Melihat Ganasnya Ombak Samudera Hindia di Pantai Batu Bengkung

Food & Travel   24 Maret 2020
Foto: brisik.id


Tak perlu jauh-jauh ke Bali atau Lombok untuk melihat pantai eksotis berpadu dengan ganasnya ombak Samudera Hindia. Di Jawa Timur, tepatnya di Kabupaten Malang, Anda bisa merasakan semua sensasi tersebut dengan budget yang lebih minim. Ya, Malang adalah daerah seribu pantai, karena tepat di bagian selatan kabupaten ini banyak berderet pantai-pantai eksotis yang menawan hati.

Dari sekian banyak pantai yang ada di Malang, salah satunya adalah Pantai Batu Bengkung. Pantai ini memiliki hiasan tebing karang yang sangat memesona, ditambah dengan lautan biru yang menghampar luas di seberang.

Asal Usul Pantai Batu Bengkung
Nama yang unik ya! Tapi bukan sembarangan, nama Pantai Batu Bengkung ternyata memiliki asal usulnya. Berdasarkan keterangan penduduk sekitar, nama tersebut diambil dari gugusan bebatuan dan tebing karang yang ada di sekitar Pantai Batu Bengkung. Apabila dilihat dari kejauhan, gugusan bebatuan dan tebing karang tersebut menyerupai wanita yang sedang dibekung, atau wanita yang sedang menggunakan stagen usai melahirkan. Penggunaan stagen adalah salah satu tradisi Jawa, yang mana bertujuan agar perut ibu yang telah melahirkan kembali langsing atau ramping seperti semula.

bengkung

Panorama Eksotis dari Puncak Bukit

Terlepas dari asal usul namanya, yang jelas Pantai Batu Bengkung memiliki pemandangan menawan. Cara terbaik untuk menikmati keindahan pantai ini adalah dengan menaiki salah satu bukit yang ada di tepi pantai. Akses menuju ke puncak bukit juga tidaklah sulit, karena pihak pengelola sudah menyiapkan tangga dan juga tali sebagai pegangan para pengunjung.

Dari puncak bukit, Anda bisa melihat dengan jelas kontur dari Pantai Batu Bengkung yang banyak dihiasi tebing dan perbukitan batu karang. Saat melemparkan pandangan lebih jauh ke arah selatan, birunya lautan Samudera Hindia akan mendominasi.


Pantai Terbaik Menikmati Senja
Bagi Anda para penikmat senja, bisa dibilang Pantai Batu Bengkung adalah tempat terbaik untuk melihat sunset dengan cahaya kemerahannya yang romantis itu. Menurut penuturan penjaga loket, hampir setiap hari ada puluhan muda-mudi yang memilih untuk menghabiskan waktu sore mereka dengan melihat senja di Pantai Batu Bengkung.

Mereka juga bisa bermalam di pantai yang satu ini dengan cara mendirikan tenda. Menariknya, tidak ada biaya tambahan yang dibebankan kepada para pengunjung yang memilih berkemah di Pantai Batu Bengkung. Bermalam di tepi pantai sembari menikmari suara deburan ombak dan dinginnya angin pantai akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Kolam Alami Pantai Batu Bengkung
Ombak yang ganas ditambah kontur pantai yang curam, membuat pihak pengelola melarang para pengunjung untuk berenang di pantai demi keselamatan. Tapi jangan khawatir, tak jauh dari bibir pantai terdapat kolam alami yang bisa digunakan para wisatawan untuk bermain air. Kolam tersebut terbentuk dari cekungan karang yang terisi oleh ombak air laut, dan hanya akan muncul ketika air laut sedang pasang. Sementara saat surut, kolam alami tersebut kering dan tak terisi air.

pantai

Akses dan Harga Tiket Masuk
Pantai Batu Bengkung berada di Gajahrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang, kira-kira 75 km dari pusat Kota Malang dengan waktu tempuh sekitar 2 hingga 3 jam perjalanan. Tidak ada kendaraan umum yang bisa mengantarkan Anda menuju ke lokasi Pantai Batu Bengkung, karena memang pantai ini berada di pelosok Malang dan harus melalui jalan yang naik turun serta berkelok-kelok.

Anda lebih mudah sampai di Pantai Batu Bengkung dengan menggunakan kendaraan pribadi, rutenya adalah dari Malang Kota menuju ke Gondang Legi, kemudian lanjutkan menuju ke arah Turen dan Pantai Sendang Biru. Dari pertigaan Pantai Sendang Biru, pilih jalur ke kanan menuju ke Pantai Goa China dan Bajul Mati. Pantai Batu Bengkung hanya berjarak sekitar 2 km dari Pantai Bajul Mati.

Untuk bisa menikmati keindahan Pantai Batu Bengkung, para wisatawan hanya akan dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp15 ribu per orang, ditambah Rp10 ribu untuk parkir kendaraan roda empat dan Rp5 ribu untuk roda dua.

Fasilitas di Pantai Batu Bengkung sudah sangat lengkap, mulai dari lahan parkir, kios-kios penjual makanan, toilet, hingga tempat ibadah. Sayangnya di sekitar Pantai Batu Bengkung belum ada penginapan yang tersedia, sehingga satu-satunya cara untuk bisa bermalam adalah dengan cara mendirikan tenda.

Artikel ini ditulis oleh Febrian Kusumawardani - Gresik
back to top