Sarabba Sucer, Minuman Berkhasiat Khas Makassar

Food & Travel   24 Maret 2020
Foto: brisik.id


Penyebaran virus corona sudah masuk ke Indonesia. Masyarakat dibuat waspada terhadap virus ini.

Keberadaan virus corona juga membuat sejumlah pihak melakukan antisipasi dengan membekali dirinya menggunakan bahan-bahan herbal demi peningkatan daya tahan tubuh.

Di Kota Makassar, terdapat minuman khas tradisional berbahan dasar rempah-rempah alami yang berkhasiat bagi tubuh. Minuman ini bahkan diyakini dapat meningkatkan kekebalan diri terhadap berbagai virus, termasuk corona.

Terbuat dari campuran jahe dengan gula merah/aren, santan, merica, dan kuning telur ayam kampung, minuman ini merupakan jenis kuliner tradisional dan diberi nama sarabba.

Sarabba sendiri sudah populer di kalangan masyarakat sebelum adanya wabah virus corona. Tak hanya itu, sarabba sudah sejak dahulu dipercaya sebagai penambah stamina dan meningkatkan kekebalan daya tahan tubuh oleh masyarakat Sulawesi Selatan, khususnya di Kota Makassar.

Salah satu tempat favorit di Kota Makassar yang dapat Anda temui untuk menyeruput minuman khas ini adalah Sarabba Sucer.

sarabba
Foto: brisik.id

Istilah sucer diadopsi dari singkatan nama jalan tempat usaha minuman ini berada, yaitu Jalan Sungai Cerekang, Makassar. Pemilik usaha akhirnya memberikan nama usahanya dengan nama Sarabba Sucer.

Tahun 2018 lalu, Sarabba Sucer telah membuka cabang baru yang terletak di Jalan Poros Tamalanrea Raya Blok M, posisinya tepat di Perumahan Bumi Tamalanrea Permai (BTP), Makassar.

Usaha minuman ini menjadi tempat favorit nongkrong berbagai kalangan, mulai dari remaja hingga lanjut usia. Menyeruput minuman sarabba tidak hanya sekadar menghangatkan diri saja, namun berubah menjadi tren warga Makassar saat ngumpul bersama rekan atau komunitas.

Menu yang tersaji di Kedai Sarabba Sucer ini hanya menyediakan jenis minuman sarabba dan beberapa varian menu gorengan sebagai pelengkap. Adapun jenis sarabba yang diyawarkan terbagi menjadi beberapa varian rasa dengan rincian sebagai berikut:

- sarabba original (biasa) dengan harga Rp8.000
- sarabba susu dengan harga Rp10.000
- sarabba telur dengan harga Rp12.000
- sarabba komplit (susu + telur) dengan harga Rp14.000
- sarabba spesial komplit (susu + 2 telur) dengan harga Rp. 17.000

sarabba sucer
Foto: brisik.id

Sementara menu gorengan yang disediakan ada pisang goreng, ubi goreng, bakwan, bakara’ (sukun), banana minion atau pisang keju dan cokelat. Harga gorengan tersebut dibanderol senilai Rp5.000 per porsi.

Meski terkesan sangat sederhana, namun kedai ini digemari lantaran sarabba yang disajikan memiliki rasa khas dibanding sarabba yang dijual di tempat lain.

Kedai ini mulai buka pukul 16.00 hingga pukul 01.30 WITA. Layanan GrabFood dan GoFood pun sudah tersedia di Kedai Sarabba Sucer ini.

Nah, jika Anda sedang bertolak ke Makassar, jangan lupa untuk mampir mencicipi minuman tradisional sarabba ini. Dengan meminumnya, berharap tubuh kebal dari segala macam virus.

Artikel ini ditulis oleh Aryadi Arman - Makassar
back to top