Lupakan Dulu Jalan-jalan dan Jajan-jajan

News   24 Maret 2020
Foto: forbes.com


Tren bekerja dari rumah sudah banyak diadopsi oleh perusahaan, apalagi sekarang dimana wabah Corona sedang melanda. Kita dianjurkan untuk bekerja dari rumah, buat yang memungkinkan. Bekerja dari rumah memang bagus, tetapi juga bisa sangat mengganggu. Apa yang bisa dilakukan untuk menghilangkan gangguan tersebut? Dengan berpura-pura pergi ke kantor.

Dengan menempatkan diri Anda dalam pola pikir berangkat ke kantor meskipun Anda berada di rumah, Anda dapat menjadi lebih produktif. Ada sejumlah hal berbeda yang dapat Anda lakukan untuk mewujudkannya.

Bersiap Layaknya Mau ke Kantor
Satu hal yang pasti dilakukan sebelum berangkat ngantor adalah mandi. Biarpun Anda akan bekerja di rumah dan tidak ada yang peduli apakah Anda sudah mandi atau belum, dengan mandi akan menyiapkan pola pikir kita seakan-akan mau berangkat ke kantor. Jangan lupa untuk mengganti piyama atau pakaian tidur Anda dengan sesuatu yang lebih kasual. Lanjutkan dengan sarapan yang cukup.

Keluar Rumah
Sangat direkomendasikan untuk jalan-jalan atau sesuatu untuk membuat Anda keluar dari rumah selama 15-30 menit sebelum jam kerja Anda dimulai. Tapi saat anjuran jangan keluar rumah seperti saat ini, keluar rumahnya jangan jauh-jauh, cukup di halaman depan saja. Ketika Anda memisahkan waktu istirahat dengan waktu kerja Anda, Anda memulai segala sesuatu dengan pola pikiran yang lebih baik.

Memiliki Ruang Kantor Khusus
Anda tidak membutuhkan kantor yang luas atau fasilitas lengkap, tetapi berikan ruang khusus untuk bekerja setiap hari. Idealnya adalah tempat yang bukan biasa dipakai menghabiskan waktu setelah bekerja. Pikirkan tempat di rumah Anda yang tidak banyak orang hilir mudik, dan lihat apakah Anda dapat menyesuaikannya untuk digunakan sebagai ruang kantor.

kantor
Sumber foto:qz.com

Berpura-puralah Tidak di Rumah
Setelah Anda berada di ″kantor″, langkah untuk menjadi produktif adalah berpura-pura sedang berada di kantor yang sebenarnya. Jika Anda sedang di kantor, Anda pasti tidak akan melakukan kegiatan mencuci, masak, atau bersih-bersih bukan? Secara umum, bertindak seolah-olah sedang berada di kantor dapat membuat perbedaan besar dalam seberapa produktif Anda.

Jika Anda tinggal bersama orang lain, buat mereka sadar akan ruang kerja Anda dan minta untuk tidak diganggu saat Anda berada di dalamnya.

Hindari juga makan siang atau nongkrong dengan teman-teman atau tetangga yang mungkin tidak memiliki pekerjaan harian. Jam kerja Anda adalah jam kerja, hanya karena Anda di rumah jangan biarkan orang lain mengambil alih waktu Anda. Bukan berarti karena Anda ada di rumah, berarti bebas untuk melakukan sesuatu.

Batasi Jam Kerja
Di akhir hari kerja Anda, pastikan Anda sudah tidak lagi berurusan dengan pekerjaan. Beberapa orang cenderung membiarkan laptop mereka terbuka dan memeriksa beberapa e-mail lagi supaya mereka bisa menjawab jika sebuah e-mail muncul pada jam 7 atau 8 malam.

Matikan laptop, matikan ponsel kerja Anda. Pertahankan batas yang jelas antara pekerjaan dan rumah. Karena jam kerja Anda sudah selesai, maka gunakan waktu itu untuk bersama keluarga atau melakukan sesuatu yang sifatnya personal.
back to top