Hoaks, Sayur Lodeh Tujuh Warna Cegah Corona

News 24 Maret 2020

corona lodeh sayur hoaks

Foto: unileverfoodsolutions.co.id


Warga dunia sedang diresahkan dengan adanya wabah Covid-19 atau lebih dikenal dengan virus Corona. Di Yogyakarta, beredar luas poster imbauan untuk membuat sayur lodeh tujuh warna dari Sultan Hamengkubuwono X (HB X). Katanya, sayur lodeh itu bisa menjadi penangkal virus Corona.

Setelah di konfirmasi lebih lanjut, poster yang banyak tersebar di grup WhatsApp tersebut ternyata hoaks. Sultan HB X tidak menganjurkan warga Jogja untuk memasak sayur lodeh tujuh warna.

poster

Di posternya yang kalau diartikan dalam bahasa Indonesia "MUSIM WABAH saatnya rakyat Mataram membuat sayur lodeh 7 warna: Kluwih, Kacang Panjang, Terong, Kulit Melinjo, Labu, Daun Melinjo Muda, Tempe. Semoga SEMUA selalu selamat dari BENCANA."

Ternyata inilah alasan mengapa dipilih tujuh bahan tersebut:



• Kluwih: kluwargo luwihono anggone gulowentah gatekne. (Keluarga harus lebih diperhatikan dan diberi nasihat.)
• Cang gleyor: ancangen awakmu Ojo lungo².(Tetaplah di rumah, jangan pergi-pergi.)
• Terong: terusno anggone olehe manembah Gusti ojo datnyeng. (Jagalah ibadahmu, jangan ketika ingat Tuhan saja.)
• Kulit melinjo: ojo mung ngerti njobone, ning kudu ngerti njerone babakan pagebluk. (Jangan hanya melihat kulitnya saja, perlu memahami isi dari terjadinya bencana.)
• Waluh: uwalono ilangono ngeluh gersulo. (kurangi keluh kesahmu.)
• Godong so: golong gilig donga kumpul wong sholeh sugeh kaweruh. (Bersamalah dengan orang-orang soleh dan ahli.)
• Tempe: temenono olehe dedepe nyuwun pitulungane Gusti Allah. (khusyuklah meminta pertolongan pada Tuhan.)

Ternyata, anjuran untuk membuat sayur lodeh tujuh warna ini juga sempat terjadi di tahun 1992 saat erupsi Gunung Merapi. Warga pernah membuat masakan tolak bala yakni sayur lodeh dan degan ijo jinten. Lalu saat badai Laut Selatan tahun 2005, dan tahun 2006, saat Jogja dilanda gempa. Sejak saat itu, sayur lodeh tujuh warna dianggap sebagai tradisi makanan tolak bala.

Namun, masih banyak warga percaya bahwa sayur lodeh bisa menjauhkan virus Corona. Diberitakan di berbagai media massa, sudah ada warga yang mengikuti imbauan untuk memasak sayur lodeh tujuh warna. Hal itu menimbulkan kelangkaan bahan makanan sayur lodeh tujuh warna di beberapa daerah di Jogja.

Filosofi dari sayur lodeh tujuh warna itu baik. Menganjurkan warga untuk tetap berhati-hati terhadap wabah Corona. Tapi jangan telan mentah-mentah informasi dengan memasak sayur lodeh bisa menangkal virus Corona. Apabila kita tidak mengindahkan imbauan dari pemerintah, tentu bisa merugikan banyak orang. Tetap jaga kesehatan dan #DiRumahSaja.
Artikel ini ditulis oleh Khansa Nabilah

corona lodeh sayur hoaks

Berita Terkait

Berita Video