pantai Ngliyep, dan dari sana ambil jalan lurus menuju ke arah Desa Banjarejo.

Dari desa tersebut, Anda akan menemukan sedikit tantangan dengan melewati jalanan yang berlubang dan belum teraspal, kira-kira sejauh 5 km. Di ujung jalanan tak beraspal itu Anda akan bertemu dengan Pantai Mbantol, dan dari pantai tersebut lanjutkan perjalanan ke arah barat kurang lebih selama 10 menit melewati hutan, sebelum akhirnya sampai.

Untuk saat ini setiap pengunjung pantai hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp5 ribu, ditambah dengan biaya parkir kendaraan roda empat sebesar Rp5 ribu dan Rp2 ribu untuk roda dua. Murahnya harga tiket sebanding dengan masih minimnya fasilitas yang ada di pantai tersebut, namun tak sebanding dengan pemandangan yang disuguhkan.

Tidak ada penginapan di sekitar Pantai Kedung Celeng, cukup masuk akal melihat lokasinya yang jauh di pelosok dan dibalik rimbunnya hutan. Satu-satunya cara untuk bisa bermalam di sana adalah dengan mendirikan tenda.

Artikel ini ditulis oleh Febrian Kusumawardani - Gresik
back to top